Urgensi Pengelolaan Kelas dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif di SD Inpres 12/79 Mulamenree Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone
Suci Rahayu/02.16.3028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pengelolaan kelas dalam menciptakan
pembelajaran yang efektif di SD Inpres 12/79 Mulamenree Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan
kelas, mengetahui kontribusi pengelolaan kelas terhadap efektiftas pembelajaran di
SD Inpres 12/79 Mulamenree.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yang dilaksanakan di SD Inpres 12/79 Mulamenree dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik
yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan kelas di SD Inpres 12/79
Mulamenree sudah cukup baik dari segi pengelolaan tempat belajar, pengelolaan
kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh
sumber belajar. Akan tetapi, pada pengelolaan peserta didik masih perlu ditingkatkan
terutama pada kelas satu, lima dan enam. Sebab, masih ada beberapa peserta didik
yang masih lambat dalam hal memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, sebagai
guru hendaknya lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan khusus bagi
peserta didik yang lambat dalam memahami materi pembelajaran, terutama bagi
peserta didik yang masih belum lancar membaca. 2) Kontribusi pengelolaan kelas
terhadap efektifitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Mulamenree cukup baik, karena
dengan dilaksanakannya pengelolaan kelas maka akan memberikan dampak yang
baik bagi peserta didik terutama dalam hal kemajuan belajar. Hal ini, terlihat pada
beberapa kelas yang peserta didiknya sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Misalnya, pada kelas dua hampir semua peserta didiknya berpartipasi dan sangat
antusias dalam mengikuti pembelajaran. Efektif atau tidaknya suatu pembelajaran
tergantung sejauh mana seorang guru mampu mengelola kelasnya, yakni dengan
mengelola lima komponen pengelolaan kelas yaitu: tempat belajar, peserta didik,
kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh
sumber belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Pengelolaan kelas di SD Inpres 12/79 Mulamenree sudah cukup baik dari segi
pengelolaan tempat belajar, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan
materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh sumber belajar. Akan
tetapi, pada pengelolaan peserta didik masih perlu ditingkatkan terutama
pada kelas satu, lima dan enam. Sebab, masih ada beberapa peserta didik
yang masih lambat dalam hal memahami materi pembelajaran. Maka dari itu,
sebagai guru hendaknya lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan
khusus bagi peserta didik yang lambat dalam memahami materi
pembelajaran, terutama bagi peserta didik yang masih belum lancar membaca.
2. Kontribusi pengelolaan kelas terhadap efektifitas pembelajaran di SD Inpres
12/79 Mulamenree cukup baik, karena dengan dilaksanakannya pengelolaan
kelas maka akan memberikan dampak yang baik bagi peserta didik terutama
dalam hal kemajuan belajar. Hal ini, terlihat pada beberapa kelas yang
peserta didiknya sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Misalnya,
pada kelas dua hampir semua peserta didiknya berpartipasi dan sangat
antusias dalam mengikuti pembelajaran. Efektif atau tidaknya suatu
pembelajaran tergantung sejauh mana seorang guru mampu mengelola
kelasnya, yakni dengan mengelola lima komponen pengelolaan kelas yaitu:
tempat belajar, peserta didik, kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi
pembelajaran dan pengelolaan media oleh sumber belajar.
B. Impilikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang urgensi pengelolaan kelas di SD
Inpres 12/79 Mulamenree, maka adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu
pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami seperti apa karakter dan
kondisi peserta didik yang dihadapi, agar lebih mudah dibimbing dan
diarahkan. Agar peserta didk lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
sebaiknya ruangan belajar ditata sesuai dengan kenyamanan peserta didik.
2. Bagi peserta didik yang tidak terlalu menonjol atau lambat dalam memahami
materi yang diajarkan sebaiknya, terus belajar dan lebih mengembangkan
kreativitas yang dimiliki, atau diberikan bimbingan khusus agar bisa mengejar
ketertinggalan dengan peserta didik lainnya.
pembelajaran yang efektif di SD Inpres 12/79 Mulamenree Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan
kelas, mengetahui kontribusi pengelolaan kelas terhadap efektiftas pembelajaran di
SD Inpres 12/79 Mulamenree.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yang dilaksanakan di SD Inpres 12/79 Mulamenree dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik
yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan kelas di SD Inpres 12/79
Mulamenree sudah cukup baik dari segi pengelolaan tempat belajar, pengelolaan
kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh
sumber belajar. Akan tetapi, pada pengelolaan peserta didik masih perlu ditingkatkan
terutama pada kelas satu, lima dan enam. Sebab, masih ada beberapa peserta didik
yang masih lambat dalam hal memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, sebagai
guru hendaknya lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan khusus bagi
peserta didik yang lambat dalam memahami materi pembelajaran, terutama bagi
peserta didik yang masih belum lancar membaca. 2) Kontribusi pengelolaan kelas
terhadap efektifitas pembelajaran di SD Inpres 12/79 Mulamenree cukup baik, karena
dengan dilaksanakannya pengelolaan kelas maka akan memberikan dampak yang
baik bagi peserta didik terutama dalam hal kemajuan belajar. Hal ini, terlihat pada
beberapa kelas yang peserta didiknya sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Misalnya, pada kelas dua hampir semua peserta didiknya berpartipasi dan sangat
antusias dalam mengikuti pembelajaran. Efektif atau tidaknya suatu pembelajaran
tergantung sejauh mana seorang guru mampu mengelola kelasnya, yakni dengan
mengelola lima komponen pengelolaan kelas yaitu: tempat belajar, peserta didik,
kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh
sumber belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Pengelolaan kelas di SD Inpres 12/79 Mulamenree sudah cukup baik dari segi
pengelolaan tempat belajar, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan
materi pembelajaran dan pengelolaan media oleh sumber belajar. Akan
tetapi, pada pengelolaan peserta didik masih perlu ditingkatkan terutama
pada kelas satu, lima dan enam. Sebab, masih ada beberapa peserta didik
yang masih lambat dalam hal memahami materi pembelajaran. Maka dari itu,
sebagai guru hendaknya lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan
khusus bagi peserta didik yang lambat dalam memahami materi
pembelajaran, terutama bagi peserta didik yang masih belum lancar membaca.
2. Kontribusi pengelolaan kelas terhadap efektifitas pembelajaran di SD Inpres
12/79 Mulamenree cukup baik, karena dengan dilaksanakannya pengelolaan
kelas maka akan memberikan dampak yang baik bagi peserta didik terutama
dalam hal kemajuan belajar. Hal ini, terlihat pada beberapa kelas yang
peserta didiknya sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Misalnya,
pada kelas dua hampir semua peserta didiknya berpartipasi dan sangat
antusias dalam mengikuti pembelajaran. Efektif atau tidaknya suatu
pembelajaran tergantung sejauh mana seorang guru mampu mengelola
kelasnya, yakni dengan mengelola lima komponen pengelolaan kelas yaitu:
tempat belajar, peserta didik, kegiatan pembelajaran, pengelolaan materi
pembelajaran dan pengelolaan media oleh sumber belajar.
B. Impilikasi
Setelah melaksanakan penelitian tentang urgensi pengelolaan kelas di SD
Inpres 12/79 Mulamenree, maka adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu
pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami seperti apa karakter dan
kondisi peserta didik yang dihadapi, agar lebih mudah dibimbing dan
diarahkan. Agar peserta didk lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran
sebaiknya ruangan belajar ditata sesuai dengan kenyamanan peserta didik.
2. Bagi peserta didik yang tidak terlalu menonjol atau lambat dalam memahami
materi yang diajarkan sebaiknya, terus belajar dan lebih mengembangkan
kreativitas yang dimiliki, atau diberikan bimbingan khusus agar bisa mengejar
ketertinggalan dengan peserta didik lainnya.
Ketersediaan
| STAR20200013 | 13/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
13/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
