Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Alquran Hadis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MAN 1 Bone Kab. Bone
Majdatul Fuadi/2.16.1026 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode diskusi pada pembelajaran
alquran hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada
pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab. Bone, proses peningkatan
motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone, faktor pendukung dan faktor
penghambat penerapan metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data
dengan menggunakan pendekatan teologis normative dan pendekatan pedagogik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan metode diskusi
pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone kab. Bone, dapat dikatakan sudah
diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari diterapkannya metode diskusi
dalam proses pembelajaran Alquran Hadis berdasarkan langkah-langkah pelaksanaan
metode diskusi yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup diskusi. Sebelum
melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi terlebih dahulu guru menentukan
tujuan diskusi, jenis diskusi, dan materi yang akan didiskusikan. Setelah semua
persiapan telah dilakukan maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan metode
tersebut dan pada akhir pembelajaran juga terdapat kesimpulan serta penilaian selama
proses pelaksanaan metode diskusi tersebut berlangsung. Kedua, Motivasi belajar
siswa pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab. Bone, bisa dikatakan
sudah ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi intrinsik siswa yang siap,
ingin belajar, dan bersungguh-sungguh, maupun motivasi ekstrinsik yang diberikan
oleh guru seperti adanya candaan disela-sela pembelajaran, tidak membeda-bedakan
siswa, serta adanya lingkungan belajar yang kondusif yang memungkinkan siswa
untuk belajar dan tidak terganggu. Ketiga, faktor pendukungnya adalah antusias siswa
dalam mengikuti metode diskusi, kerja sama, reward, dan media yang digunakan.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni, waktu yang tidak cukup, pembahasan
melebar, serta peserta didik yang kadang tidak siap.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa di MAN 1 Bone kab. Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Penerapan metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone
kab. Bone, dapat dikatakan sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari diterapkannya metode diskusi dalam proses pembelajaran Alquran Hadis
berdasarkan langkah-langkah pelaksanaan metode diskusi yaitu persiapan,
pelaksanaan, dan penutup diskusi. Sebelum melaksanakan pembelajaran dengan
metode diskusi terlebih dahulu guru menentukan tujuan diskusi, jenis diskusi,
dan materi yang akan didiskusikan. Setelah semua persiapan telah dilakukan
maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan metode tersebut dan pada akhir
pembelajaran juga terdapat kesimpulan serta penilaian selama proses
pelaksanaan metode diskusi tersebut berlangsung.
2. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab.
Bone, bisa dikatakan sudah ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi
intrinsik siswa yang siap, ingin belajar, dan bersungguh-sungguh, maupun
motivasi ekstrinsik yang diberikan oleh guru seperti adanya candaan disela-sela
pembelajaran, tidak membeda-bedakan siswa, serta adanya lingkungan belajar
yang kondusif yang memungkinkan siswa untuk belajar dan tidak terganggu.
Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode diskusi pada
pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1
Bone Kab. Bone, adapun faktor pendukungnya adalah antusias siswa dalam
mengikuti metode diskusi, kerja sama, reward, dan media yang digunakan.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni, waktu yang tidak cukup, pembahasan
melebar, serta peserta didik yang kadang tidak siap. Selain itu, terdapat juga faktor-
faktor lain yakni faktor internal dan faktor eksternal. Yang dimaksud faktor internal
yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik. Selain itu, yang dimaksud
dengan faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar baik dari teman,
orang tua maupun lingkungannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru di MAN 1 Bone terkhusus guru Alquran Hadis, agar sekiranya
mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan menyiasati metode
pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran dapat menarik dan
menyenangkan bagi siswa sehingga siswa dapat bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran dengan baik. Selain itu, guru juga harus mampu memanfaatkan
waktu pembelajaran yang ada sekalipun waktu yang digunakan untuk metode
diskusi sangat terbatas,
2. Kepada siswa di MAN 1 Bone, sekiranya tetap mengikuti pembelajaran dengan
baik, mendengarkan apa yang disampaikan oleh gurunya dan tetap berusaha
untuk selalu memiliki keinginan untuk belajar sehingga dapat mencapai
keberhasilan dan kesuksesan di masa yang akan datang.
alquran hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada
pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab. Bone, proses peningkatan
motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone, faktor pendukung dan faktor
penghambat penerapan metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1 Bone Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data
dengan menggunakan pendekatan teologis normative dan pendekatan pedagogik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan metode diskusi
pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone kab. Bone, dapat dikatakan sudah
diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari diterapkannya metode diskusi
dalam proses pembelajaran Alquran Hadis berdasarkan langkah-langkah pelaksanaan
metode diskusi yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup diskusi. Sebelum
melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi terlebih dahulu guru menentukan
tujuan diskusi, jenis diskusi, dan materi yang akan didiskusikan. Setelah semua
persiapan telah dilakukan maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan metode
tersebut dan pada akhir pembelajaran juga terdapat kesimpulan serta penilaian selama
proses pelaksanaan metode diskusi tersebut berlangsung. Kedua, Motivasi belajar
siswa pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab. Bone, bisa dikatakan
sudah ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi intrinsik siswa yang siap,
ingin belajar, dan bersungguh-sungguh, maupun motivasi ekstrinsik yang diberikan
oleh guru seperti adanya candaan disela-sela pembelajaran, tidak membeda-bedakan
siswa, serta adanya lingkungan belajar yang kondusif yang memungkinkan siswa
untuk belajar dan tidak terganggu. Ketiga, faktor pendukungnya adalah antusias siswa
dalam mengikuti metode diskusi, kerja sama, reward, dan media yang digunakan.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni, waktu yang tidak cukup, pembahasan
melebar, serta peserta didik yang kadang tidak siap.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa di MAN 1 Bone kab. Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Penerapan metode diskusi pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone
kab. Bone, dapat dikatakan sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari diterapkannya metode diskusi dalam proses pembelajaran Alquran Hadis
berdasarkan langkah-langkah pelaksanaan metode diskusi yaitu persiapan,
pelaksanaan, dan penutup diskusi. Sebelum melaksanakan pembelajaran dengan
metode diskusi terlebih dahulu guru menentukan tujuan diskusi, jenis diskusi,
dan materi yang akan didiskusikan. Setelah semua persiapan telah dilakukan
maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan metode tersebut dan pada akhir
pembelajaran juga terdapat kesimpulan serta penilaian selama proses
pelaksanaan metode diskusi tersebut berlangsung.
2. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Alquran Hadis di MAN 1 Bone Kab.
Bone, bisa dikatakan sudah ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi
intrinsik siswa yang siap, ingin belajar, dan bersungguh-sungguh, maupun
motivasi ekstrinsik yang diberikan oleh guru seperti adanya candaan disela-sela
pembelajaran, tidak membeda-bedakan siswa, serta adanya lingkungan belajar
yang kondusif yang memungkinkan siswa untuk belajar dan tidak terganggu.
Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode diskusi pada
pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 1
Bone Kab. Bone, adapun faktor pendukungnya adalah antusias siswa dalam
mengikuti metode diskusi, kerja sama, reward, dan media yang digunakan.
Sedangkan faktor penghambatnya yakni, waktu yang tidak cukup, pembahasan
melebar, serta peserta didik yang kadang tidak siap. Selain itu, terdapat juga faktor-
faktor lain yakni faktor internal dan faktor eksternal. Yang dimaksud faktor internal
yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik. Selain itu, yang dimaksud
dengan faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar baik dari teman,
orang tua maupun lingkungannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru di MAN 1 Bone terkhusus guru Alquran Hadis, agar sekiranya
mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan menyiasati metode
pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran dapat menarik dan
menyenangkan bagi siswa sehingga siswa dapat bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran dengan baik. Selain itu, guru juga harus mampu memanfaatkan
waktu pembelajaran yang ada sekalipun waktu yang digunakan untuk metode
diskusi sangat terbatas,
2. Kepada siswa di MAN 1 Bone, sekiranya tetap mengikuti pembelajaran dengan
baik, mendengarkan apa yang disampaikan oleh gurunya dan tetap berusaha
untuk selalu memiliki keinginan untuk belajar sehingga dapat mencapai
keberhasilan dan kesuksesan di masa yang akan datang.
Ketersediaan
| STAR20200070 | 70/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
70/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
