Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatakan Keaaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Cina
Rita Sapitri/02.16.1098 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru Pendididkan
Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 1 Cina
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana kompetensi pedagogik Guru
Pendidikan Agama Islam dan bagaiamana keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 1
Cina . Dalam menyusun skripsi ini, penelitian yang digunakan adalah penelitian
lapangan (field research) yaitu dengan terjun langsung ke unit penelitian (Desa
Arasoe) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi
ini. Adapun teknik yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Tekhnik pengolahan/analisis data yang digunakan yaitu secara
kualitatif, metode kualitatif ini memberikan informasi yang lengkap sehingga
bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada
berbagai masalah, dan dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis
dan mendeskripsikan data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-
angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Guru memiliki peran penting dalam
melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik dan harus memiliki kompetensi
salah satunya adalah kompetensi pedagogik, dalam kompetensi pedagogik terdapat
beberapa aspek diantaranya adalah, kemampuan memahami peserta didik,
Kemampuan membuat perancangan pembelajaran, Kemampuan memanfaatkan
teknologi pembelajaran, Kemampuan melaksanakan evaluasi terhadap hasil
belajar.2). Keaktifan belajar siswa sangat penunjang keberhasilan dalam proses
pembelajaran dapat dilihat dari siswa yang sering bertanya dan siswa yang sering
menjawab pertanyaan dari guru, Keaktifan siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa
dalam proses pembelajaran ada empat yaitu sebagai berikut, turut sertanya dalam
belajar,bertanya kepada teman satu kelompok atau guru apabila tidak memahami
persoalan yang di hadapi, melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk
guru, mampu mempresentasikan hasil kerjanya.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitiaan dan pembahasan yang telah penulis lakukan tentang
kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa di SMP Negeri 1 Cina maka dapat di simpulkan sebagai berikut.
1. Kompetensi pedagogik Guru PAI memiliki peran penting dalam melaksanakan tugasnya
sebagai tenaga pendidik, maka untuk menjadi seorang guru harus memiliki keahlian
khusus, pengetahuan atau kemampuan dan dituntut untuk dapat melaksanakan perannya
secara profesional yang dalam tugasnya guru tidak hanya mengajar, melatih tetapi juga
mendidik. Untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang guru harus memiliki
kompetensi salah satunya adalah kompetensi pedagogik, dalam kompetensi pedagogik
terdapat beberapa aspek diantaranya adalah, kemampuan memahami peserta didik,
Kemampuan membuat perancangan pembelajaran, Kemampuan memanfaatkan teknologi
pembelajaran, Kemampuan melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar.
2. Keaktifan belajar siswa sangat penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat
dilihat dari siswa yang sering bertanya dan siswa yang sering menjawab pertanyaan dari
guru. Keaktifan yang dimaksud ada pada siswa itu sendiri, keaktifan siswa dalam
kegiatan proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam keterlibatan
siswa secara langsung dilihat dari siswa yang sering bertanya kepada guru mengenai
materi yang belum di mengerti.
Keaktifan siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran ada
empat yaitu sebagai berikut, turut sertanya dalam belajar,bertanya kepada teman satu
kelompok atau guru apabila tidak memahami persoalan yang di hadapi, melaksanakan
diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru, mampu mempresentasikan hasil kerjanya.
B. SARAN
Sehubungan dengan penelitian ini, maka penulis megemukakan beberapa saran kepada
berbgai pihak yaitu:
1. Kepada kepalah sekolah untuk selalu memberikan dukungan yang lebih terhadap
peningkatan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru, khususnya guru PAI.
2. Kepada guru PAI hendaknya lebih kereatif lagi dalam memilih metode dan srtategi
pembelajaran, agar peserta didik tidak merasa bosan dan lebih tertarik dengan
pembelajaran PAI, serta guru memberikan pembinaan yang lebih untuk
mengengmbangkan potensi peserta didik dalam bidang keagamaan, tidak hanya ada
lomba-lomba saja.
3. Kepada siswa hendaknya lebih meningkatkan keaktifan mereka pada saat
pemebelajaran, peserta didik harus bisa lebih efektif memanfaatkan waktu saat
pembelajaran sehingga pembelajaran bisa lebih efektif dan siswa hendaknya bisa
mengamalkan ajaran agama islam tidak hanya sekedar memahami teorinya saja.
Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 1 Cina
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana kompetensi pedagogik Guru
Pendidikan Agama Islam dan bagaiamana keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 1
Cina . Dalam menyusun skripsi ini, penelitian yang digunakan adalah penelitian
lapangan (field research) yaitu dengan terjun langsung ke unit penelitian (Desa
Arasoe) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi
ini. Adapun teknik yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Tekhnik pengolahan/analisis data yang digunakan yaitu secara
kualitatif, metode kualitatif ini memberikan informasi yang lengkap sehingga
bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada
berbagai masalah, dan dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis
dan mendeskripsikan data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-
angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Guru memiliki peran penting dalam
melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik dan harus memiliki kompetensi
salah satunya adalah kompetensi pedagogik, dalam kompetensi pedagogik terdapat
beberapa aspek diantaranya adalah, kemampuan memahami peserta didik,
Kemampuan membuat perancangan pembelajaran, Kemampuan memanfaatkan
teknologi pembelajaran, Kemampuan melaksanakan evaluasi terhadap hasil
belajar.2). Keaktifan belajar siswa sangat penunjang keberhasilan dalam proses
pembelajaran dapat dilihat dari siswa yang sering bertanya dan siswa yang sering
menjawab pertanyaan dari guru, Keaktifan siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa
dalam proses pembelajaran ada empat yaitu sebagai berikut, turut sertanya dalam
belajar,bertanya kepada teman satu kelompok atau guru apabila tidak memahami
persoalan yang di hadapi, melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk
guru, mampu mempresentasikan hasil kerjanya.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitiaan dan pembahasan yang telah penulis lakukan tentang
kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa di SMP Negeri 1 Cina maka dapat di simpulkan sebagai berikut.
1. Kompetensi pedagogik Guru PAI memiliki peran penting dalam melaksanakan tugasnya
sebagai tenaga pendidik, maka untuk menjadi seorang guru harus memiliki keahlian
khusus, pengetahuan atau kemampuan dan dituntut untuk dapat melaksanakan perannya
secara profesional yang dalam tugasnya guru tidak hanya mengajar, melatih tetapi juga
mendidik. Untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang guru harus memiliki
kompetensi salah satunya adalah kompetensi pedagogik, dalam kompetensi pedagogik
terdapat beberapa aspek diantaranya adalah, kemampuan memahami peserta didik,
Kemampuan membuat perancangan pembelajaran, Kemampuan memanfaatkan teknologi
pembelajaran, Kemampuan melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar.
2. Keaktifan belajar siswa sangat penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat
dilihat dari siswa yang sering bertanya dan siswa yang sering menjawab pertanyaan dari
guru. Keaktifan yang dimaksud ada pada siswa itu sendiri, keaktifan siswa dalam
kegiatan proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam keterlibatan
siswa secara langsung dilihat dari siswa yang sering bertanya kepada guru mengenai
materi yang belum di mengerti.
Keaktifan siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran ada
empat yaitu sebagai berikut, turut sertanya dalam belajar,bertanya kepada teman satu
kelompok atau guru apabila tidak memahami persoalan yang di hadapi, melaksanakan
diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru, mampu mempresentasikan hasil kerjanya.
B. SARAN
Sehubungan dengan penelitian ini, maka penulis megemukakan beberapa saran kepada
berbgai pihak yaitu:
1. Kepada kepalah sekolah untuk selalu memberikan dukungan yang lebih terhadap
peningkatan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru, khususnya guru PAI.
2. Kepada guru PAI hendaknya lebih kereatif lagi dalam memilih metode dan srtategi
pembelajaran, agar peserta didik tidak merasa bosan dan lebih tertarik dengan
pembelajaran PAI, serta guru memberikan pembinaan yang lebih untuk
mengengmbangkan potensi peserta didik dalam bidang keagamaan, tidak hanya ada
lomba-lomba saja.
3. Kepada siswa hendaknya lebih meningkatkan keaktifan mereka pada saat
pemebelajaran, peserta didik harus bisa lebih efektif memanfaatkan waktu saat
pembelajaran sehingga pembelajaran bisa lebih efektif dan siswa hendaknya bisa
mengamalkan ajaran agama islam tidak hanya sekedar memahami teorinya saja.
Ketersediaan
| STAR20200158 | 158/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
158/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
