Penggunaan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Qur’an Hadis di MI Nurul Ulum Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab.Bone.
Nurhana/02.14.5007 - Personal Name
Skripsi ini berisi tentang Penggunaan Metode Resitasi dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Qur’an Hadis di MI Nurul Ulum
Bajoe Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone. Latar belakang dari penulisan skripsi ini
yaitu selama ini seringkali metode resitasi dianggap sebagai alternatif untuk
menambah beban belajar siswa tanpa memberikan kesan. Begitupula pembelajaran
Qur’an Hadis sangat penting untuk dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah sebagai
bekal bagi peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berpegang teguh pada al-
Qur’an dan Hadis sebagai sumber hukum ajaran Islam. Suber data dari penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Qur’an Hadis dan siswa kelas IV MI
Nurul Ulum Bajoe. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif kualitatif.Adapun instrumen dalam penelitian ini yaitu
pedoman observasi dan wawancara.Hal yang menjadi kajian dalam penelitian ini
yaitu mengenai langkah-langkah guru dalam menerapkan metode resitasi pada
pembelajaran Qur’an Hadis dalam rangka meningkatkan prestasi belajarsiswa.Selai
nitu, hal yang penting dari penelitian ini adalah tentang hasil prestasi belajar
siswasetelah diterapkannya metode resitasi dalam pembelajaran Qur’an Hadikelas IV
MI Nurul Ulum Bajoe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metoderesitasi dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan melihat beberapa indikator pencapaian
siswa dalam proses pembelajaran pada matapelajaran Qur’an Hadis. Penilaian tersebu
tterlihat dari tiga aspek yaitu aspekk ognitif yang terdiri dari pengetahuan,
pemahaman, penerapan dan analisis.Dari aspek afektif mencakup penerimaan
berkaitan dengan respon siswa terhadap materi pemebelajaran, merespon yang
mencakup partisipasi dan reaksi siswa terhadap konsep pembelajaran yang
diterimanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang dilakukan oleh penulis dan
diuraikan pada bab III mengenai “Penggunaan Metode Resitasi dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Qur’an Hadis di MI Nurul Ulum
Bajoe Kec. Tanete Riattng Timur Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penggunaan metode resitasi pada pembelajaran Qur’an Hadis sudah
dilaksanakan dengan baik di kelas IV di MI Nurul Ulum Bajoe karena guru
sudah melakukan langkah-langkah yang efektif dalam menerapkan metode
rsitasi yaitu melakukan persiapan dan merumuskan tujuan, memberikan tugas
dan penjelasan, melakukan pengawasan (pengontrolan) dan mengadakan
pemeriksaan dan koreksi dari hasil pekerjaan siswa.
2. Prestasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Qur’an Hadis meningkat
setelah menerapkan metode resitasi. Peningkatan prestasi belajar siswa dilihat
dari tiga aspek yaitu kognitif yang terdiri dari pengetahuan, pemahaman dan
penerapan. Aspek fektif yang terdiri dari menerima dan merespon
pembelajaran. Aspek psikomotorik yang meliputi keterampilan siswa dalam
menghapal dan menuliskan materi dan bahan pada pembelajaran Qur’an
Hadis.
B. Implikasi
Setelah menguraikan kesimpulan, maka penulis memberikan beberapa
implikasi terhadap MI Nurul Ulum Bajoe Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone
begitupula untuk semua pihak yang terkait. Adapun implikasi dari penelitian ini
yaitu:
1. Bagi MI Nurul Ulum Bajoe
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk memperhatikan
tentang perlunya kualitas pembelajaran melalui peningkatan metode
pembelajaran dan sarana yang mendukung peningkatan prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru
Penggunaan metode resitasi untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa.Sebagai seorang pendidik yang merupakan panutan bagi semua peserta
didik, hendaknya guru dapat menerapkan metode resitasi secara efisien dan
efektif untuk, memberikan bimbingan dan dorongan kuat dalam rangka
peningkatan prestasi belajar siswa.
3. Bagi siswa
Kepada siswa hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengerjakan
tugas yang diberikan kepada guru baik dalam bentuk lisan maupun tulisan
untuk meningkatkan prestasi pembelajaran.
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Qur’an Hadis di MI Nurul Ulum
Bajoe Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone. Latar belakang dari penulisan skripsi ini
yaitu selama ini seringkali metode resitasi dianggap sebagai alternatif untuk
menambah beban belajar siswa tanpa memberikan kesan. Begitupula pembelajaran
Qur’an Hadis sangat penting untuk dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah sebagai
bekal bagi peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang berpegang teguh pada al-
Qur’an dan Hadis sebagai sumber hukum ajaran Islam. Suber data dari penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Qur’an Hadis dan siswa kelas IV MI
Nurul Ulum Bajoe. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif kualitatif.Adapun instrumen dalam penelitian ini yaitu
pedoman observasi dan wawancara.Hal yang menjadi kajian dalam penelitian ini
yaitu mengenai langkah-langkah guru dalam menerapkan metode resitasi pada
pembelajaran Qur’an Hadis dalam rangka meningkatkan prestasi belajarsiswa.Selai
nitu, hal yang penting dari penelitian ini adalah tentang hasil prestasi belajar
siswasetelah diterapkannya metode resitasi dalam pembelajaran Qur’an Hadikelas IV
MI Nurul Ulum Bajoe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metoderesitasi dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan melihat beberapa indikator pencapaian
siswa dalam proses pembelajaran pada matapelajaran Qur’an Hadis. Penilaian tersebu
tterlihat dari tiga aspek yaitu aspekk ognitif yang terdiri dari pengetahuan,
pemahaman, penerapan dan analisis.Dari aspek afektif mencakup penerimaan
berkaitan dengan respon siswa terhadap materi pemebelajaran, merespon yang
mencakup partisipasi dan reaksi siswa terhadap konsep pembelajaran yang
diterimanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang dilakukan oleh penulis dan
diuraikan pada bab III mengenai “Penggunaan Metode Resitasi dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Qur’an Hadis di MI Nurul Ulum
Bajoe Kec. Tanete Riattng Timur Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penggunaan metode resitasi pada pembelajaran Qur’an Hadis sudah
dilaksanakan dengan baik di kelas IV di MI Nurul Ulum Bajoe karena guru
sudah melakukan langkah-langkah yang efektif dalam menerapkan metode
rsitasi yaitu melakukan persiapan dan merumuskan tujuan, memberikan tugas
dan penjelasan, melakukan pengawasan (pengontrolan) dan mengadakan
pemeriksaan dan koreksi dari hasil pekerjaan siswa.
2. Prestasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Qur’an Hadis meningkat
setelah menerapkan metode resitasi. Peningkatan prestasi belajar siswa dilihat
dari tiga aspek yaitu kognitif yang terdiri dari pengetahuan, pemahaman dan
penerapan. Aspek fektif yang terdiri dari menerima dan merespon
pembelajaran. Aspek psikomotorik yang meliputi keterampilan siswa dalam
menghapal dan menuliskan materi dan bahan pada pembelajaran Qur’an
Hadis.
B. Implikasi
Setelah menguraikan kesimpulan, maka penulis memberikan beberapa
implikasi terhadap MI Nurul Ulum Bajoe Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone
begitupula untuk semua pihak yang terkait. Adapun implikasi dari penelitian ini
yaitu:
1. Bagi MI Nurul Ulum Bajoe
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk memperhatikan
tentang perlunya kualitas pembelajaran melalui peningkatan metode
pembelajaran dan sarana yang mendukung peningkatan prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru
Penggunaan metode resitasi untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa.Sebagai seorang pendidik yang merupakan panutan bagi semua peserta
didik, hendaknya guru dapat menerapkan metode resitasi secara efisien dan
efektif untuk, memberikan bimbingan dan dorongan kuat dalam rangka
peningkatan prestasi belajar siswa.
3. Bagi siswa
Kepada siswa hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengerjakan
tugas yang diberikan kepada guru baik dalam bentuk lisan maupun tulisan
untuk meningkatkan prestasi pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20180277 | 277/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
277/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
