Implementasi Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Akidah Akhlak Siswa di MAN 1 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang implementasi strategi pembelajaran inquiry
dalam menumbuhkan kemandirian belajar akidah akhlak siswa di MAN 1 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inquiry,
pertumbuhan kemandirian belajar Akidah Akhlak siswa melalui strategi pembelajaran
inquiry, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi strategi pembelajaran
inquiry dalam menumbuhkan kemandirian belajar akidah akhlak siswa di MAN 1
Bone. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiry
di MAN 1 Bone sudah cukup baik terlihat dari guru-guru ketika menerapkannya
memperhatikan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry, hal tersebut dilihat
dari partisipasi siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Pertumbuhan kemandirian belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 1 Bone melalui
penerapan strategi pembelajaran inquiry sudah cukup baik, karena dengan strategi
pembelajaran inquiry dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran Akidah Akhlak
telah memberikan dampak yang baik dalam kemajuan belajar siswa. Adapun faktor
pendukungnya yaitu kemampuan guru dalam mengelolah kelas, ketersediaan media
pembelajaran, kelengkapan perpustakaan, pembelajaran menjadi aktif, kebebasan
berpendapat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesulitan menghadapi
perbedaan siswa, kesulitan menentukan materi, kesulitan pengaturan waktu,
ketakutan siswa dalam berpendapat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan sebagai
berikut:
1. Penerapan strategi pembelajaran inquiry di MAN 1 Bone sudah
diterapkan dengan baik dilihat dari guru-guru ketika menerapkannya
memperhatikan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry, agar siswa
dapat ikut berpartisipasi dan aktif dalam proses pembelajaran. Dalam
penerapan strategi pembelajaran biasanya guru mengkombinasikan dengan
metode seperti diskusi, jigsaw dan lain-lain dengan tujuan agar proses
pembelajaran lebih baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
2. Pertumbuhan kemandirian belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 1 Bone
melalui penerapan strategi pembelajaran inquiry sudah cukup baik, karena
dengan strategi pembelajaran inquiry dalam pembelajaran khususnya
pelajaran Akidah Akhlak telah memberikan dampak yang baik dalam
kemajuan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang mengaku
bahwa kemaunnya dalam belajar lebih tinggi karena strategi pembelajaran
inquiry ini menekankan pada proses berpikir untuk mencari dan
menemukan jawaban sehingga ada kemauan untuk belajar dan tercipta
kemandirian dalam belajar karena ada dorongan untuk belajar
3. Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi strategi
pembelajaran inquiry dalam menumbuhkan kemandirian belajar Akidah
Akhlak siswa di MAN 1 Bone. Adapun faktor pendukungnya yaitu
kemampuan guru dalam mengelolah kelas, ketersediaan media
pembelajaran, kelengkapan perpustakaan, pembelajaran menjadi aktif,
kebebasan berpendapat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesulitan
mengahadapi perbedaan siswa, kesulitan menentukan materi, kesulitan
pengaturan waktu, ketakutan siswa dalam berpendapat.
B. Implikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang implementasi strategi pembelajaran
inquiry dalam menumbuhkan kemandirian belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 1
Bone, maka adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peran penting dalam keberhasilan
suatu pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami tentang pentingnya
penggunaan strategi pembelajaran inquiry dalam pembelajaran karena
terkadang ada beberapa materi yang tidak bisa dipaparkan membutuhkan
strategi dan metode dalam menyampaikan agar proses pembelajaran dapat
berjalan dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
2. Bagi peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran yang
dipaparkan oleh guru dengan baik supaya tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Ketersediaan
STAR20200168168/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

168/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top