Urgensi Praktek Kerja Lapangan Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Studi Di Smk Negeri 1 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Praktek Kerja Lapangan dalam
Meningkatkan Keterampilan Peserta didik dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta
didik di SMKN 1 Bone. Hal yang dikaji dalam skripsi ini tentang bagaimana
Konstribusi Praktek Kerja Lapangan itu sendiri dalam Meningkatkan Keterampilan
Peserta didik. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan
melalui, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
diawali dengan reduksi data, dalam tahap ini peneliti merangkum, memilih hal-hal
yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting, dan dicari tema dan polanya. maka
tahap selanjutnya adalah penyajian data. Selanjutnya verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program prakerin dalam
meningkatkan keterampilan peserta didik di SMK Negeri 1 Bone sudah dilaksanakan
dan diterapkan dengan baik. Melihat semua bagaimana Prakerin yang sudah
terimplementasi dengan baik di dalam lingkungan sekolah kejuruan di SMK Negeri 1
Bone, seperti pendidikan sistem ganda dimana kegaiatan ini diterapkan dalam setiap
sekolah menengah kejuruan. Program PKL atau prakerin yang diadakan di SMKN 1
Bone guna memberi pengalaman bagi siswa agar mampu belajar mengenal lebih
dekat tentang dunia kerja.
Kedua program PKL (Prakerin) di SMKN 1 Bone sangat penting
dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal kemampuan nilai-nilai positif kepada
peserta didik, oleh karena itu perlu dibuat suatu pedoman yang betul-betul dapat
dijadikan acuan oleh semua yang terlibat dalam pelaksanaannya. Mereka mampu
mengindentifikasi keterampilan yang dimiliki sebagai kekuatan untuk mengerjakan
tugas di tempat kerja. Selain itu, mereka juga harus bersedia untuk mendapatkan
keterampilan baru sesuai tuntutan pekerjaan dan berpartisipasi dalam pelatihan
karyawan serta program pendidikan berkelanjutan di dunia usaha/industri.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan
dalam BAB III mengenai Urgensi Praktek Kerja Lapangan dalam Meningkatkan
Keterampilan Peserta Didik di SMKN 1 Bone, Kelurahan Biru Kecamatan
Tanete Riattang Kab. Bone maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Program PKL (Prakerin) di SMK Negeri 1 Bone sangat penting dalam rangka
memberikan bekal kemampuan nilai-nilai positif kepada peserta didik, oleh
karena itu perlu dibuat suatu pedoman yang betul-betul dapat dijadikan acuan
oleh semua yang terlibat dalam pelaksanaannya. Individu yang siap bekerja
mengetahui mengenai kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk dibawa
ke dalam situasi kerja baru. Selain itu, mereka juga harus bersedia untuk
mendapatkan keterampilan baru sesuai tuntutan pekerjaan dan berpartisipasi
dalam pelatihan karyawan serta program pendidikan berkelanjutan. Untuk
mewujudkan program tersebut di SMK Negeri 1 Bone juga memiliki peran
dalam membentuk etos kerja tiap siswa agar mereka dapat mencapai
kompetensi yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.
2. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirancang untuk menyiapkan lulusan
yang siap memasuki dunia kerja dan mampu mengembangkan sikap
profesional di berbagai bidang kejuruan. Bentuk pelaksanaan PKL di SMK
Negeri 1 Bone dirancang dan dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-
nilai pancasila dalam pendidikan karakter diantaranya adalah nilai-nilai jujur,
disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial dan bertanggung jawab. Setelah
siswa melaksanakan Prakerin, tentunya pihak sekolah tidak lepas dan akan
mengadakan beberapa kegiatan untuk mengevaluasi hasil dari pelaksanaan
prakerin ini, sehingga pihak sekolah bisa melakukan beberapa tindakan
lanjutan agar pelaksanaan prakerin ini dapat berjalan dengan baik.
B. Implikasi
1. Kepala Sekolah UPT SMKN 1 Bone pada dasarnya yang bertanggung jawab
pada setiap kegiatan yang ada di lingkungan sekolah terutamanya pada
kegiatan pendidikan sistem ganda khususnya pelaksanaan prakerin guna
untuk mempersiapkan peserta didik supaya lebih siap untuk terjun ke dunia
kerja nantinya dan untuk membentuk potensi masing-masing siswa yang
sesuai dengan program keahlian masing-masing.
2. Kepala Lab Jurusan DBIB (Desain Permodelan dan Informasi Bangunan)
yang juga bertanggung jawab dalam membina dan mengelolah setiap
kegiatan prakerin, hendaknya selalu memberikan spirit, motivasi dan tetap
tekun memberikan arahan pada setiap siswanya terutama dari jurusan lain.
3. Guru Produktif OTKP, diharapkan tetap memperhatikan dan memberikan
bimbingan terhadap para peserta didik terutama yang memiliki permasalahan
dalam pelakasanaan prakerin itu sendiri.
4. Diharapkan pihak sekolah tetap memberikan dukungan dan refleksi terhadap
permasalahan yang ada di sekolah, terutama pada saat ini masih adanya
covid-19 yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan prakerin.
Ketersediaan
STAR20200320320/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

320/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top