Urgensi Evaluasi Kurikulum Dalam meningkatkan Prestasi Siswa di Min 3 Bone Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Evaluasi Kurikulum Dalam
meningkatkan Prestasi Siswa di Min 3 Bone Kab Bone”. Penelitian ini merumuskan
tiga masalah yaitu: pertama bagaimana urgensi evaluasi kurikulum di Min 3 Bone.
Kedua, bagaimana prestasi siswa di Min 3 Bone. Ketiga, bagaiman kontribusi
evaluasi kurikulum dalam meningkatkan prestasi siswa di Min 3 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk, Pertama untuk mengetahui urgensi evaluasi kurikulum di Min 3
Bone. Kedua, untuk mengetahui prestasi siswa di Min3 Bone. Ketiga, untuk
mengetahui kontribusi evaluasi kurikulum dalam meningkatkan prestasi siswa di Min
3 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode redukasi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan kehal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama urgensi Evaluasi kurikulum di
Min 3 Bone Kab. Bone memiliki peranan sebagai arah yang digunakan dalam acuan
pencapaian visi dan misi pendidikan. Agar kurikulum pendidikan itu tercapai sesuai
relevansinya diperlukan sebagai macam upaya dalam proses pelaksanaannya. Salah
satu yang paling penting adalah evaluasi kurikulum serta dapat dilihat dari berbagai
hal, khususnya dalam evaluasi kurikulum dapat menyajikan informasi mengenai
kesesuaian, efektifitas dan efisiensi kurikulum tersebut terhadap tujuan yang ingin
dicapai dan penggunaan sumber daya. Evaluasi kurikulum juga dapat menilai
kebaikan kurikulum apakah kurikulum tersebut masih tetap dilaksanakan atau tidak,
yang dikenal evaluasi sumatif. Pentingnya evaluasi kurikulum yaitu sebagai kontrol
dan tolak ukur terintegrasi perencanaan, proses, dan hasil pendidikan. Meskipun pada
dasarnya makna evaluasi sangatlah luas, dilakukan secara berkelanjutan, namun pada
konteks evaluasi kurikulum lebih menekankan pada desain dan implementasi
kurikulum, serta kemajuan-kemajuan setiap unsur pendidikan. Kedua Prestasi siswa
di Min 3 Bone Kab. Bone dapat dikatakan berkembang dilihat dari keseluruhan aspek
prestasi siswa baik itu prestasi yang bersifat kognitif, prestasi yang bersifat afektif
dan prestasi yang bersifat psikomotorik peserta didik. Ketiga dari prestasi dapat
dicapai melalui proses belajar mengajar yang baik. Hasil belajar adalah hasil yang
dicapai dari proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan sehingga hasil
belajar harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Manusia mempunyai potensi perilaku
kejiwaan yang dapat dididik dan diubah perilakunya yang meliputi domain
kognitif,afektif dan psikomotorik. Ketiga urgensi evaluasi kurikulum telah
berkontribusi dalam meningkatkan prestasi siswa di Min 3 Bone. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efesien, dan
terbentuknya peserta didik yang berkualitas, serta evaluasi kurikulum terlaksana
dengan baik sehingga pencapaian tujuan oleh peserta didik dapat tercapai. Dalam
Evaluasi kurikulum memiliki peran yang sangat penting karena evaluasi kurikulum
ditandai dengan adanya peningkatan belajar siswa serta dapat mendukung
peningkatan prestasi sisiwa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Urgensi evaluasi kurikulum di Min 3 Bone kurikulum memiliki peranan
sebagai arah yang digunakan dalam acuan pencapaian visi dan misi
pendidikan. Agar kurikulum pendidikan itu tercapai sesuai relevansinya
diperlukan sebagai macam upaya dalam proses pelaksanaannya. Salah satu
yang paling penting adalah evaluasi kurikulum serta dapat dilihat dari berbagai
hal, khususnya dalam evaluasi kurikulum dapat menyajikan informasi
mengenai kesesuaian, efektifitas dan efisiensi kurikulum tersebut terhadap
tujuan yang ingin dicapai dan penggunaan sumber daya. Evaluasi kurikulum
juga dapat menilai kebaikan kurikulum apakah kurikuum tersebut masih tetap
dilaksanakan atau tidak, yang dikenal evaluasi sumatif. Pentingnya evaluasi
kurikulum yaitu sebagai kontrol dan tolak ukur terintegrasi perencanaan,
proses, dan hasil pendidikan. Meskipun pada dasarnya makna evaluasi
sangatlah luas, dilakukan secara berkelanjutan, namun pada konteks evaluasi
kurikulum lebih menekankan pada desain dan implementasi kurikulum, serta
kemajuan-kemajuan setiap unsur pendidikan.
2. Peningkatan Prestasi siswa di Min 3 Bone Kab. Bone dapat dikatakan
berkembang dilihat dari keseluruhan aspek prestasi siswa baik itu prestasi yang
bersifat kognitif, prestasi yang bersifat afektif dan prestasi yang bersifat
psikomotorik peserta didik. Karena ketiga dari prestasi dapat dicapai melalui
proses belajar mengajar. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai dari proses
belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan sehingga hasil belajar harus
sesuai dengan tujuan pendidikan. Manusia mempunyai potensi perilaku
kejiwaan yang dapat dididik dan diubah perilakunya yang meliputi domain
kognitif,afektif dan psikomotorik.
3. Evaluasi kurikulum telah berkontribusi dalam meningkatkan prestasi siswa di
Min 3 Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terciptanya proses belajar
mengajar yang efektif dan efesien, dan terbentuknya peserta didik yang
berkualitas, serta evaluasi kurikulum terlaksana dengan baik sehingga
pencapaian tujuan oleh peserta didik dapat tercapai. Dalam Evaluasi kurikulum
memiliki peran yang sangat penting karena evaluasi kurikulum ditandai
dengan adanya peningkatan belajar siswa serta dapat mendukung peningkatan
prestasi sisiwa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Urgensi evluasi kurikulum dalam
meningkatkan prestasi siswa, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu
sebagai berikut:
1. Untuk mengelola evaluasi kurikulum hendaknya melibatkan semua komponen
agar apa yang diharapkan dalam tujuan kurikulum bisa terlaksana dan
diharapkan memperhatikan isi, tujuan pendidikan dan yang paling utama
adalah melihat karakteristik, motivasi, dan minat dalam proses pembelajaran
agar kualitas pelajaran sehingga peserta didik mampu mengikuti
perkembangan pendidikan sesuai standar kurikulum yang berjalan.
2. Untuk meningkatkan prestasi siswa, diperlukan adanya evaluasi kurikulum
untuk mencapai tujuan pendidikan dan kurikulum itu sendiri, seiring
berjalanya waktu dan praktik pendidikan yang harus disesuaikan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Karena
kurikulum itu sendiri bersifat dinamis maka dalam praktik dan
perkembangannya membutuhkan evaluasi untuk meningkatkan prestasi siswa.
3. Untuk mengetahui kontribusi urgensi evaluasi kurikulum dalam meningkatkan
prestasi siswa dapat dilihat dari tercapainya proses belajar mengajar yang
efektif dan efisien sehingga dapat terbentuk peserta didik yang berkualitas.
Serta dapat meninjau kemajuan pendidikan sehingga evaluasi kurikulum dapat
digunakan untuk meningkatkan kinerja guru agar prestasi siswa dapat terjaga.
Ketersediaan
ST2019009292/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

92/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top