Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam meningkatkan Aspek Kognitif Siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Hikmah Mcege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Mega Resky Anjani/02.16.1009 - Personal Name
Skripsi ini membahas penerapan metode pemberian tugas dalam
meningkatkan aspek kognitif siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul
Hikmah Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas pada siswa kelas V
A, mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa pada penerapan metode pemberian
tugas. Dalam menyusun skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field
Research) yaitu penelitian langsung ke lokasi penelitian (MI Darul Hikmah Macege)
dengan cara terlibat langsung dengan objek penelitian yang berkaitan dengan skripsi
ini. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis serta mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)penerapan metode pemberian tugas di
MI Darul Hikmah Macege sudah baik dari segi meningkatkan aspek kognitif siswa
dilihat dari pengetahuan, pemahaman, penerapan. Siswa lebih aktif, lebih mandiri,
lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Akan tetapi, dalam penerapan metode pemberian tugas siswa belum bisa fokus dalam
menerima pembelajaran. Maka dari itu, seorang guru harus mampu membuat suatu
metode yang menyenangkan agar dapat membantu siswa untuk fokus dalam
penyajian materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan dapat diraih
dengan baik. 2)Penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan aspek
kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Hikmah Macege
sudah baik dan dapat dikatakan efektif, karena dengan digunakannya metode
pemberian tugas dalam pembelajaran telah memberikan dampak yang baik bagi siswa
terutama dalam hal kemajuan belajar dan dapat dikatakan berhasil karena siswa
mengalami peningkatan pengetahuan setelah menggunakan metode pemberian tugas.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang penulis lakukan di MI Darul Hikmah Macege maka penulis dapat
mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pemberian tugas di MI Darul Hikmah Macege sudah
baik dari segi meningkatkan aspek kognitif siswa dilihat dari
pengetahuan, pemahaman, penerapan. Siswa lebih aktif, lebih mandiri,
lebih bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang
diberikan oleh guru. Akan tetapi, dalam penerapan metode pemberian
tugas siswa belum bisa fokus dalam menerima pembelajaran. Maka dari
itu, seorang guru harus mampu membuat metode ini lebih
menyenangkan agar dapat membantu siswa untuk fokus dalam
penyajian materi pembelajaran. Sehingga, tujuan pembelajaran akan
dapat diraih dengan baik.
2. Penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan aspek kognitif
siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Macege
sudah baik dan dapat dikatakan efektif, karena dengan digunakannya
metode ini dalam pembelajaran telah memberikan dampak yang baik
bagi siswa terutama dalam hal kemajuan belajar.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada Kepala Madrasah: Pembina, manager, administrator serta
supervisor seharusnya lebih memperhatikan lagi metode pembelajaran
yang akan diterapkan di tiap pelajaran atau di tiap materi yang ada di
Madrasah dan alangkah baiknya jika metode ini diterapkan dan
dipertahankan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Kepada Guru: khususnya bagi guru bidang studi Aqidah Akhlak
diharapkan agar bisa selalu memberikan motivasi dan semangat kepada
siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga tidak ada
unsur paksaan dalam siswa.
meningkatkan aspek kognitif siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul
Hikmah Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas pada siswa kelas V
A, mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa pada penerapan metode pemberian
tugas. Dalam menyusun skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field
Research) yaitu penelitian langsung ke lokasi penelitian (MI Darul Hikmah Macege)
dengan cara terlibat langsung dengan objek penelitian yang berkaitan dengan skripsi
ini. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis serta mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)penerapan metode pemberian tugas di
MI Darul Hikmah Macege sudah baik dari segi meningkatkan aspek kognitif siswa
dilihat dari pengetahuan, pemahaman, penerapan. Siswa lebih aktif, lebih mandiri,
lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Akan tetapi, dalam penerapan metode pemberian tugas siswa belum bisa fokus dalam
menerima pembelajaran. Maka dari itu, seorang guru harus mampu membuat suatu
metode yang menyenangkan agar dapat membantu siswa untuk fokus dalam
penyajian materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan dapat diraih
dengan baik. 2)Penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan aspek
kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darul Hikmah Macege
sudah baik dan dapat dikatakan efektif, karena dengan digunakannya metode
pemberian tugas dalam pembelajaran telah memberikan dampak yang baik bagi siswa
terutama dalam hal kemajuan belajar dan dapat dikatakan berhasil karena siswa
mengalami peningkatan pengetahuan setelah menggunakan metode pemberian tugas.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang penulis lakukan di MI Darul Hikmah Macege maka penulis dapat
mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pemberian tugas di MI Darul Hikmah Macege sudah
baik dari segi meningkatkan aspek kognitif siswa dilihat dari
pengetahuan, pemahaman, penerapan. Siswa lebih aktif, lebih mandiri,
lebih bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang
diberikan oleh guru. Akan tetapi, dalam penerapan metode pemberian
tugas siswa belum bisa fokus dalam menerima pembelajaran. Maka dari
itu, seorang guru harus mampu membuat metode ini lebih
menyenangkan agar dapat membantu siswa untuk fokus dalam
penyajian materi pembelajaran. Sehingga, tujuan pembelajaran akan
dapat diraih dengan baik.
2. Penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan aspek kognitif
siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Hikmah Macege
sudah baik dan dapat dikatakan efektif, karena dengan digunakannya
metode ini dalam pembelajaran telah memberikan dampak yang baik
bagi siswa terutama dalam hal kemajuan belajar.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada Kepala Madrasah: Pembina, manager, administrator serta
supervisor seharusnya lebih memperhatikan lagi metode pembelajaran
yang akan diterapkan di tiap pelajaran atau di tiap materi yang ada di
Madrasah dan alangkah baiknya jika metode ini diterapkan dan
dipertahankan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Kepada Guru: khususnya bagi guru bidang studi Aqidah Akhlak
diharapkan agar bisa selalu memberikan motivasi dan semangat kepada
siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga tidak ada
unsur paksaan dalam siswa.
Ketersediaan
| STAR20200162 | 162/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
162/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsii Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
