Penerapan Analisis SWOT dalam Penyusunan Program Tahunan Pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Nurul Fadilah/02.16.3078 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai
Penerapan Analisis SWOT dalam
Penyusunan Program Tahunan Pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Hal-hal pokok yang dikaji dalam
skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan analisis SWOT di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka? (2) Faktor apa yang menyebabkan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka membutuhkan analisis SWOT? (3) Mengapa
analisis SWOT mempengaruhi efektivitas penyusunan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka?
Dalam memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan manajemen, sosiologis, dan
psikologis. Data dikumpulkan menggunakan riset lapangan (field research) dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu,
tahap reduksi data, penyajian data (data display) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan analisis SWOT di
MTs AL-Faaizun Watang Palakka dilakukan dengan menganalisis 4 unsur yaitu
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan dilaksanakan dengan baik. Kedua,
faktor penyebab program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
membutuhkan analisis SWOT, yaitu untuk menyesuaikan potensi yang dimiliki oleh
madrasah agar pencapaian materi dan kompetensi dasar mempunyai alokasi waktu
yang cukup. Ketiga, pengaruh analisis SWOT terhadap efektivitas penyusunan
program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka memberikan pengaruh
positif, penyusunan program tahunan pendidik menjadi lebih efektif dan sistematis.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan Analisis SWOT di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, dilakukan
dengan menganalisis dari 4 unsur, yaitu kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Adapun kekuatan
yang dimiliki yaitu perencanaan pembelajaran yang matang melalui
pelaksanaan workshop kurikulum, tenaga pendidik minimal lulusan S1 dan
juga penanaman nilai-nilai agama kepada peserta didik. Kelemahannya yaitu
masih terdapat tenaga pendidik yang belum berstatus sertifikasi dan sarana
prasarana yang masih belum maksimal. Adapun peluangnya yaitu memiliki
tenaga pendidik yang handal dibidangnya serta aktif mengikuti MGMP.
Sedangkan ancaman berupa persaingan dengan lembaga pendidikan sederajat
disekitar.
2. Faktor penyebab program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka membutuhkan analisis SWOT, yaitu karena dalam penyusunan
program tahunan pendidik harus disesuaikan dengan potensi yang dimiliki
oleh madrasah, sehingga pencapaian setiap materi dan kompetensi dasar
mempunyai alokasi waktu yang cukup untuk setiap pokok bahasan.
3. Pengaruh Analisis SWOT dalam efektivitas penyusunan program tahunan
pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, yaitu penerapan analisis SWOT
memberikan pengaruh positif dalam penyusunan dan pengembangan program
tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka menjadi lebih efektif.
Penyusunan program tahunan pendidik menjadi lebih sistematis sehingga
program-program berikutnya seperti program semester, mingguan dan harian
juga dapat disusun dengan baik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Diharapkan kepada madrasah yang telah menerapkan analisis SWOT untuk
mempertahankan agar dapat mengetahui lingkungan internal dan eksternal
nya serta tujuan madrasah dapat tercapai secara lebih efektif.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik untuk lebih memperhatikan penyusunan
perangkat pembelajaran yang baik seperti program tahunan.
Penerapan Analisis SWOT dalam
Penyusunan Program Tahunan Pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Hal-hal pokok yang dikaji dalam
skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan analisis SWOT di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka? (2) Faktor apa yang menyebabkan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka membutuhkan analisis SWOT? (3) Mengapa
analisis SWOT mempengaruhi efektivitas penyusunan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka?
Dalam memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan manajemen, sosiologis, dan
psikologis. Data dikumpulkan menggunakan riset lapangan (field research) dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu,
tahap reduksi data, penyajian data (data display) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan analisis SWOT di
MTs AL-Faaizun Watang Palakka dilakukan dengan menganalisis 4 unsur yaitu
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan dilaksanakan dengan baik. Kedua,
faktor penyebab program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
membutuhkan analisis SWOT, yaitu untuk menyesuaikan potensi yang dimiliki oleh
madrasah agar pencapaian materi dan kompetensi dasar mempunyai alokasi waktu
yang cukup. Ketiga, pengaruh analisis SWOT terhadap efektivitas penyusunan
program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka memberikan pengaruh
positif, penyusunan program tahunan pendidik menjadi lebih efektif dan sistematis.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan Analisis SWOT di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, dilakukan
dengan menganalisis dari 4 unsur, yaitu kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Adapun kekuatan
yang dimiliki yaitu perencanaan pembelajaran yang matang melalui
pelaksanaan workshop kurikulum, tenaga pendidik minimal lulusan S1 dan
juga penanaman nilai-nilai agama kepada peserta didik. Kelemahannya yaitu
masih terdapat tenaga pendidik yang belum berstatus sertifikasi dan sarana
prasarana yang masih belum maksimal. Adapun peluangnya yaitu memiliki
tenaga pendidik yang handal dibidangnya serta aktif mengikuti MGMP.
Sedangkan ancaman berupa persaingan dengan lembaga pendidikan sederajat
disekitar.
2. Faktor penyebab program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka membutuhkan analisis SWOT, yaitu karena dalam penyusunan
program tahunan pendidik harus disesuaikan dengan potensi yang dimiliki
oleh madrasah, sehingga pencapaian setiap materi dan kompetensi dasar
mempunyai alokasi waktu yang cukup untuk setiap pokok bahasan.
3. Pengaruh Analisis SWOT dalam efektivitas penyusunan program tahunan
pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, yaitu penerapan analisis SWOT
memberikan pengaruh positif dalam penyusunan dan pengembangan program
tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka menjadi lebih efektif.
Penyusunan program tahunan pendidik menjadi lebih sistematis sehingga
program-program berikutnya seperti program semester, mingguan dan harian
juga dapat disusun dengan baik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Diharapkan kepada madrasah yang telah menerapkan analisis SWOT untuk
mempertahankan agar dapat mengetahui lingkungan internal dan eksternal
nya serta tujuan madrasah dapat tercapai secara lebih efektif.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik untuk lebih memperhatikan penyusunan
perangkat pembelajaran yang baik seperti program tahunan.
Ketersediaan
| STAR20200302 | 302/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
302/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
