Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengefektifkan Layanan Administrasi di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
Ari Patama Ramadhan/:02.16.3041 - Personal Name
Skripsi ini membahas strategi kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi di MTs Al-Faaizun Watang Palakka. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui bagaimana cara kepala madrasah dalam mengefektifkan
layanan administrasi dan apa faktor penghambat kepala madrasah dalam
mengefektifkanlayanan administrasi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, maka jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini dengan reduksi data, dalam tahap ini peneliti merangkum,
memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting, dan dicari tema
dan polanya. Kemudian melakukan reduksi data maka tahap selanjutnya adalah
penyajian data. Selanjutnya verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam
penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan cara kepala
madrasah dalam mengefektifkan layanan administrasi di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka yaitu dimulai dari perencanaan tugas-tugas umum, penyusunan program
pendidikan, pengelolaan peserta didik dan penyusunan program dan bimbingan
layanan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa cara kepala madrasah dalam
mengefektifkan layanan administrasi telah berjalan dengan baik terbukti dengan
adanya perencanaan pembagian tugas keadministrasian serta dilaksanakannya
program-program kegiatan untuk mencapai tujuan madrasah secara efektif dan
efisien. Kedua faktor penghambat kepala madarasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi yaitu, layanan administrasi program pendidikan, layanan admnistrasi
kesiswaan, layanan administrasi guru dan pegawai serta layanan ketatalaksanaan,
faktor penghambat berada pada sumber daya manusia yang kurang terampil
khususnya dalam bidang teknologi, upaya yang dilakukan kepala madrasah untuk
mengatasi hambatan tersebut dengan melakukan pengrekrutan pegawai yang ahli
dalam bidang teknologi informasi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Cara kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan administrasi di MTs Al-
Faaaizun Watang Palakka yaitu yaitu dimulai dari perencanaan tugas-tugas
umum, penyusunan program pendidikan, pengelolaan peserta didik dan
penyusunan program dan bimbingan layanan. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa cara kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi telah berjalan dengan baik terbukti dengan adanya perencanaan
pembagian tugas keadministrasian serta dilaksanakannya program-program
kegiatan untuk mencapai tujuan madrasah secara efektif dan efisien.
2. Faktor penghambat kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu mulai dari layanan
administrasi program pendidikan, layanan admnistrasi kesiswaan, layanan
administrasi guru dan pegawai serta layanan ketatalaksanaan yaitu, sumber
daya manusia yang kurang terampil khususnya dalam bidang teknologi, upaya
yang dilakukan kepala madrasah untuk mengatasi hambatan tersebut dengan
melakukan pengrekrutan pegawai yang ahli dalam bidang teknologi .
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian strategi kepala madrasah dalam
mengefektifkan layanan administrasi, maka saran peneliti yang akan sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah tepat memberikan motivasi kepada staf
admnistrasi supaya senantiasa melakukan layanan dengan baik.
2. Hendaknya kepala madrasah mengadakan pelatihan teknologi informasi
terhadap staf administrasi maupun guru agar sumber daya manusia menjadi
terampil dan dapat memudahkan pencapaian tujuan madrasah.
3. Kepada para staf administrasi agar terus mencari dan mengembangkan strategi
program yang sudah berjalan.
administrasi di MTs Al-Faaizun Watang Palakka. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui bagaimana cara kepala madrasah dalam mengefektifkan
layanan administrasi dan apa faktor penghambat kepala madrasah dalam
mengefektifkanlayanan administrasi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, maka jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini dengan reduksi data, dalam tahap ini peneliti merangkum,
memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting, dan dicari tema
dan polanya. Kemudian melakukan reduksi data maka tahap selanjutnya adalah
penyajian data. Selanjutnya verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam
penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan cara kepala
madrasah dalam mengefektifkan layanan administrasi di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka yaitu dimulai dari perencanaan tugas-tugas umum, penyusunan program
pendidikan, pengelolaan peserta didik dan penyusunan program dan bimbingan
layanan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa cara kepala madrasah dalam
mengefektifkan layanan administrasi telah berjalan dengan baik terbukti dengan
adanya perencanaan pembagian tugas keadministrasian serta dilaksanakannya
program-program kegiatan untuk mencapai tujuan madrasah secara efektif dan
efisien. Kedua faktor penghambat kepala madarasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi yaitu, layanan administrasi program pendidikan, layanan admnistrasi
kesiswaan, layanan administrasi guru dan pegawai serta layanan ketatalaksanaan,
faktor penghambat berada pada sumber daya manusia yang kurang terampil
khususnya dalam bidang teknologi, upaya yang dilakukan kepala madrasah untuk
mengatasi hambatan tersebut dengan melakukan pengrekrutan pegawai yang ahli
dalam bidang teknologi informasi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Cara kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan administrasi di MTs Al-
Faaaizun Watang Palakka yaitu yaitu dimulai dari perencanaan tugas-tugas
umum, penyusunan program pendidikan, pengelolaan peserta didik dan
penyusunan program dan bimbingan layanan. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa cara kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi telah berjalan dengan baik terbukti dengan adanya perencanaan
pembagian tugas keadministrasian serta dilaksanakannya program-program
kegiatan untuk mencapai tujuan madrasah secara efektif dan efisien.
2. Faktor penghambat kepala madrasah dalam mengefektifkan layanan
administrasi di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu mulai dari layanan
administrasi program pendidikan, layanan admnistrasi kesiswaan, layanan
administrasi guru dan pegawai serta layanan ketatalaksanaan yaitu, sumber
daya manusia yang kurang terampil khususnya dalam bidang teknologi, upaya
yang dilakukan kepala madrasah untuk mengatasi hambatan tersebut dengan
melakukan pengrekrutan pegawai yang ahli dalam bidang teknologi .
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian strategi kepala madrasah dalam
mengefektifkan layanan administrasi, maka saran peneliti yang akan sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah tepat memberikan motivasi kepada staf
admnistrasi supaya senantiasa melakukan layanan dengan baik.
2. Hendaknya kepala madrasah mengadakan pelatihan teknologi informasi
terhadap staf administrasi maupun guru agar sumber daya manusia menjadi
terampil dan dapat memudahkan pencapaian tujuan madrasah.
3. Kepada para staf administrasi agar terus mencari dan mengembangkan strategi
program yang sudah berjalan.
Ketersediaan
| STAR20200029 | 29/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
29/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
