Penerapan Metode Ceramah Plus Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 1 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ceramah plus dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan metode ceramah
plus pada mata pelajaran akiah akhlak dan peningkatan motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran akidah akhlak melalui metode ceramah plus. Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode kualitatif.
Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah plus di
MAN 1 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan
benar, hal ini dapat dilihat dari pendidik ketika menerapkannya memperhatikan
langkah-langkah penerapan metode ceramah plus, langkah pertama yaitu persiapan,
pendidik menciptakan kondisi belajar serta menjelaskan tujuan dan metode
pembelajaran, langkah kedua yaitu pelaksanaan, pendidik menyampaikan/menyajikan
materi, melakukan tanya jawab serta memberikan kesimpulan, dan langkah terakhir
yaitu evaluasi/tindak lanjut, pendidik mengadakan penilaian serta memberikan tugas.
Meskipun proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya
Covid-19 akan tetapi metode ceramah plus merupakan metode yang efektif
diterapkan pada mata pelajaran akidah akhlak. Peningkatan motivasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah baik, hal ini dapat
dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik. Dalam motivasi
intrinsik, yang pertama adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar,
yang kedua adanya dorongan kebutuhan dalam belajar dan yang terakhir adanya
harapan dan cita-cita masa depan. Sedangkan motivasi ekstrinsik, yang pertama
adanya penghargaan dalam proses belajar, yang kedua adanya lingkungan belajar
yang kondusif dan yang terakhir adanya kegiatan belajar yang menarik. Meskipun
proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya pandemi
Covid-19 akan tetapi tidak mengurangi semangat peserta didik dalam mengikuti
proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan metode ceramah plus di MAN 1 pada mata pelajaran akidah
akhlak di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan benar, hal ini dapat dilihat
dari pendidik ketika menerapkannya memperhatikan langkah-langkah
penerapan metode ceramah plus, langkah pertama yaitu persiapan,
pendidik menciptakan kondisi belajar serta menjelaskan tujuan dan
metode pembelajaran, langkah kedua yaitu pelaksanaan, pendidik
menyampaikan/menyajikan materi, melakukan tanya jawab serta
memberikan kesimpulan, dan langkah terakhir yaitu evaluasi/tindak lanjut,
pendidik mengadakan penilaian serta memberikan tugas. Meskipun proses
pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya Covid-19
akan tetapi metode ceramah plus merupakan metode yang efektif
diterapkan pada mata pelajaran akidah akhlak.
2. Peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah
akhlak di MAN 1 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari motivasi
intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik. Dalam motivasi intrinsik,
yang pertama adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar,
yang kedua adanya dorongan kebutuhan dalam belajar dan yang terakhir
adanya harapan dan cita-cita masa depan. Sedangkan motivasi ekstrinsik,
yang pertama adanya penghargaan dalam proses belajar, yang kedua
adanya lingkungan belajar yang kondusif dan yang terakhir adanya
kegiatan belajar yang menarik. Meskipun proses pembelajaran
dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya pandemi Covid-19 akan
tetapi tidak mengurangi semangat peserta didik dalam mengikuti proses
pembelajaran.
B. Implementasi
Setelah melakukan penelitian tentang penerapan metode ceramah plus
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di
MAN 1 Bone, maka adapun saran yang akan yang akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Sekarang proses pembelajaran dilakukan dengan sistem daring karena
adanya Covid-19 maka sebagai seorang pendidik yang memiliki peran
penting dalam suatu pembelajaran, sebaiknya selain menerapkan metode
ceramah plus juga mengusai penggunaan metode-metode lain agar peserta
didik semakin termotivasi dan bersemangat dalam belajar meskipun proses
pembelajaran di masa sekarang dilakukan dengan online.
2. Bagi peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran yang telah
diajarkan oleh pendidik dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Ketersediaan
STAR20210310310/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

310/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top