Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Perbankan melalui Mediasi Aspek Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone)
Dewi Andryani/01.16.5180 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap
keputusan penggunaan produk melalui mediasi aspek syariah pada nasabah Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
Sampel penelitian ini yaitu nasabah PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Metode
pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada responden,
yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program
software SmartPLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian dengan analisis Partial Least Square diketahui bahwa diferensiasi
produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone, aspek syariah berpengaruh signifikan terhadap
keputusan penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone, serta aspek
syariah memediasi pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan penggunaan
produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Diferensiasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Hal ini berarti,
diferensiasi produk yang meningkat ataupun menurun tidak mempunyai
pengaruh sama sekali terhadap keputusan nasabah dalam penggunaan produk
Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
2. Aspek syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk
Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Artinya, semakin baik penerapan aspek-
aspek syariah dalam operasional perbankan syariah akan semakin
meningkatkan keputusan nasabah dalam penggunaan produk Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone.
3. Aspek syariah memediasi pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan
penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Semakin baik
diferensiasi produk maka semakin meningkatkan keputusan penggunaan produk
melalui penerapan aspek-aspek syariah.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah kemukakan di
atas, maka saran peneliti yang disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Diferensiasi produk perlu diterapkan dan dipertahankan agar dapat menarik
minat nasabah menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Selain itu yang
perlu diperhatikan adalah menentukan target pasar yang tepat agar diferensiasi
yang dilakukan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan minat nasabah
untuk menggunakan produk-produk yang ditawarkan.
2. Aspek syariah juga sangat penting untuk dipertahankan agar semakin menarik
minat nasabah menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Selain itu yang
perlu diperhatikan adalah memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah
(pelayanan prima) baik sebelum maupun setelah nasabah menggunakan produk
yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan minat nasabah untuk tetap
menggunakan produk-produk yang ditawarkan.
keputusan penggunaan produk melalui mediasi aspek syariah pada nasabah Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
Sampel penelitian ini yaitu nasabah PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Metode
pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada responden,
yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program
software SmartPLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian dengan analisis Partial Least Square diketahui bahwa diferensiasi
produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone, aspek syariah berpengaruh signifikan terhadap
keputusan penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone, serta aspek
syariah memediasi pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan penggunaan
produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Diferensiasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Hal ini berarti,
diferensiasi produk yang meningkat ataupun menurun tidak mempunyai
pengaruh sama sekali terhadap keputusan nasabah dalam penggunaan produk
Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
2. Aspek syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk
Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Artinya, semakin baik penerapan aspek-
aspek syariah dalam operasional perbankan syariah akan semakin
meningkatkan keputusan nasabah dalam penggunaan produk Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone.
3. Aspek syariah memediasi pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan
penggunaan produk Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Semakin baik
diferensiasi produk maka semakin meningkatkan keputusan penggunaan produk
melalui penerapan aspek-aspek syariah.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah kemukakan di
atas, maka saran peneliti yang disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Diferensiasi produk perlu diterapkan dan dipertahankan agar dapat menarik
minat nasabah menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Selain itu yang
perlu diperhatikan adalah menentukan target pasar yang tepat agar diferensiasi
yang dilakukan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan minat nasabah
untuk menggunakan produk-produk yang ditawarkan.
2. Aspek syariah juga sangat penting untuk dipertahankan agar semakin menarik
minat nasabah menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Selain itu yang
perlu diperhatikan adalah memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah
(pelayanan prima) baik sebelum maupun setelah nasabah menggunakan produk
yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan minat nasabah untuk tetap
menggunakan produk-produk yang ditawarkan.
Ketersediaan
| SFEBI20200188 | 188/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
188/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skrpsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
