Urgensi Keterampilan Menerapkan Variasi Metode Mengajar Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Keterampilan Menerapkan Variasi
Metode Mengajar Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Jurusan
IPS di SMA Negeri 13 Bone Kabupaten Bone.Hal penting yang dikaji dalam skripsi
ini yakni, bagaimana variasi metode mengajar guru PAI di SMA Negeri 13 Bone, dan
bagaimana motivasi belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone, serta
bagaimana kontribusi keterampilan menerapkan variasi metode mengajar guru PAI
terhadap motivasi belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan psikologis, paedagogis,
dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data)
dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Guru PAI di SMA
Negeri 13 Bone telah menggunakan atau menerapkan metode yang bervariasi dalam
proses pembelajaran. Metode-metode yang digunakan antara lain metode ceramah,
metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, metode kerja
kelompok, metode demonstrasi, metode resitasi dan metode mind mapping. Kedua
Motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone cenderung
kepada jenis motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar. Sehingga guru
berperan untuk memberikan motivasi tersebut di dalam proses pembelajaran.
Sebagian besar siswa telah mempunyai motivasi belajar yang baik, khususnya pada
pelajaran PAI.Namun, masih ada pula beberapa siswa dalam setiap kelas yang
memiliki motivasi belajar yang kurang.Ketiga kontribusi keterampilan guru PAI
menerapkan variasi metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI
jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan,
atau memiliki kontribusi yang besar, dengan guru menerapkan metode yang
bervariasi dalam setiap pertemuan, maka siswa akan lebih bersemangat atau lebih
termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf, dan seluruh komponen yang
ada di sekolah SMA Negeri 13 Bone mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja
secara bersama-sama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususya
PAI.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam
dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Guru PAI di SMA Negeri 13 Bone telah menggunakan atau menerapkan
metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Metode-metode yang
digunakan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi,
metode pemberian tugas, metode kerja kelompok, metode demonstrasi,
metode resitasi dan metode mind mapping. Sehingga dalam proses
pembelajaran guru telah mampu memvariasikan metode dengan baik dalam
setiap pertemuan, atau dalam setiap kegiatan belajar mengajar di kelas.
2. Motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone
cenderung kepada jenis motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari
luar. Sehingga guru berperan untuk memberikan motivasi tersebut di dalam
proses pembelajaran. Sebagian besar siswa telah mempunyai motivasi belajar
yang baik, khususnya pada pelajaran PAI. Namun, masih ada pula beberapa
siswa dalam setiap kelas yang memiliki motivasi belajar yang kurang.
3. Guru menerapkan metode yang bervariasi dalam setiap pertemuan, maka
siswa akan lebih bersemangat atau lebih termotivasi dalam mengikuti proses
pembelajaran. Hal tersebut karena jika guru menggunakan metode yang
monoton maka siswa akan merasa jenuh dan bosan, karena tidak ada yang
menarik bagi siswa. Berbeda dengan guru menerapkan metode yang
bervariasi dalam setiap pertemuan maka akan ada yang mendorong kemauan
siswa untuk belajar, sehingga siswa merasa tertarik dan bersemangat dalam
mengikuti setiap proses pembelajaran. sehingga dikatakan bahwa kontribusi
keterampilan guru PAI menerapkan variasi metode mengajar terhadap
motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 13 Bone telah
berjalan sesuai dengan yang diharapkan, atau memiliki kontribusi yang besar.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf, dan seluruh komponen yang
ada di sekolah mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-
sama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin, diantaranya tetap berusaha selalu
menerapkan metode-metode yang bervariasi agar siswa senantiasa termotivasi
dalam mengikuti pembelajaran PAI. Serta senantiasa memperhatikan keadaan
atau kondisi siswa dalam proses pembelajaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR2020003131/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

31/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top