Peranan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah dalam Membangun Kerja Sama dengan Orang Tua Guna Membentuk Kedisiplinan Siswa di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe Kabupaten Bone
Firdamayanti/02.16.3034 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peranan kompetensi sosial kepala sekolah
dalam membangun kerja sama dengan orang tua guna membentuk kedisiplinan siswa
di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui
kompetensi sosial kepala sekolah,
upaya kepala sekolah dalam
membangun kerja sama dengan orang tua siswa dan kontribusi kepala sekolah dan
orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
kualitatif dengan demikian laporan penelitian ini berisi kutipan data untuk
memberikan gambaran penyajian laporan. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi sosial kepala sekolah di
SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe sudah dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan
kepala sekolah bekerja sama dengan pihak yang ada di sekolah yaitu guru, tenaga
kependidikan, komite sekolah dan orang tua siswa. Selain itu kepala sekolah mampu
berperan dalam kegiatan informal diluar sekolah, aktif dalam organisasi sosial
kemasyarakatan, keagamaan, kesenian dan olahraga serta mampu menggali persoalan
dari lingkungan sekolah, menawarkan solusi dan tidak memihak dalam mengatasi
konflik. 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun kerja sama dengan orang tua
guna membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu melalui
cara melibatkan orang tua dalam kegiatan yang diadakan di sekolah baik itu
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah, serta tetap menjalin
komunikasi melalui menginformasikan hal-hal mengenal sekolah maupun siswa,
mengadakan pembagian tugas dan tanggung jawab dengan orang tua siswa dengan
pembagian buku penghubung serta mengadakan kunjungan ke rumah. 3) Kontribusi
kepala sekolah dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir
Fil Jannah Bajoe yaitu dengan saling bekerja sama dalam membina siswa melalui
peningkatan motivasi, memberi contoh yang baik, memberi penyadaran serta
memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa. Selain itu kepala sekolah juga
mengadakan seminar parenting agar orang tua mendapatkan pengetahuan dan
keterampilan mengenai cara mendidik anak dalam landasan pembentukan karakter
kedisiplinan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan sebagai
berikut:
1. Kompetensi sosial kepala sekolah di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe sudah
dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan kepala sekolah bekerja sama
dengan pihak yang ada di sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, komite
sekolah dan orang tua siswa. Selain itu kepala sekolah mampu berperan dalam
kegiatan informal diluar sekolah, aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan,
keagamaan, kesenian dan olahraga serta memiliki kepekaan sosial dengan
menggali persoalan dari lingkungan sekolah, menawarkan solusi, tidak
memihak dalam mengatasi konflik, bersikap simpatik dan empatik.
2. Upaya kepala sekolah dalam membangun kerja sama dengan orang tua guna
membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu
melalui cara melibatkan orang tua dalam kegiatan yang diadakan di sekolah
baik itu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah, serta tetap
menjalin komunikasi melalui menginformasikan hal-hal mengenal sekolah
maupun siswa, mengadakan pembagian tugas dan tanggung jawab dengan
orang tua siswa dengan pembagian buku penghubung serta mengadakan
kunjungan ke rumah.
3. Kontribusi kepala sekolah dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa
di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu dengan saling bekerja sama dalam
membina siswa melalui peningkatan motivasi, memberi contoh yang baik,
memberi penyadaran serta memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa.
Selain itu kepala sekolah juga mengadakan seminar parenting agar orang tua
mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai cara mendidik anak
dalam landasan pembentukan karakter kedisiplinan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan implikasi
sebagai berikut:
1. Kepala sekolah hendaknya mempertahankan kompetensi sosial yang dimiliki
baik dalam bekerja sama dengan pihak yang ada di sekolah dan tetap berperan
aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Karena hal ini dapat memudahkan
kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya .
2. Dalam bekerja sama dengan orang tua siswa, hendaknya kepala sekolah lebih
berupaya semaksimal mungkin dalam melibatkan orang tua siswa agar mau ikut
serta dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan di sekolah, hal ini karena
orang tua memainkan peran penting bagi peningkatan kualitas siswa.
3. Dalam pembentukan kedisiplinan siswa, hendak kepala sekolah dan orang tua
lebih bekerja sama dalam mendidik siswa dan saling berkomunikasi, agar
memudahkan dalam membentuk kedisiplinan siswa.
dalam membangun kerja sama dengan orang tua guna membentuk kedisiplinan siswa
di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui
kompetensi sosial kepala sekolah,
upaya kepala sekolah dalam
membangun kerja sama dengan orang tua siswa dan kontribusi kepala sekolah dan
orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
kualitatif dengan demikian laporan penelitian ini berisi kutipan data untuk
memberikan gambaran penyajian laporan. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi sosial kepala sekolah di
SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe sudah dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan
kepala sekolah bekerja sama dengan pihak yang ada di sekolah yaitu guru, tenaga
kependidikan, komite sekolah dan orang tua siswa. Selain itu kepala sekolah mampu
berperan dalam kegiatan informal diluar sekolah, aktif dalam organisasi sosial
kemasyarakatan, keagamaan, kesenian dan olahraga serta mampu menggali persoalan
dari lingkungan sekolah, menawarkan solusi dan tidak memihak dalam mengatasi
konflik. 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun kerja sama dengan orang tua
guna membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu melalui
cara melibatkan orang tua dalam kegiatan yang diadakan di sekolah baik itu
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah, serta tetap menjalin
komunikasi melalui menginformasikan hal-hal mengenal sekolah maupun siswa,
mengadakan pembagian tugas dan tanggung jawab dengan orang tua siswa dengan
pembagian buku penghubung serta mengadakan kunjungan ke rumah. 3) Kontribusi
kepala sekolah dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir
Fil Jannah Bajoe yaitu dengan saling bekerja sama dalam membina siswa melalui
peningkatan motivasi, memberi contoh yang baik, memberi penyadaran serta
memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa. Selain itu kepala sekolah juga
mengadakan seminar parenting agar orang tua mendapatkan pengetahuan dan
keterampilan mengenai cara mendidik anak dalam landasan pembentukan karakter
kedisiplinan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan sebagai
berikut:
1. Kompetensi sosial kepala sekolah di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe sudah
dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dengan kepala sekolah bekerja sama
dengan pihak yang ada di sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, komite
sekolah dan orang tua siswa. Selain itu kepala sekolah mampu berperan dalam
kegiatan informal diluar sekolah, aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan,
keagamaan, kesenian dan olahraga serta memiliki kepekaan sosial dengan
menggali persoalan dari lingkungan sekolah, menawarkan solusi, tidak
memihak dalam mengatasi konflik, bersikap simpatik dan empatik.
2. Upaya kepala sekolah dalam membangun kerja sama dengan orang tua guna
membentuk kedisiplinan siswa di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu
melalui cara melibatkan orang tua dalam kegiatan yang diadakan di sekolah
baik itu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah, serta tetap
menjalin komunikasi melalui menginformasikan hal-hal mengenal sekolah
maupun siswa, mengadakan pembagian tugas dan tanggung jawab dengan
orang tua siswa dengan pembagian buku penghubung serta mengadakan
kunjungan ke rumah.
3. Kontribusi kepala sekolah dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan siswa
di SD IT Al Amir Fil Jannah Bajoe yaitu dengan saling bekerja sama dalam
membina siswa melalui peningkatan motivasi, memberi contoh yang baik,
memberi penyadaran serta memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa.
Selain itu kepala sekolah juga mengadakan seminar parenting agar orang tua
mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai cara mendidik anak
dalam landasan pembentukan karakter kedisiplinan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan implikasi
sebagai berikut:
1. Kepala sekolah hendaknya mempertahankan kompetensi sosial yang dimiliki
baik dalam bekerja sama dengan pihak yang ada di sekolah dan tetap berperan
aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Karena hal ini dapat memudahkan
kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya .
2. Dalam bekerja sama dengan orang tua siswa, hendaknya kepala sekolah lebih
berupaya semaksimal mungkin dalam melibatkan orang tua siswa agar mau ikut
serta dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan di sekolah, hal ini karena
orang tua memainkan peran penting bagi peningkatan kualitas siswa.
3. Dalam pembentukan kedisiplinan siswa, hendak kepala sekolah dan orang tua
lebih bekerja sama dalam mendidik siswa dan saling berkomunikasi, agar
memudahkan dalam membentuk kedisiplinan siswa.
Ketersediaan
| STAR20200229 | 229/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
229/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
