Penerapan Metode Mumtaz Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pada MTS An- Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone).
Herlina/02.14.20.07 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Metode Mumtaz Untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pada
MTS An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone). Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni, bagaimana penerapan metode mumtaz di MTS An-Nahdah
Kanco, bagaimana minat belajar Bahasa Arab siswa dalam penerapan metode
Mumtaz di MTS An-Nahdah Kanco.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode Mumtaz di
MTS An-Nahdah Kanco sangat dibutuhkan dimana metode ini sangat membantu
siswa untuk focus dalam belajar, semangat dalam belajar, menumbuhkan keaktifan
siswa serta dapat menarik minat siswa secara efektif. Melalui metode Mumtaz siswa
yang terasa bosan dalam belajar mulai memperhatikan pelajaran. Dimana metode ini
dapat membantu mempermudah siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan juga
dengan adanya perhatian guru terhadap siswa, seperti memberikan semangat, motifasi
dan arahan sehingga siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar. Kedua,
minat belajar siswa di kelas VII MTS An-Nahdah Kanco dalam penggunaan metode
Mumtaz dapat meningkat. Dimana siswa-siswa baru mengenal yang Namanya
pelajaran Bahasa Arab. Dan dengan penggunaan metode Mumtaz dapat membantu
siswa focus dalam belajar, aktif dalam belajar, serta dapat memberikan manfaat
kepada siswa, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam belajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode Mumtaz di MTS An-Nahdah Kanco sangat dibutuhkan
dimana metode ini dapat membantu siswa untuk fokus dalam belajar,
semangat dalam belajar,menumbuhkan keaktifan siswa serta dapat menarik
minat siswa secara efektif. Melalui metode Mumtaz siswa yang terasa bosan
dalam belajar mulai memperhatikan pelajaran. Dimana metode ini dapat
membantu mempermudah siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan juga
dengan adanya perhatian guru terhadap siswa, seperti memberikan semangat,
motifasi, dan arahan sehingga siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam
belajar.
2. Minat belajar siswa di kelas VII MTS An-Nahdah Kanco dalam penggunaan
metode Mumtaz dapat meningkat. Dimana siswa-siswa baru mengenal yang
Namanya pelajaran Bahasa Arab. Dengan penggunaan metode Mumtaz dapat
membantu siswa fokus dalam belajar, aktif dalam belajar, serta dapat
memberikan manfaat kepada siswa, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam
belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik.
2. Hendaknya guru dan orangtua siswa bekerjasama dalam pemberian motifasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pada
MTS An-Nahdah Kanco Kecamatan Cina Kabupaten Bone). Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni, bagaimana penerapan metode mumtaz di MTS An-Nahdah
Kanco, bagaimana minat belajar Bahasa Arab siswa dalam penerapan metode
Mumtaz di MTS An-Nahdah Kanco.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif (Qualitatif Research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode Mumtaz di
MTS An-Nahdah Kanco sangat dibutuhkan dimana metode ini sangat membantu
siswa untuk focus dalam belajar, semangat dalam belajar, menumbuhkan keaktifan
siswa serta dapat menarik minat siswa secara efektif. Melalui metode Mumtaz siswa
yang terasa bosan dalam belajar mulai memperhatikan pelajaran. Dimana metode ini
dapat membantu mempermudah siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan juga
dengan adanya perhatian guru terhadap siswa, seperti memberikan semangat, motifasi
dan arahan sehingga siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar. Kedua,
minat belajar siswa di kelas VII MTS An-Nahdah Kanco dalam penggunaan metode
Mumtaz dapat meningkat. Dimana siswa-siswa baru mengenal yang Namanya
pelajaran Bahasa Arab. Dan dengan penggunaan metode Mumtaz dapat membantu
siswa focus dalam belajar, aktif dalam belajar, serta dapat memberikan manfaat
kepada siswa, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam belajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode Mumtaz di MTS An-Nahdah Kanco sangat dibutuhkan
dimana metode ini dapat membantu siswa untuk fokus dalam belajar,
semangat dalam belajar,menumbuhkan keaktifan siswa serta dapat menarik
minat siswa secara efektif. Melalui metode Mumtaz siswa yang terasa bosan
dalam belajar mulai memperhatikan pelajaran. Dimana metode ini dapat
membantu mempermudah siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan juga
dengan adanya perhatian guru terhadap siswa, seperti memberikan semangat,
motifasi, dan arahan sehingga siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam
belajar.
2. Minat belajar siswa di kelas VII MTS An-Nahdah Kanco dalam penggunaan
metode Mumtaz dapat meningkat. Dimana siswa-siswa baru mengenal yang
Namanya pelajaran Bahasa Arab. Dengan penggunaan metode Mumtaz dapat
membantu siswa fokus dalam belajar, aktif dalam belajar, serta dapat
memberikan manfaat kepada siswa, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam
belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik.
2. Hendaknya guru dan orangtua siswa bekerjasama dalam pemberian motifasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Ketersediaan
| ST20180280 | 280/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
280/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
