Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Bone
Sarmila/02.16.1025 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran guru PAI dalam meningkatkan kelancaran
membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kelancaran
membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone, untuk mengetahui
tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone.
Untuk memudahkan memecahkan dari masalah tersebut, penulis
menggunakan metode kualitatif (Qualitative Research) dengan melakukan observasi
dan wawancara langsung kepada guru PAI dan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone.
Jumlah sumber data atau informan sejumlah 9 orang terdiri dari 2 guru PAI, 7 siswa.
Kemudian, dilakukan pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, upaya guru PAI dalam
meingkatkan kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X yaitu upaya guru
PAI sebagai pendidik yaitu mengajarkan al-Qur’an setiap pekan agar yang belum
lancar mampu untuk lancar membaca al-Qur’an, upaya guru PAI sebagai
pembimbing yaitu berusaha memberikan perbaikan-perbaikan kepada siswa, usaha
guru PAI sebagai fasilitator yaitu berusaha memfasilitasi dengan merekomendasikan
ustaz/ustazah dari luar agar siswa mendapatkan pelajaran tambahan, upaya guru pai
sebagai motivator yaitu berusaha memotivasi siswa melalui tugas-tugas yang
diberikan. Kedua, tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X yaitu
tingkat kemampuan siswa mengenal huruf hijaiah dengan makharijul huruf yang
benar sudah banyak yang tahu dan paham, dan kemampuan siswa dengan tajwid yang
benar sudah banyak yang tahu dan paham, walaupun dibagian mad masih perlu
dipermantap.
Implikasi peran guru PAI untuk tetap seoptimal mungkin menjalankan
perannya, dan lebih memperhatikan siswa yang membutuhkan bimbingan khusus.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an pada
siswa kelas X SMAN 4 Bone yaitu guru melakukan upaya sebagai seorang
guru yang meliputi peran guru sebagai pendidikan, pembimbing, fasilitator,
motivator, peran guru sebagai pendidik yang dimaksud yaitu didikan setiap
satu jam pembelajaran PAI sepekan yang digunakan maksimal untuk
mengajarkan al-Qur’an, peran guru sebagai pembimbing yang dimaksud yaitu
membimbing dengan memperbaiki bacaan siswa yang memiliki kesalahan-
kesalahan dalam bacaanya sampai semuanya benar, peran guru sebagai
fasilitator yang dimaksud yaitu menghadirkan orang-orang luar yang akan
mempermantap bacaan al-Qur’an siswa dengan mendapat ilmu yang baru,
peran guru sebagai motivator yang dimaksud yaitu pemberian tugas hafalan
surah pendek maupun surah –surah tinggi kepada siswa yang setiap pekan
siswa melakukan penyetoran.
2. Tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X SMAN 4 Bone
yaitu tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa sudah banyak yang
lancar dalam membaca al-Qur’an dibanding dengan yang masih belum lancar
dan perlu dipermantap. Dimana tingkat kemampuan siswa dalam mengenal
huruf hijaiah dengan makharijul huruf yang benar sudah banyak yang paham
dan mengetahui. Dan tingkat kemampuan siswa dengan tajwid yang benar
sudah paham, walaupun pada bagian mad masih perlu dipermantap.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran penulis yang maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. K epada guru Pendidikan Agama Islam hendaknya tetap melaksankakn
perannya seoptimal mungkin, dan lebih memperhatikan keadaan siswa yang
masih butuh bimbingan pengajaran dan keadaan siswa yang sudah mampu.
2. S etelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontsribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun informal.
membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kelancaran
membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone, untuk mengetahui
tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone.
Untuk memudahkan memecahkan dari masalah tersebut, penulis
menggunakan metode kualitatif (Qualitative Research) dengan melakukan observasi
dan wawancara langsung kepada guru PAI dan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bone.
Jumlah sumber data atau informan sejumlah 9 orang terdiri dari 2 guru PAI, 7 siswa.
Kemudian, dilakukan pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, upaya guru PAI dalam
meingkatkan kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X yaitu upaya guru
PAI sebagai pendidik yaitu mengajarkan al-Qur’an setiap pekan agar yang belum
lancar mampu untuk lancar membaca al-Qur’an, upaya guru PAI sebagai
pembimbing yaitu berusaha memberikan perbaikan-perbaikan kepada siswa, usaha
guru PAI sebagai fasilitator yaitu berusaha memfasilitasi dengan merekomendasikan
ustaz/ustazah dari luar agar siswa mendapatkan pelajaran tambahan, upaya guru pai
sebagai motivator yaitu berusaha memotivasi siswa melalui tugas-tugas yang
diberikan. Kedua, tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X yaitu
tingkat kemampuan siswa mengenal huruf hijaiah dengan makharijul huruf yang
benar sudah banyak yang tahu dan paham, dan kemampuan siswa dengan tajwid yang
benar sudah banyak yang tahu dan paham, walaupun dibagian mad masih perlu
dipermantap.
Implikasi peran guru PAI untuk tetap seoptimal mungkin menjalankan
perannya, dan lebih memperhatikan siswa yang membutuhkan bimbingan khusus.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya guru PAI dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an pada
siswa kelas X SMAN 4 Bone yaitu guru melakukan upaya sebagai seorang
guru yang meliputi peran guru sebagai pendidikan, pembimbing, fasilitator,
motivator, peran guru sebagai pendidik yang dimaksud yaitu didikan setiap
satu jam pembelajaran PAI sepekan yang digunakan maksimal untuk
mengajarkan al-Qur’an, peran guru sebagai pembimbing yang dimaksud yaitu
membimbing dengan memperbaiki bacaan siswa yang memiliki kesalahan-
kesalahan dalam bacaanya sampai semuanya benar, peran guru sebagai
fasilitator yang dimaksud yaitu menghadirkan orang-orang luar yang akan
mempermantap bacaan al-Qur’an siswa dengan mendapat ilmu yang baru,
peran guru sebagai motivator yang dimaksud yaitu pemberian tugas hafalan
surah pendek maupun surah –surah tinggi kepada siswa yang setiap pekan
siswa melakukan penyetoran.
2. Tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa kelas X SMAN 4 Bone
yaitu tingkat kelancaran membaca al-Qur’an pada siswa sudah banyak yang
lancar dalam membaca al-Qur’an dibanding dengan yang masih belum lancar
dan perlu dipermantap. Dimana tingkat kemampuan siswa dalam mengenal
huruf hijaiah dengan makharijul huruf yang benar sudah banyak yang paham
dan mengetahui. Dan tingkat kemampuan siswa dengan tajwid yang benar
sudah paham, walaupun pada bagian mad masih perlu dipermantap.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran penulis yang maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. K epada guru Pendidikan Agama Islam hendaknya tetap melaksankakn
perannya seoptimal mungkin, dan lebih memperhatikan keadaan siswa yang
masih butuh bimbingan pengajaran dan keadaan siswa yang sudah mampu.
2. S etelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontsribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20200060 | 60/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
60/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
