Implementasi Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Pengadaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone
Hardianti/2.15.3193 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Perencanaan Sumber Daya
Manusia dalam Pengadaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone”. Penelitian ini merumuskan tiga masalah yaitu: pertama
bagaimana implementasi perencanaan sumber daya manusia di SD IT Asshiddiq Kab.
Bone ? kedua, bagaimana pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD
IT Asshiddiq Kab. Bone ? ketiga, bagaimana kontribusi perencanaan sumber daya
manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone ?. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama untuk mengetahui
implementasi perencanaan sumber daya manusia di SD IT Asshiddiq Kab. Bone.
Kedua, untuk mengetahui pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD
IT Asshiddiq Kab. Bone. Ketiga, untuk mengetahui kontribusi perencanaan sumber
daya manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, implementasi perencanaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone memiliki
peranan sebagai acuan dalam proses pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan. Agar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada disekolah
berkompeten, sesuai kualifikasi dan memiliki jumlah yang sesuai dengan kebutuhan,
diperlukan adanya perencanaan dalam proses pengadaannya. Kedua, pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone telah
terlaksana dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan pengadaan dengan
baik dan sistematis mulai dari pengumuman formasi, seleksi, orientasi hingga
penempatan. Ketiga, implementasi perencanaan sumber daya manusia telah
berkontribusi dalam pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
hasil pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten,
berkualifikasi sesuai kebutuhan serta penempatan yang tepat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone memiliki peranan sebagai acuan dalam proses pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Agar tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan yang ada disekolah berkompeten, sesuai kualifikasi dan memiliki
jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, diperlukan adanya perencanaan dalam
proses pengadaannya. Perencanaan sumber daya manusia dijadikan sebagai
pedoman dan dasar kontrol dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan. Perencanaan sumber daya manusia yang baik harus jelas,
menyeluruh, serta berorientasi pada tujuan dalam hal ini berorientasi pada
keberhasilan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab.
Bone telah terlaksana dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan
pengadaan dengan baik dan sistematis mulai dari pengumuman formasi, seleksi,
orientasi hingga penempatan. Dengan proses pengadaan yang baik dan terarah,
maka tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang diterima akan sesuai
dengan kualifikasi yang tepat dengan kebutuhan sekolah.
3. Implementasi perencanaan sumber daya manusia telah berkontribusi dalam
pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten, berkualifikasi
yang sesuai kebutuhan. Perencanaan sumber daya manusia merupakan hal yang
pokok dan penting dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
karena perencanaan merupakan serangkain proses untuk menentukan pedoman
dalam penetapan kualifikasi, kuantitas maupun penempatan tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan yang akan diadakan. Tanpa adanya perencanaan sumber
daya manusia yang baik, pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan tidak akan efektif sehingga tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan yang diterima nantinya tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Hal tersebut dapat mempengaruhi efektivitas dan efesiensi dalam pencapaian
visi, misi dan tujuan sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang implementasi perencanaan sumber
daya manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk perencanaan sumber daya manusia yang baik hendaknya dilakukan
dengan cermat dengan melihat analisis kebutuhan serta aspek-aspek lainnya
agar rencana yang hasilkan jelas, bersifat menyeluruh dan berorientasi pada
tujuan pendidikan.
2. Untuk pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, diperlukan adanya
rencana yang matang yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan
pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Pengadaan tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya terarah dan sistematis agar
pegawai diterima qualified dan sesuai kebutuhan sekolah.
Manusia dalam Pengadaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone”. Penelitian ini merumuskan tiga masalah yaitu: pertama
bagaimana implementasi perencanaan sumber daya manusia di SD IT Asshiddiq Kab.
Bone ? kedua, bagaimana pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD
IT Asshiddiq Kab. Bone ? ketiga, bagaimana kontribusi perencanaan sumber daya
manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone ?. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama untuk mengetahui
implementasi perencanaan sumber daya manusia di SD IT Asshiddiq Kab. Bone.
Kedua, untuk mengetahui pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD
IT Asshiddiq Kab. Bone. Ketiga, untuk mengetahui kontribusi perencanaan sumber
daya manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, implementasi perencanaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone memiliki
peranan sebagai acuan dalam proses pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan. Agar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada disekolah
berkompeten, sesuai kualifikasi dan memiliki jumlah yang sesuai dengan kebutuhan,
diperlukan adanya perencanaan dalam proses pengadaannya. Kedua, pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone telah
terlaksana dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan pengadaan dengan
baik dan sistematis mulai dari pengumuman formasi, seleksi, orientasi hingga
penempatan. Ketiga, implementasi perencanaan sumber daya manusia telah
berkontribusi dalam pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab. Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
hasil pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten,
berkualifikasi sesuai kebutuhan serta penempatan yang tepat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi perencanaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone memiliki peranan sebagai acuan dalam proses pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Agar tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan yang ada disekolah berkompeten, sesuai kualifikasi dan memiliki
jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, diperlukan adanya perencanaan dalam
proses pengadaannya. Perencanaan sumber daya manusia dijadikan sebagai
pedoman dan dasar kontrol dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan. Perencanaan sumber daya manusia yang baik harus jelas,
menyeluruh, serta berorientasi pada tujuan dalam hal ini berorientasi pada
keberhasilan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT Asshiddiq Kab.
Bone telah terlaksana dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan
pengadaan dengan baik dan sistematis mulai dari pengumuman formasi, seleksi,
orientasi hingga penempatan. Dengan proses pengadaan yang baik dan terarah,
maka tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang diterima akan sesuai
dengan kualifikasi yang tepat dengan kebutuhan sekolah.
3. Implementasi perencanaan sumber daya manusia telah berkontribusi dalam
pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SD IT
Asshiddiq Kab. Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil pengadaan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten, berkualifikasi
yang sesuai kebutuhan. Perencanaan sumber daya manusia merupakan hal yang
pokok dan penting dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
karena perencanaan merupakan serangkain proses untuk menentukan pedoman
dalam penetapan kualifikasi, kuantitas maupun penempatan tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan yang akan diadakan. Tanpa adanya perencanaan sumber
daya manusia yang baik, pelaksanaan pengadaan tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan tidak akan efektif sehingga tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan yang diterima nantinya tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Hal tersebut dapat mempengaruhi efektivitas dan efesiensi dalam pencapaian
visi, misi dan tujuan sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang implementasi perencanaan sumber
daya manusia dalam pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk perencanaan sumber daya manusia yang baik hendaknya dilakukan
dengan cermat dengan melihat analisis kebutuhan serta aspek-aspek lainnya
agar rencana yang hasilkan jelas, bersifat menyeluruh dan berorientasi pada
tujuan pendidikan.
2. Untuk pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, diperlukan adanya
rencana yang matang yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan
pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Pengadaan tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya terarah dan sistematis agar
pegawai diterima qualified dan sesuai kebutuhan sekolah.
Ketersediaan
| ST20190086 | 86/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
86/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
