Peran Pegawai Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 1 Bone
Muh.Irfan Bahri/02.16.3015 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Pegawai Perpustakaan Dalam
Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 1 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang peran pegawai perpustakaan, minat baca
siswa di MTsN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen dan pendekatan sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan, selanjutnya dianalisis data dedukatif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran pegawai perpustakaan
di MTsN 1 Bone yaitu memilih bahan bacaan yang menarik, memberikan kemudahan
dalam mendapatkan buku bacaan yang diinginkan pengguna perpustakaan,
memberikan kebebasan membaca kepada pengguna perpustakaan, pustakawan perlu
mengelola perpustakaan dengan baik, menanamkan kesadaran kepada para pengguna
jasa perpustakaan, melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan,
memberikan penghargaan kepada siswa, dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa
peran pegawai perpustakaan di MTsN 1 Bone telah dilaksanakan dengan baik karena
kepala perpustakaan senantiasa bersinergi serta telah berusaha menjalankan perannya
dengan sebaik mungkin.
Kedua, ada beberapa implikasi terhadap pihak yang berkompeten demi
peningkatan minat baca siswa yaitu mengoptimalkan frekuensi dan kuantitas bacaan
dan kualitas sumber bacaan dan hendaknya kepala perpustakaan mengarahkan dan
menggerakkan bawahannya, adapun faktor pendukung dalam peningkatan pencapaian
minat baca siswa di MTsN 1 Bone adalah semangat dari kepala perpustakaan,
pegawai perpustakaan dan kelengkapan sarana dan prasarana.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang di paparkan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan
bahwa:
1. Peran pegawai yang ada di MTsN 1 Bone telah melakukan perannya dengan
baik hal itu dapat dilihat berdasarkan memilih bahan bacaan yang menarik,
memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku bacaan yang diinginkan
pengguna perpustakaan, memberikan kebebasan membaca kepada pengguna
perpustakaan, pustakawan
perlu mengelola perpustakaan dengan baik,
menanamkan kesadaran kepada para pengguna jasa perpustakaan, melakukan
berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan, memberikan
penghargaan kepada siswa.
2. Minat baca siswa di MTsN 1 Bone lumayan baik hal ini dapat dilihat
berdasarkan frekuensi dan kuantitas bacaan yang baik karena siswa sering
membaca buku di perpustakaan dan kualitas sumber bacaannya juga baik
karena dalam hal ini siswa di berikan motivasi, dorongan, dan dukungan oleh
guru, kepala perpustakaan dan pegawai perpustakaan lainnya.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut di uraikan, maka di bawah ini akan di uraikan implikasi-
implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan penelitian ini
adalah:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembangkan amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal peran pegawai perpustakaan.
2. Kepala perpustakaan sebaiknya mampu mengarahkan dan menggerakkan
bawahannya, karena dengan arahan dari kepala perpustakaan sangat membantu
dalam pencapaian tujuan khususnya meningkatkan minat baca siswa.
3. Kepala pegawai perpustakaan sebaiknya lebih sering memantau dan
memonitoring tentang peran pegawai perpustakaan agar proses peningkatan
minat baca siswa dapat berjalan dengan baik. Di samping itu, hendaknya selalu
membimbing pegawai pepustakaan dalam melaksanakan tugasnya.
Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 1 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang peran pegawai perpustakaan, minat baca
siswa di MTsN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen dan pendekatan sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan, selanjutnya dianalisis data dedukatif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran pegawai perpustakaan
di MTsN 1 Bone yaitu memilih bahan bacaan yang menarik, memberikan kemudahan
dalam mendapatkan buku bacaan yang diinginkan pengguna perpustakaan,
memberikan kebebasan membaca kepada pengguna perpustakaan, pustakawan perlu
mengelola perpustakaan dengan baik, menanamkan kesadaran kepada para pengguna
jasa perpustakaan, melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan,
memberikan penghargaan kepada siswa, dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa
peran pegawai perpustakaan di MTsN 1 Bone telah dilaksanakan dengan baik karena
kepala perpustakaan senantiasa bersinergi serta telah berusaha menjalankan perannya
dengan sebaik mungkin.
Kedua, ada beberapa implikasi terhadap pihak yang berkompeten demi
peningkatan minat baca siswa yaitu mengoptimalkan frekuensi dan kuantitas bacaan
dan kualitas sumber bacaan dan hendaknya kepala perpustakaan mengarahkan dan
menggerakkan bawahannya, adapun faktor pendukung dalam peningkatan pencapaian
minat baca siswa di MTsN 1 Bone adalah semangat dari kepala perpustakaan,
pegawai perpustakaan dan kelengkapan sarana dan prasarana.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang di paparkan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan
bahwa:
1. Peran pegawai yang ada di MTsN 1 Bone telah melakukan perannya dengan
baik hal itu dapat dilihat berdasarkan memilih bahan bacaan yang menarik,
memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku bacaan yang diinginkan
pengguna perpustakaan, memberikan kebebasan membaca kepada pengguna
perpustakaan, pustakawan
perlu mengelola perpustakaan dengan baik,
menanamkan kesadaran kepada para pengguna jasa perpustakaan, melakukan
berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan, memberikan
penghargaan kepada siswa.
2. Minat baca siswa di MTsN 1 Bone lumayan baik hal ini dapat dilihat
berdasarkan frekuensi dan kuantitas bacaan yang baik karena siswa sering
membaca buku di perpustakaan dan kualitas sumber bacaannya juga baik
karena dalam hal ini siswa di berikan motivasi, dorongan, dan dukungan oleh
guru, kepala perpustakaan dan pegawai perpustakaan lainnya.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut di uraikan, maka di bawah ini akan di uraikan implikasi-
implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan penelitian ini
adalah:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembangkan amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal peran pegawai perpustakaan.
2. Kepala perpustakaan sebaiknya mampu mengarahkan dan menggerakkan
bawahannya, karena dengan arahan dari kepala perpustakaan sangat membantu
dalam pencapaian tujuan khususnya meningkatkan minat baca siswa.
3. Kepala pegawai perpustakaan sebaiknya lebih sering memantau dan
memonitoring tentang peran pegawai perpustakaan agar proses peningkatan
minat baca siswa dapat berjalan dengan baik. Di samping itu, hendaknya selalu
membimbing pegawai pepustakaan dalam melaksanakan tugasnya.
Ketersediaan
| STAR20200243 | 243/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
243/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
