Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fikih untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI MAN 3 Bone
Ririn Adrianti/02.16.1022 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Metode Demonstrasi dalam
Pembelajaran Fikih untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI
MAN 3 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
tentang pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih kelas XI di MAN
3 Bone, faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung serta solusinya
dalam penerapan metode demonstrasi, serta peningkatan kemampuan psikomotorik
siswa melalui metode demonstrasi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan metode
demonstrasi telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Fikih dengan memperhatikan
langkah-langkah metode demonstrasi yaitu mulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, faktor penghambat pelaksanaan metode
demonstrasi yaitu kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan waktu dan ada
beberapa siswa yang tidak memperhatikan dalam pelaksanaan demonstrasi. Faktor
pendukung pelaksanaan metode demonstrasi yaitu kreativitas seorang guru dalam
pelaksanaan metode demonstrasi, jumlah siswa yang cukup memadai. Ketiga,
Kemampuan psikomotorik siswa setelah mengikuti pelajaran Fikih menggunakan
metode demonstrasi yaitu semakin meningkat karena mereka mampu memahami
materi dengan melalui gerakan atau aktif langsung didalamnya, seperti peniruan,
manipulasi, ketepatan, penekanan, dan naturalisme.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Fikih kelas XI MAN 3
Bone berjalan dengan baik melalui beberapa langkah-langkah yaitu
perencanaan yaitu merumuskan tujuan, menetapkan garis-garis besar dalam
pelaksanaan metode demonstrasi, mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan,
seorang pendidik harus intropeksi terlebih dahulu sebelum pembelajaran di
mulai dan menetapkan rencana penilain. Kedua pelaksanaan, peserta didik
diminta memahami materi pokok yang akan didemonstrasikan. Seorang
pendidik harus menjelaskan dengan baik terkait dengan materi pokok yang
akan didemonstrasikan.Memperhatikan situasi dan kondisi peserta didik agar
pada saat pokok-pokok materi yang akan didemonstrasikan peserta didik
mampu memahaminya dengan baik. Memberikan umpan balik kepada peserta
didik untuk mempertanyakan hal-hal pokok yang belum dimengerti terkait
dengan bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi. Dalam tahap pelaksanaan
metode demonstrasi harus dilakukan dengan santai, sehingga tidak
menimbulkan ketegangang kepada peserta didik serta tujuannya bisa
terealisasikan dengan baik. Ketiga, Evaluasi, seorang pendidik mengevaluasi
peserta didik melalui tugas yang diberikan berupa membuat laporan dan
resume.
2. Adapun faktor penghambat metode demonstrasi dalam pembelajaran Fikih
yaitu kurangnya sarana dan prasarana, membutuhkan waktu yang lama dan ada
beberapa peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran. Olehnya seorang
pendidik lebih kreatif dalam menggunakan metode demonstrasi untuk menarik
perhatian peserta didik selain itun pendidik juga menyiapkan sebagian alat
untuk dipakai dalam pelaksanaan metode demonstrasi. Dan adapun faktor
pendukung pelaksanaan metode demonstrasi yaitu diberikannya kebebasan
kepada pendidik untuk kreatif dalam penggunaan metode dan jumlah peserta
didik yang cukup memadai sehingga pelaksanaan metode demonstrasi berjalan
dengan baik.
3.Kemampuan psikomotorik siswa setelah mengikuti pelajaran Fikih
menggunakan metode demonstrasi yaitu semakin meningkat karena mereka
mampu memahami materi dengan melalui gerakan atau aktif langsung
didalamnya, seperti peniruan, manipulasi, ketepatan, penekanan, dan
naturalisme.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang
memadai untuk pelaksanaan metode demonstrasi.
2. Kepada guru-guru khususnya pada mata pelajaran Fikih kelas XI agar terus
meningkatkan psikomotorik peserta didik melalui metode demonstrasi dalam
pembelajaran Fikih dan lebih mengatur waktu yang telah ditetapkan agar tidak
mengganggu mata pelajaraan yang lain.
3. Kepada siswa belajar sungguh-sungguh dan ikut berpartisispasi dalam
pelaksanaan metode demonstrasi yang terapkan oleh pendidik mata pelajaran
Fikih dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik.
Pembelajaran Fikih untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI
MAN 3 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
tentang pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih kelas XI di MAN
3 Bone, faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung serta solusinya
dalam penerapan metode demonstrasi, serta peningkatan kemampuan psikomotorik
siswa melalui metode demonstrasi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan metode
demonstrasi telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Fikih dengan memperhatikan
langkah-langkah metode demonstrasi yaitu mulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, faktor penghambat pelaksanaan metode
demonstrasi yaitu kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan waktu dan ada
beberapa siswa yang tidak memperhatikan dalam pelaksanaan demonstrasi. Faktor
pendukung pelaksanaan metode demonstrasi yaitu kreativitas seorang guru dalam
pelaksanaan metode demonstrasi, jumlah siswa yang cukup memadai. Ketiga,
Kemampuan psikomotorik siswa setelah mengikuti pelajaran Fikih menggunakan
metode demonstrasi yaitu semakin meningkat karena mereka mampu memahami
materi dengan melalui gerakan atau aktif langsung didalamnya, seperti peniruan,
manipulasi, ketepatan, penekanan, dan naturalisme.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran Fikih kelas XI MAN 3
Bone berjalan dengan baik melalui beberapa langkah-langkah yaitu
perencanaan yaitu merumuskan tujuan, menetapkan garis-garis besar dalam
pelaksanaan metode demonstrasi, mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan,
seorang pendidik harus intropeksi terlebih dahulu sebelum pembelajaran di
mulai dan menetapkan rencana penilain. Kedua pelaksanaan, peserta didik
diminta memahami materi pokok yang akan didemonstrasikan. Seorang
pendidik harus menjelaskan dengan baik terkait dengan materi pokok yang
akan didemonstrasikan.Memperhatikan situasi dan kondisi peserta didik agar
pada saat pokok-pokok materi yang akan didemonstrasikan peserta didik
mampu memahaminya dengan baik. Memberikan umpan balik kepada peserta
didik untuk mempertanyakan hal-hal pokok yang belum dimengerti terkait
dengan bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi. Dalam tahap pelaksanaan
metode demonstrasi harus dilakukan dengan santai, sehingga tidak
menimbulkan ketegangang kepada peserta didik serta tujuannya bisa
terealisasikan dengan baik. Ketiga, Evaluasi, seorang pendidik mengevaluasi
peserta didik melalui tugas yang diberikan berupa membuat laporan dan
resume.
2. Adapun faktor penghambat metode demonstrasi dalam pembelajaran Fikih
yaitu kurangnya sarana dan prasarana, membutuhkan waktu yang lama dan ada
beberapa peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran. Olehnya seorang
pendidik lebih kreatif dalam menggunakan metode demonstrasi untuk menarik
perhatian peserta didik selain itun pendidik juga menyiapkan sebagian alat
untuk dipakai dalam pelaksanaan metode demonstrasi. Dan adapun faktor
pendukung pelaksanaan metode demonstrasi yaitu diberikannya kebebasan
kepada pendidik untuk kreatif dalam penggunaan metode dan jumlah peserta
didik yang cukup memadai sehingga pelaksanaan metode demonstrasi berjalan
dengan baik.
3.Kemampuan psikomotorik siswa setelah mengikuti pelajaran Fikih
menggunakan metode demonstrasi yaitu semakin meningkat karena mereka
mampu memahami materi dengan melalui gerakan atau aktif langsung
didalamnya, seperti peniruan, manipulasi, ketepatan, penekanan, dan
naturalisme.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang
memadai untuk pelaksanaan metode demonstrasi.
2. Kepada guru-guru khususnya pada mata pelajaran Fikih kelas XI agar terus
meningkatkan psikomotorik peserta didik melalui metode demonstrasi dalam
pembelajaran Fikih dan lebih mengatur waktu yang telah ditetapkan agar tidak
mengganggu mata pelajaraan yang lain.
3. Kepada siswa belajar sungguh-sungguh dan ikut berpartisispasi dalam
pelaksanaan metode demonstrasi yang terapkan oleh pendidik mata pelajaran
Fikih dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik.
Ketersediaan
| STAR20200006 | 06/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
06/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
