Pengaruh Penggunaan Digital Islamic Network Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Secara Online (Studi Pada Bank Muamalat KCP Bone)
Ella Etrianingsi/01.16.5079 - Personal Name
Bank sebagai lembaga keuangan yang bergerak dibidang jasa perbankan,
bank menawarkan begitu banyak layanan untuk memberikan kemudahan bagi
para nasabahnya. Salah satunya yaitu menawarkan layanan Mobile Banking yang
membantu para nasabah untuk bertransaksi secara mudah, aman, nyaman, dan
cepat tanpa harus mengantri lama di bank. Setiap bank memiliki nama layanan
Mobile Banking masing-masing seperti bank Mumalat memberikan nama layanan
Mobile Bankingnya yaitu Digital Islamic Network.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan
Digital islamic Network terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online
(studi pada Bank Muamalat KCP Bone). Jenis penelitian yang digunakan adalah
field research(penelitian lapangan)dengan menggunakan metode kuantitatif.
Sampel penelitian yaitu nasabah Bank Muamalat yang berjumlah 100 orang.
Pengujian data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistic 20. Adapun dari
hasil penelitian dan hasil olah data diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh
signifikan antara variabel penggunaan Digital Islamic Network terhadap minat
nasabah dalam bertransaksi secara online (studi pada bank Muamalat KCP Bone).
Pernyataan ini dibuktikan dengan hasil olah data uji regresi diperoleh koefisien
regresi sebesar 0,502 yang berartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap
variabel Y adalah positif. Selanjutnya pada hasil uji t diperoleh nilai signifikan
sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 15,225 > ttabel 1,984, sehingga H0 ditolak dan
H1 diterima yang berarti penggunaan Digital Islamic Network berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online. Sedangkan
untuk hasil uji koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,703 atau 70,3% yang
membuktikan bahwa pengaruh variabel penggunaan Digital Islamic Network
terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online sebesar 70,3% dan
sisanya 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian
ini. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan Digital Islamic
Network dapat menjadi daya tarik yang dapat mempengaruhi minat nasabah Bank
Muamalat KCP Bone dalam melakukan transaksi secara digital atau online,
karena memberikan kemudahan penggunaanya baik dari segi transaksi maupun
dari segi informasi.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian dan analisis data untuk mengetahui apakah
ada pengaruh penggunaan Digital Islamic Network terhadap minat nasabah
dalam bertransaksi secara online studi pada Bank Muamalat KCP Bone, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan Digital Islamic Network dapat menjadi
daya tarik yang dapat mempengaruhi minat nasabah Bank Muamalat KCP Bone
dalam melakukan transaksi secara digital atau online, karena memberikan
kemudahan penggunaanya baik dari segi transaksi maupun dari segi informasi.
Oleh karena itu, penggunaan Digital Islamic Network berpengaruh terhadap
minat nasabah dalam bertransaksi secara online.
B. Saran
1. Untuk meningkatkan minat menggunakan Digital Islamic Network perlu
adanya sosialisasi mengenai persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, serta
persepsi resiko terutama dikalangan masyarakat awam supaya minat
menggunakan Digital Islamic Network dikalangan masyarakat awam lebih
meningkat.
2. Perlu adanya metode penelitian lebih lanjut mengenai minat menggunakan
Digital Islamic Network dikalangan masyarakat atau nasabah bank Muamalat
supaya penelitian mengenai Digital Islamic Network hasilnya lebih konkrit.
bank menawarkan begitu banyak layanan untuk memberikan kemudahan bagi
para nasabahnya. Salah satunya yaitu menawarkan layanan Mobile Banking yang
membantu para nasabah untuk bertransaksi secara mudah, aman, nyaman, dan
cepat tanpa harus mengantri lama di bank. Setiap bank memiliki nama layanan
Mobile Banking masing-masing seperti bank Mumalat memberikan nama layanan
Mobile Bankingnya yaitu Digital Islamic Network.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan
Digital islamic Network terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online
(studi pada Bank Muamalat KCP Bone). Jenis penelitian yang digunakan adalah
field research(penelitian lapangan)dengan menggunakan metode kuantitatif.
Sampel penelitian yaitu nasabah Bank Muamalat yang berjumlah 100 orang.
Pengujian data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistic 20. Adapun dari
hasil penelitian dan hasil olah data diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh
signifikan antara variabel penggunaan Digital Islamic Network terhadap minat
nasabah dalam bertransaksi secara online (studi pada bank Muamalat KCP Bone).
Pernyataan ini dibuktikan dengan hasil olah data uji regresi diperoleh koefisien
regresi sebesar 0,502 yang berartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap
variabel Y adalah positif. Selanjutnya pada hasil uji t diperoleh nilai signifikan
sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 15,225 > ttabel 1,984, sehingga H0 ditolak dan
H1 diterima yang berarti penggunaan Digital Islamic Network berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online. Sedangkan
untuk hasil uji koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,703 atau 70,3% yang
membuktikan bahwa pengaruh variabel penggunaan Digital Islamic Network
terhadap minat nasabah dalam bertransaksi secara online sebesar 70,3% dan
sisanya 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian
ini. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan Digital Islamic
Network dapat menjadi daya tarik yang dapat mempengaruhi minat nasabah Bank
Muamalat KCP Bone dalam melakukan transaksi secara digital atau online,
karena memberikan kemudahan penggunaanya baik dari segi transaksi maupun
dari segi informasi.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian dan analisis data untuk mengetahui apakah
ada pengaruh penggunaan Digital Islamic Network terhadap minat nasabah
dalam bertransaksi secara online studi pada Bank Muamalat KCP Bone, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan Digital Islamic Network dapat menjadi
daya tarik yang dapat mempengaruhi minat nasabah Bank Muamalat KCP Bone
dalam melakukan transaksi secara digital atau online, karena memberikan
kemudahan penggunaanya baik dari segi transaksi maupun dari segi informasi.
Oleh karena itu, penggunaan Digital Islamic Network berpengaruh terhadap
minat nasabah dalam bertransaksi secara online.
B. Saran
1. Untuk meningkatkan minat menggunakan Digital Islamic Network perlu
adanya sosialisasi mengenai persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, serta
persepsi resiko terutama dikalangan masyarakat awam supaya minat
menggunakan Digital Islamic Network dikalangan masyarakat awam lebih
meningkat.
2. Perlu adanya metode penelitian lebih lanjut mengenai minat menggunakan
Digital Islamic Network dikalangan masyarakat atau nasabah bank Muamalat
supaya penelitian mengenai Digital Islamic Network hasilnya lebih konkrit.
Ketersediaan
| SFEBI20200060 | 60/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
60/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
