Implementasi Fungsi Pengorganisasian dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan di SMAN 2 Bone Kecamatan Mare Kabupaten Bone
Nur Wahyunita/02.16.3158 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Fungsi Pengorganisasian
dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan di
SMA Negeri 2 Bone Kecamatan Mare Kabupaten Bone: hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni bagaimana implementasi fungsi pengorganisasian di SMA
Negeri 2 Bone? Bagaimana cara meningkatkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Bone?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Fungsi Pengorganisasian
dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan di
SMA Negeri 2 Bone Kecamatan Mare Kabupaten Bone bahwa implementasi fungsi
pengorganisasian di SMA Negeri 2 Bone sudah berjalan dengan baik, karena tenaga
kependidikan ditempatkan sesuai dengan posisi dan keterampilan yang dimilikinya
serta penugasan tenaga kependidikan disesuaikan dengan bidang keahliannya agar
pelaksanaannya berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan visi misi
sekolah. Cara Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga
Kependidikan di SMA Negeri 2 yaitu dengan merencanakan dan melaksanakan
proses pembelajaran dan menciptakan suasana pendidikan yang bermakna agar dapat
memperlancar dalam pelaksanaan tugas serta memberikan jaminan kesejahteraan
sosial sehingga membuat tenaga kependidikan mampu bekerja secara optimal dalam
melaksanakan tugasnya dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan
uraian
pada
bab
pembahasan
maka
penulis
dapat
mengemukaan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Implementasi Fungsi Pengorganisasian di SMA Negeri 2 Bone sudah berjalan
dengan baik karena tenaga kependidikan ditempatkan sesuai dengan posisi dan
keterampilan yang dimilikinya serta penugasan tenaga kependidikan disesuaikan
dengan bidang keahliannya agar pelaksanaannya berjalan secara efektif dan
efisien dan sesuai dengan visi misi sekolah. Terjalin komunikasi yang baik dan
hubungan yang harmonis dengan penuh kekeluargaan. Saling terikat dan bekerja
sama dalam meningkatkan pelaksanaan tugas masing-masing individu.
2. Cara Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan
di SMA Negeri 2 yaitu dengan merencanakan dan melaksanakan proses
pembelajaran dan menciptakan suasana pendidikan yang bermakna agar dapat
memperlancar dalam pelaksanaan tugas serta memberikan jaminan kesejahteraan
sosial sehingga membuat tenaga kependidikan mampu bekerja secara optimal
dalam melaksanakan tugasnya dengan baik
B. Implikasi
1. Kepada staf tata usaha agar tetap menjalin
2. hubungan yang baik kepada semua warga sekolah dalam meningkatkan
pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan baik.
3. Seluruh pihak sekolah diharapkan agar saling berkomunikasi dan bekerja sama
dalam meningkatkan mutu pendidikan.
4. Kepala sekolah diharapkan agar selalu memantau para bawahannya dalam
pelaksanaan tugasnya sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
5. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun informal.
dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan di
SMA Negeri 2 Bone Kecamatan Mare Kabupaten Bone: hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni bagaimana implementasi fungsi pengorganisasian di SMA
Negeri 2 Bone? Bagaimana cara meningkatkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Bone?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Fungsi Pengorganisasian
dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan di
SMA Negeri 2 Bone Kecamatan Mare Kabupaten Bone bahwa implementasi fungsi
pengorganisasian di SMA Negeri 2 Bone sudah berjalan dengan baik, karena tenaga
kependidikan ditempatkan sesuai dengan posisi dan keterampilan yang dimilikinya
serta penugasan tenaga kependidikan disesuaikan dengan bidang keahliannya agar
pelaksanaannya berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan visi misi
sekolah. Cara Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga
Kependidikan di SMA Negeri 2 yaitu dengan merencanakan dan melaksanakan
proses pembelajaran dan menciptakan suasana pendidikan yang bermakna agar dapat
memperlancar dalam pelaksanaan tugas serta memberikan jaminan kesejahteraan
sosial sehingga membuat tenaga kependidikan mampu bekerja secara optimal dalam
melaksanakan tugasnya dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan
uraian
pada
bab
pembahasan
maka
penulis
dapat
mengemukaan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Implementasi Fungsi Pengorganisasian di SMA Negeri 2 Bone sudah berjalan
dengan baik karena tenaga kependidikan ditempatkan sesuai dengan posisi dan
keterampilan yang dimilikinya serta penugasan tenaga kependidikan disesuaikan
dengan bidang keahliannya agar pelaksanaannya berjalan secara efektif dan
efisien dan sesuai dengan visi misi sekolah. Terjalin komunikasi yang baik dan
hubungan yang harmonis dengan penuh kekeluargaan. Saling terikat dan bekerja
sama dalam meningkatkan pelaksanaan tugas masing-masing individu.
2. Cara Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Kependidikan
di SMA Negeri 2 yaitu dengan merencanakan dan melaksanakan proses
pembelajaran dan menciptakan suasana pendidikan yang bermakna agar dapat
memperlancar dalam pelaksanaan tugas serta memberikan jaminan kesejahteraan
sosial sehingga membuat tenaga kependidikan mampu bekerja secara optimal
dalam melaksanakan tugasnya dengan baik
B. Implikasi
1. Kepada staf tata usaha agar tetap menjalin
2. hubungan yang baik kepada semua warga sekolah dalam meningkatkan
pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan baik.
3. Seluruh pihak sekolah diharapkan agar saling berkomunikasi dan bekerja sama
dalam meningkatkan mutu pendidikan.
4. Kepala sekolah diharapkan agar selalu memantau para bawahannya dalam
pelaksanaan tugasnya sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
5. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20200220 | 220/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
220/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
