Strategi Pelaksanaan Bauran Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat di MAN 2 Bone Kec. Tanete Riattang Kab. Bone
Ummi Kalsum/02.16.3155 - Personal Name
Skripsi ini membahas strategi bauran pemasaran sekolah dalam menarik minat
masyarakat di MAN 2 Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui tentang bagaimana strategi pelaksanaan bauran pemasaran sekolah serta
bagaimana minat masyarakat di MAN 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, dalam
tahap ini peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal
yang penting, dan dicari tema dan polanya. Kemudian melakukan reduksi data maka
tahap selanjutnya adalah penyajian data. Selanjutnya verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang
sebelumnya belum pernah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Strategi pelaksanaan bauran
pemasaran sekolah di MAN 2 Bone sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik.
Melihat promosi yang dilakukan dengan dua macam pelaksanaan yaitu promosi pada
saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan menggunakan media promosi
seperti di media online (Facebook, Whats app, dan Instagram) promosi menggunakan
brosur, pamflet, baliho, dan lainnya. Dan promosi di luar waktu penerimaan peserta
didik baru dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan sekolah lain
seperti SMP dan MTS serta MAN 2 Bone sebagai pelaksana. Kegiatan yang berupa
Porseni, Festival pelajar, Rangking satu, dan kegiatan organisasi yang memberikan
promosi secara tidak langsung kepada sekolah lain. Kedua Minat masyarakat untuk
meyekolahkan anaknya di MAN 2 Bone cukup antusias. Dengan berbagai program
yang di lakukan oleh MAN 2 Bone baik faktor dari dalam yaitu kemauan siswa itu
sendiri dan dorongan dari orang tua dengan alasan bahwa anaknya bisa mndapatkan
pendidikan agama lebih di banding sekolah lain. Dan faktor dari luar yaitu keadaan
sekolah itu sendiri seperti sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, layanan yang
diberikan pihak sekolah dan para alumni juga memberikan pengaruh penting.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penelitian dapat menentukan kesimpulan dari hasil penelitian yang
dilakukan yaitu :
1. Strategi pelaksanaan bauran pemasaran sekolah di MAN 2 Bone
sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik. Melihat promosi
yang dilakukan dengan dua macam pelaksanaan yaitu promosi pada
saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan menggunakan
media promosi seperti di media online (Facebook, Whats app, dan
Instagram) promosi menggunakan brosur, pamflet, baliho, dan
lainnya. Dan promosi di luar waktu penerimaan peserta didik baru
dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan sekolah lain
seperti SMP dan MTS serta MAN 2 Bone sebagai pelaksana. Kegiatan
yang berupa Porseni, Festival pelajar, Rangking satu, dan kegiatan
organisasi yang memberikan promosi secara tidak langsung kepada
sekolah lain.
2. Minat masyarakat untuk meyekolahkan anaknya di MAN 2 Bone
cukup antusias. Dengan berbagai program yang di lakukan oleh MAN
2 Bone baik faktor dari dalam yaitu kemauan siswa itu sendiri dan
dorongan dari orang tua dengan alasan bahwa anaknya bisa
mndapatkan pendidikan agama lebih di banding sekolah lain. Dan
faktor dari luar yaitu keadaan sekolah itu sendiri seperti sarana dan
prasarana yang dimiliki sekolah, layanan yang diberikan pihak
sekolah dan para alumni juga memberikan pengaruh penting.
Implikasi
1. Kepala sekolah pada umumnya mengelola system pemasaran sekolah
secara profesional dan maksimal, sehingga akan membawa input dan
out put yang baik untuk kedepannya.
2. Pihak sekolah perlu memperhatikan aspek penilaian masyarakat
terhadap sekolah yang bersangkutan melalui berbagai bentuk
penyelenggaraan kegiatan. Kegiatan tersebut hendaknya melibatkan
masyarakat untuk berpartisipasi, atau sebaliknya pihak sekolah yang
turut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat.
3. Di harapkan pihak sekolah terus mengembangkan strategi promosi
guna meningkatkan jumlah siswa.
masyarakat di MAN 2 Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui tentang bagaimana strategi pelaksanaan bauran pemasaran sekolah serta
bagaimana minat masyarakat di MAN 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, dalam
tahap ini peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal
yang penting, dan dicari tema dan polanya. Kemudian melakukan reduksi data maka
tahap selanjutnya adalah penyajian data. Selanjutnya verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang
sebelumnya belum pernah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Strategi pelaksanaan bauran
pemasaran sekolah di MAN 2 Bone sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik.
Melihat promosi yang dilakukan dengan dua macam pelaksanaan yaitu promosi pada
saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan menggunakan media promosi
seperti di media online (Facebook, Whats app, dan Instagram) promosi menggunakan
brosur, pamflet, baliho, dan lainnya. Dan promosi di luar waktu penerimaan peserta
didik baru dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan sekolah lain
seperti SMP dan MTS serta MAN 2 Bone sebagai pelaksana. Kegiatan yang berupa
Porseni, Festival pelajar, Rangking satu, dan kegiatan organisasi yang memberikan
promosi secara tidak langsung kepada sekolah lain. Kedua Minat masyarakat untuk
meyekolahkan anaknya di MAN 2 Bone cukup antusias. Dengan berbagai program
yang di lakukan oleh MAN 2 Bone baik faktor dari dalam yaitu kemauan siswa itu
sendiri dan dorongan dari orang tua dengan alasan bahwa anaknya bisa mndapatkan
pendidikan agama lebih di banding sekolah lain. Dan faktor dari luar yaitu keadaan
sekolah itu sendiri seperti sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, layanan yang
diberikan pihak sekolah dan para alumni juga memberikan pengaruh penting.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penelitian dapat menentukan kesimpulan dari hasil penelitian yang
dilakukan yaitu :
1. Strategi pelaksanaan bauran pemasaran sekolah di MAN 2 Bone
sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik. Melihat promosi
yang dilakukan dengan dua macam pelaksanaan yaitu promosi pada
saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan menggunakan
media promosi seperti di media online (Facebook, Whats app, dan
Instagram) promosi menggunakan brosur, pamflet, baliho, dan
lainnya. Dan promosi di luar waktu penerimaan peserta didik baru
dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan sekolah lain
seperti SMP dan MTS serta MAN 2 Bone sebagai pelaksana. Kegiatan
yang berupa Porseni, Festival pelajar, Rangking satu, dan kegiatan
organisasi yang memberikan promosi secara tidak langsung kepada
sekolah lain.
2. Minat masyarakat untuk meyekolahkan anaknya di MAN 2 Bone
cukup antusias. Dengan berbagai program yang di lakukan oleh MAN
2 Bone baik faktor dari dalam yaitu kemauan siswa itu sendiri dan
dorongan dari orang tua dengan alasan bahwa anaknya bisa
mndapatkan pendidikan agama lebih di banding sekolah lain. Dan
faktor dari luar yaitu keadaan sekolah itu sendiri seperti sarana dan
prasarana yang dimiliki sekolah, layanan yang diberikan pihak
sekolah dan para alumni juga memberikan pengaruh penting.
Implikasi
1. Kepala sekolah pada umumnya mengelola system pemasaran sekolah
secara profesional dan maksimal, sehingga akan membawa input dan
out put yang baik untuk kedepannya.
2. Pihak sekolah perlu memperhatikan aspek penilaian masyarakat
terhadap sekolah yang bersangkutan melalui berbagai bentuk
penyelenggaraan kegiatan. Kegiatan tersebut hendaknya melibatkan
masyarakat untuk berpartisipasi, atau sebaliknya pihak sekolah yang
turut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat.
3. Di harapkan pihak sekolah terus mengembangkan strategi promosi
guna meningkatkan jumlah siswa.
Ketersediaan
| STAR20210078 | 78/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
78/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
