Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembiasaan Pola Hidup Sehat Pada Siswa Smpn 1 Sibulue Kabupaten Bone
Asniar/ 02.16.1104 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Pembiasaan Pola Hidup Sehat siswa SMPN 1 Sibulue”.Hal yang di kaji dalam skripsi ini
yaitu pelaksanaan peran guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat, upaya guru PAI dalam
pembiasaan pola hidup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue, dan kontrubusi guru PAI dalam
pembiasaan pola hisup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan metode penelitian
kualitatif dengan melakukan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Data di
kumpulkan menggunakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di peroleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriftif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data(data
display) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan peran guru PAI
dalam
Pembiasaan Pola Hidup Sehat di SMPN 1 Sibulue yaitu: (1) guru PAI telah berperan sebagai
pengajar yakni mampu menanamkan motivasi dan keterampilan dalam berkomunikasi siswa
(2) guru PAI telah berperan sebagai pendidik dengan cara mengembangkan kepribadian
siswa itu adalah pembentukan karakter. (3)guru PAI telah berperan sebagai inspirator yakni
memberikan stimulus bagi kemajuan belajar siswa ,memberikan petunjuk cara belajar yang
baik serta memberikan inspirasi bagi kemajuan pribadi siswa.(4) guru PAI telah berperan
sebagai pengarah mengajarkan siswa memecahkan berbagai masalah dan mengarahkan siswa
mengembangkan berbagai potensi. (5) guru PAI berperan sebagai motivator yakni
mendorong siswa agar semangat dan aktif dalam belajar, mampu menganalisis faktor siswa
malas belajar dan memberikan motivasi dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Upaya
guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue yaitu: (1)
penasehatan, memberikan nasehat dalam mendidik siswa untuk pembentukan karakter siswa
serta nasehat agar siswa selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah.(2)
pembiasaan, membiasakan siswa untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-
nilai norma yang berlaku dan membiasakan kegiatan seperti membuang sampah pada
tempatnya, mencuci tangan dan membersikan halaman sekolah. (3) keteladanan, memberikan
contoh kepada siswa agar mampu memahami pentingnya hidup sehat dan memberikan
contoh kepada siswa agar membiasakan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah maupun
di luar sekolah. Kontribusi guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat yaitu: (1) membina
PBHS melaui UKS. (2) mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun. (3)
membuang sampah pada tempatnya.(4) menyediakan tempat sampah di dalam dan luar
ruangan yang memiliki tutup atas agar tidak berserakan .
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat
megemukakan kesimpulan skripsi berikut:
1. Pelaksanaan peran guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sibulue yaitu: guru
PAI telah berperan sebagai pengajar yaitu mampu menanamkan motivasi dan
keterampilan dalam berkomunikasi siswa. Guru PAI telah berperan sebagai
pendidik dengan cara mengembangkan kepribadian siswa itu adalah pembentukan
karakter, SMP Negeri 1 sibulue. Guru PAI telah berperan sebagai inspirator yakni
memberikan stimulus bagi kemajuan belajar siswa, memberikan petunjuk cara
belajar yang baik serta memberikan inspirasi bagi kemajuan pribadi siswa.Guru
PAI telah berperan sebagai pengarah mengajarkan siswa dalam memecahakan
berbagai permasalahan dan mengarahkan siswa dalam mengembangkan potensi.
Guru PAI telah berperan sebagai motivator yakni mendorong siswa agar
bersemangat dan aktif dalam belajar, mampu menganalisis faktor siswa malas
belajar dan penyebab menurunnya prestasi siswa dalam belajar, dan mampu
memberikan motivasi dengan memperhatikan kebutuhan siswa.
2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan pola hidup sehat siswa
SMPN 1 Sibulue yaitu: pertama,penasehatan yaitu memberikan nasehat dalam
mendidik siswa untuk pembentukan karakter siswa. Serta nasehat pada siswa agar
selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah. Membiasakan siswa
untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku,
danmembiasakan kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, mencuci
tangan dan membersihkan halaman sekolah.Keteladanan, yaitu memberikan
contoh kepada siswa agar mampu memahami pentingnya hidup sehat dan
memberikancontoh kepada siswa agar membiasakan menjaga kebersihan di
lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
3. Konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan pola hidup sehat
pada siswa SMP Negeri 1 Sibulue yaitu:membina PHBS melalui UKS mencuci
tangan dengan air mengalir dan memakai sabun serta membuang sampah di
tempatnya. Selain itu mereka menyediakan tempat sampah di dalam dan luar ruangan
yang memiliki tutup atas agar tidak berserakan dan setiap kelas menyediakan sampah
harus tempat sampah.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru PAI agar bekerja sama menjaga
kebersihan di sekolah.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya melaksanakan peran dan tanggung
jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan setiap siswa.
3. Diharapkan skirpsi ini dapat memberikan konstribusi di dalam dunia pendidikan
formal, non formal maupun pendidikan informal
Pembiasaan Pola Hidup Sehat siswa SMPN 1 Sibulue”.Hal yang di kaji dalam skripsi ini
yaitu pelaksanaan peran guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat, upaya guru PAI dalam
pembiasaan pola hidup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue, dan kontrubusi guru PAI dalam
pembiasaan pola hisup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut digunakan metode penelitian
kualitatif dengan melakukan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Data di
kumpulkan menggunakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di peroleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriftif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data(data
display) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan peran guru PAI
dalam
Pembiasaan Pola Hidup Sehat di SMPN 1 Sibulue yaitu: (1) guru PAI telah berperan sebagai
pengajar yakni mampu menanamkan motivasi dan keterampilan dalam berkomunikasi siswa
(2) guru PAI telah berperan sebagai pendidik dengan cara mengembangkan kepribadian
siswa itu adalah pembentukan karakter. (3)guru PAI telah berperan sebagai inspirator yakni
memberikan stimulus bagi kemajuan belajar siswa ,memberikan petunjuk cara belajar yang
baik serta memberikan inspirasi bagi kemajuan pribadi siswa.(4) guru PAI telah berperan
sebagai pengarah mengajarkan siswa memecahkan berbagai masalah dan mengarahkan siswa
mengembangkan berbagai potensi. (5) guru PAI berperan sebagai motivator yakni
mendorong siswa agar semangat dan aktif dalam belajar, mampu menganalisis faktor siswa
malas belajar dan memberikan motivasi dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Upaya
guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat pada siswa SMPN 1 Sibulue yaitu: (1)
penasehatan, memberikan nasehat dalam mendidik siswa untuk pembentukan karakter siswa
serta nasehat agar siswa selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah.(2)
pembiasaan, membiasakan siswa untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-
nilai norma yang berlaku dan membiasakan kegiatan seperti membuang sampah pada
tempatnya, mencuci tangan dan membersikan halaman sekolah. (3) keteladanan, memberikan
contoh kepada siswa agar mampu memahami pentingnya hidup sehat dan memberikan
contoh kepada siswa agar membiasakan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah maupun
di luar sekolah. Kontribusi guru PAI dalam pembiasaan pola hidup sehat yaitu: (1) membina
PBHS melaui UKS. (2) mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun. (3)
membuang sampah pada tempatnya.(4) menyediakan tempat sampah di dalam dan luar
ruangan yang memiliki tutup atas agar tidak berserakan .
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat
megemukakan kesimpulan skripsi berikut:
1. Pelaksanaan peran guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sibulue yaitu: guru
PAI telah berperan sebagai pengajar yaitu mampu menanamkan motivasi dan
keterampilan dalam berkomunikasi siswa. Guru PAI telah berperan sebagai
pendidik dengan cara mengembangkan kepribadian siswa itu adalah pembentukan
karakter, SMP Negeri 1 sibulue. Guru PAI telah berperan sebagai inspirator yakni
memberikan stimulus bagi kemajuan belajar siswa, memberikan petunjuk cara
belajar yang baik serta memberikan inspirasi bagi kemajuan pribadi siswa.Guru
PAI telah berperan sebagai pengarah mengajarkan siswa dalam memecahakan
berbagai permasalahan dan mengarahkan siswa dalam mengembangkan potensi.
Guru PAI telah berperan sebagai motivator yakni mendorong siswa agar
bersemangat dan aktif dalam belajar, mampu menganalisis faktor siswa malas
belajar dan penyebab menurunnya prestasi siswa dalam belajar, dan mampu
memberikan motivasi dengan memperhatikan kebutuhan siswa.
2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan pola hidup sehat siswa
SMPN 1 Sibulue yaitu: pertama,penasehatan yaitu memberikan nasehat dalam
mendidik siswa untuk pembentukan karakter siswa. Serta nasehat pada siswa agar
selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah. Membiasakan siswa
untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku,
danmembiasakan kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, mencuci
tangan dan membersihkan halaman sekolah.Keteladanan, yaitu memberikan
contoh kepada siswa agar mampu memahami pentingnya hidup sehat dan
memberikancontoh kepada siswa agar membiasakan menjaga kebersihan di
lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
3. Konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembiasaan pola hidup sehat
pada siswa SMP Negeri 1 Sibulue yaitu:membina PHBS melalui UKS mencuci
tangan dengan air mengalir dan memakai sabun serta membuang sampah di
tempatnya. Selain itu mereka menyediakan tempat sampah di dalam dan luar ruangan
yang memiliki tutup atas agar tidak berserakan dan setiap kelas menyediakan sampah
harus tempat sampah.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru PAI agar bekerja sama menjaga
kebersihan di sekolah.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya melaksanakan peran dan tanggung
jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan setiap siswa.
3. Diharapkan skirpsi ini dapat memberikan konstribusi di dalam dunia pendidikan
formal, non formal maupun pendidikan informal
Ketersediaan
| STAR20210142 | 142/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
142/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skrpsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
