Strategi Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill Siswa di SD Negeri 69 Itterung Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Strategi Perencanaan Pembelajaran dalam
Mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill Siswa di SD Negeri 69 Itterung. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang strategi perencanaan
pembelajaran
guru
dan
faktor
pendukung
dan
penghambat
guru
dalam
mengembangkan hard skill dan soft skill siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan
reduksi data, dalam tahap ini peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok,
memfokuskan pada hal yang penting, dan dicari tema dan polanya. Kemudian
melakukan reduksi data maka tahap selanjutnya adalah penyajian data. Selanjutnya
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif
merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Strategi perencanaan
pembelajaran guru di SD Negeri 69 Itterung meliputi tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber belajar serta penilaian/
evaluasi. Dari hasil penelitian dapat dikatakan telah berjalan dengan efektif dan
efisien hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang disusun secara sistematis untuk dijadikan pedoman
mengajar dan pegangan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sehingga
dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat
guru dalam mengembangkan hard skill dan soft skill siswa di SD Negeri 69 Itterung
yaitu faktor pendukung meliputi fasilitas yang memadai, peraturan yang tegas, dan
guru yang kompeten serta kegiatan keagamaan. Faktor penghambat ada dua yaitu
faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah dari diri siswa sendiri dan faktor
eksternal dari lingkungan yang kurang baik, teman sebaya, teman bermain. Serta
keluarga yang kurang tegas dalam mendidik anaknya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam bab
III mengenai, Strategi Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Hard Skill
dan Soft Skill Siswa di SD Negeri 69 Itterung Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi perencanaan pembelajaran guru di SD Negeri 69 Itterung meliputi
tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan
sumber belajar serta penilaian/ evaluasi. Dari hasil penelitian dapat dikatakan
telah berjalan dengan efektif dan efisien hal ini dibuktikan dengan adanya
penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun
secara sistematis untuk dijadikan pedoman mengajar dan pegangan yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan
yang diinginkan. Ketika perencanaannya sudah matang baru bisa melaksanakan
pembelajaran.
2. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan hard skill dan
soft skill siswa di SD Neg. 69 Itterung yaitu :
a. Faktor pendukung
1) Fasilitas yang memadai. Fasilitas di sebuah lembaga pendidikan
harus diperhatikan. Karena fasilitas yang lengkap akan menunjang
kegiatan akademik dan non-akademik siswa serta mendukung
terwujudnya proses belajar mengajar yang kondusif.
2) Guru yang berkompeten. Guru yang berkompetensi merupakan guru
yang berkualitas,kompetensi guru dapat menentukan kualitas
prestasi yang diperoleh peserta didik lewat hasil belajar yang
didapat.
3) Peran orang tua. Sikap orang tua berpengaruh kepada tingkah laku
anaknya.
b. Faktor penghambat ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor
internal adalah dari diri siswa sendiri dan faktor eksternal dari
lingkungan yang kurang baik, teman sebaya, teman bermain. Serta
keluarga yang kurang tegas dalam mendidik anaknya.
B. Implikasi
Secara teoritik penelitian ini dapat menambah kajian tentang
mengembangkan hard skill dan soft skill siswa dalam proses pembelajaran, penelitian
ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi tentang tentang strategi
perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan hard skill dan soft skill siswa.
Mengembang hard skill dan soft skill siswa adalah tugas seorang pendidik dan orang
tua. Karena pada masa sekarang ini hard skill dan soft skill harus diasa mulai sejak
kecil dan di sekolah untuk kehidupan yang akan datang. Nah dari hal tersebut
sekiranya guru dapat mengembangkan hard skill dan soft skill siswa sejak duduk di
bangku sekolah.
Selain itu, penelitian ini membuktikan pentingnya dalam mengembangkan
hard skill dan soft skill siswa dalam pembelajaran dan di sekolah, karena hal ini juga
berhubungan dengan karakter siswa. Untuk membentuk sikap serta memberikan
bekal untuk kehidupan sehari-hari siswa.
Ketersediaan
STAR20200239239/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

239/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top