URGENSI PENGAWASAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA DISIPLIN BAGI GURU DI MADRASAH ALIYAH JANGKALI KEC. LAMURU KAB. BONE

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang urgensi pengawasan kepala madrasah dalam
meciptakan budaya disiplin bagi guru di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pengawasan kepala madrasah,
jenis budaya disiplin dan memaksimalkan fungsi pengawasan dalam meningkatkan
disiplin guru di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu peneliti lansung ke lokasi penelitian (MA Jangkali
Kec. Lamuru Kab. Bone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain : observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengawasan kepala madrasah di MA
Aliyah Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone bisa dikatakan cukup bagus karna, terjadi
peningkatan budaya disiplin guru. Hal tersebut dikarenakan kepala madrasah selalu
memberikan arahan-arahan, pembinaan, dan pemantauan serta motivasi kepada guru
akan pentingnya meningkatkan kedisiplinan guru. Bukan hanya itu, disini kepala
madrasah berperan sebagai supervisor/tenaga fungsional, memberikan pengawasan
kepada guru untuk mencapai mimpinya. Seorang kepala madrasah harus bisa menjadi
pemimpin dan acuan kepada guru dalam pembinaan untuk menciptakan pendidikan
yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Dalam hal ini, ada beberapa model
pengawasan kepala madrasah yang dilakukan yaitu pra-observasi, post-observasi,
melakukan pembinaan, pendekatan dan pengarahan serta motivasi. 2) Pentingnya
pengawasan Kepala Madrasah Aliyah jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone dalam
meningkatkan kedisiplinan guru dengan menerapkan dan mengimplementasikan
fungsi pengawasan untuk menghindari terjadinya penurunan/ mengabaikan budaya
disiplin guru.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelitian terhadap urgensi pengawasan kepala madrasah
dalam menciptakan budaya disiplin bagi guru di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab.
Bone yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan
sebagai berikut:
1. Model pengawasan kepala madrasah di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone
bisa dikatakan cukup bagus karna, terjadi peningkatan dalam menerapkan
budaya disiplin bagi guru. Hal tersebut di karenakan kepala madrasah selalu
memberikan arahan-arahan, pembinaan, dan pemantauan serta motivasi
kepada guru mengenai pentingnya meningkatkan kedisiplinan. Bukan hanya
itu, disini kepala madrasah berperan sebagai supervisor/tenaga fungsional
untuk memberikan pengawasan kepada guru agar menjadi kebiasan untuk di
tiru demi tercapainya harapan sekolah/madrasah . Seorang kepala madrasah
harus bisa menjadi pemimpin dan acuan kepada guru dalam melakukan
pembinaan untuk menciptakan pendidikan yang jauh lebih baik dari yang
sebelumnya. Dalam hal ini, ada beberapa model dan fungsi pengawasan
kepala madrasah yang dilakukan yaitu pra-observasi, post-observasi,
melakukan pembinaan, pendekatan dan pengarahan serta motivasi.
2. Kontribusi dalam pengawasan kepala MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone
dalam meningkatkan kedisiplinan guru dengan menerapkan dan
mengimplementasikan semua model dan fungsi pengawasan kepala madrasah
agar tidak mengabaikan atau terjadinya penurunan akan pentingnya budaya
disiplin guru. Kepala madrasah perlu melakukan pemantauan terhadap guru,
apabila diatara mereka ada yang mengabaikan atau kurang tertibnya dalam
menerapkan kedisiplinan dan pada saat itulah diberi nasehat/ teguran yang
sifatnya membina atau mendidik agar mereka punya rasa kesadaran bahwa
sesungguhnya mereka merupakan orang tua, untuk menjadi contoh, acuan dan
teladan bagi siswa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai pengawasan kepala madrasah dalam
meningkatkan disiplin bagi guru di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone, maka
saran yang penulis sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah harus mampu memaksimalkan fungsi pengawasan, strategi
atau melaksanakan tugasnya di madrasah agar dapat memberikan bimbingan
atau pembinaan untuk meningkatkan kedisiplinan guru dan mengembangkan
keterampilan yang dimiliki, segenap potensi pengajar secara optimal, serta
menamkan sikap percaya diri dalam diri seorang guru atau pengajar.,
2. Meningkatnya budaya disiplin bagi guru di MA Jangkali Kec. Lamuru Kab.
Bone dapat dimiliki apabila mau mendengar, punya kesadaran dan sikap
percaya diri agar dapat mengimplementasikan dan melaksanakan semua
kegiatan, maka secara otomatis akan terbentuk kedisiplinan serta tercapainya
harapan, umumnya bagi masyarakat MA Jangkali Kec. Lamuru Kab. Bone
dan khusus bagi pribadi/diri masing-masing.
Ketersediaan
STAR20200277277/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

277/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top