Pengaruh Layanan Unit Pertokoan terhadap Minat Belanja Santri (Studi pada Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone)”
Andi Abdul RAhman/ 01.16.5147 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh layanan unit pertokoan terhadap
minat belanja santri (Studi Pada Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah
Biru Kab. Bone). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belanja
Santri dan pengaruh layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di koperasi
Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone. Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah field research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan
untuk memperoleh data dilapangan penyajian penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berjudul
pengaruh layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Koperasi Pondok
Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone, maka peneliti teratrik untuk ditarik
beberapa kesimpulan yaitu: 1) layanan unit pertokoan di Koperasi Pondok Pesantren
Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone.dalam kategori baik dengan hasil analisis
statistik inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 39,55 dan standar deviation
sebesar 2,884; 2) Minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-
Junaidiyyah Biru Kab. Bone. dalam cukup tinggi dengan asil analisis statistik
inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 33,85 dan standar deviation sebesar
3,776; 3) Ada pengaruh yang positif antara layanan unit pertokoan terhadap minat
belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone
yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel (1,308). Sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif antara layanan
unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Pondok Pesantren Modern Al-
Junaidiyyah Biru Kab. Bone. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu tambahan
referensi mengenai minat belanja santri bagi peneliti dan penelitian selanjutnya yang
mempunyai pembahasan yang serupa dengan peneliti lakukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berjudul pengaruh
layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren
Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone, maka peneliti teratrik untuk ditarik
beberapa kesimpulan yaitu:
1. Minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah
Biru Kab. Bone dalam cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik
inferensial hitung diperoleh mean sebesar 33,85 dan standar deviation sebesar
3,776. Artinya bahwa minat belanja santri dalam kategori tinggi dari segi
perhatian, ketertarikan, keinginan dan tindakan.
2. Adanya pengaruh yang positif antara layanan unit pertokoan terhadap minat
belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab.
Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel (1,308) yang artinya Ho
ditolak dan Ha diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, dari penelitian ini penulis menyarankan
beberapa hal berikut:
1. Bagi Perbankan
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem pengelolaan
koperasi berpengaruh terhadap minat belanja santri, artinya pihak koperasi
harus benar-benar melakukan pengelaolaan dengan baik untuk tetap menjaga
loyalitas santri untuk berbelanja pada koperasi.
2. Bagi Akademisi
a. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu tambahan referensi mengenai
minat belanja santri bagi peneliti dan penelitian selanjutnya yang
mempunyai pembahasan yang serupa dengan peneliti lakukan.
b. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk bisa memperluas penelitian
selanjutnya untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan lengkap tentang
sistem pengelolaan koperasi dan minat belanja santri.
minat belanja santri (Studi Pada Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah
Biru Kab. Bone). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belanja
Santri dan pengaruh layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di koperasi
Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone. Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah field research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan
untuk memperoleh data dilapangan penyajian penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berjudul
pengaruh layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Koperasi Pondok
Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone, maka peneliti teratrik untuk ditarik
beberapa kesimpulan yaitu: 1) layanan unit pertokoan di Koperasi Pondok Pesantren
Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone.dalam kategori baik dengan hasil analisis
statistik inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 39,55 dan standar deviation
sebesar 2,884; 2) Minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-
Junaidiyyah Biru Kab. Bone. dalam cukup tinggi dengan asil analisis statistik
inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 33,85 dan standar deviation sebesar
3,776; 3) Ada pengaruh yang positif antara layanan unit pertokoan terhadap minat
belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone
yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel (1,308). Sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif antara layanan
unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Pondok Pesantren Modern Al-
Junaidiyyah Biru Kab. Bone. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu tambahan
referensi mengenai minat belanja santri bagi peneliti dan penelitian selanjutnya yang
mempunyai pembahasan yang serupa dengan peneliti lakukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berjudul pengaruh
layanan unit pertokoan terhadap minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren
Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab. Bone, maka peneliti teratrik untuk ditarik
beberapa kesimpulan yaitu:
1. Minat belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah
Biru Kab. Bone dalam cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik
inferensial hitung diperoleh mean sebesar 33,85 dan standar deviation sebesar
3,776. Artinya bahwa minat belanja santri dalam kategori tinggi dari segi
perhatian, ketertarikan, keinginan dan tindakan.
2. Adanya pengaruh yang positif antara layanan unit pertokoan terhadap minat
belanja santri di Koperasi Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyyah Biru Kab.
Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel (1,308) yang artinya Ho
ditolak dan Ha diterima.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, dari penelitian ini penulis menyarankan
beberapa hal berikut:
1. Bagi Perbankan
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem pengelolaan
koperasi berpengaruh terhadap minat belanja santri, artinya pihak koperasi
harus benar-benar melakukan pengelaolaan dengan baik untuk tetap menjaga
loyalitas santri untuk berbelanja pada koperasi.
2. Bagi Akademisi
a. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu tambahan referensi mengenai
minat belanja santri bagi peneliti dan penelitian selanjutnya yang
mempunyai pembahasan yang serupa dengan peneliti lakukan.
b. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk bisa memperluas penelitian
selanjutnya untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan lengkap tentang
sistem pengelolaan koperasi dan minat belanja santri.
Ketersediaan
| SFEBI20210045 | 45/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
45/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
