Urgensi Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Administrasi Di Mts Darussalam Patalassang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi sistem pelayanan terpadu satu
pintu dalam meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi di MTs Darussalam
Patalassang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai”. Hal ini penting dikaji
dalam skripsi untuk mengetahui implementasi pelayanan prima pada Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darussalam
Patalassang Kecamatan Sinjai Timur, faktor-faktor yang mempengaruhi
implementasi pelayanan prima pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di
Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darussalam Patalassang Kecamatan Sinjai Timur
dan persepsi pengguna layanan terhadap implementasi pelayanan prima pada
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Madrasah Tsanawiyah (MTS)
Darussalam Patalassang Kecamatan Sinjai Timur.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
jenis penelitian kualitatif (qualitatif resarch). Data dianalisis dalam proses metode
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, selanjutnya digunakan
cara berpikir deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan yang hal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: Implementasi sumber daya
manusia dalam mendukung pelayanan prima terbagi menjadi dua yaitu pembinaan
dan peraturan di sekolah, implementasi sarana dan prasarana untuk memberikan
pelayanan prima terbagi menjadi tiga aspek yaitu sarana dan prasarana yang
mendukung pelayanan di sekolah, pemanfaatan oleh pihak warga sekolah dan luar
sekolah (Dinas Pendidikan dan masyarakat sekitar) dan sistem informasi yang
digunakan berbasis Information Tekchnology (IT).Kedua: Proses pelaksanaan
pelayanan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MTs Darussalam
Patalassang pada dasarnya berjalan sebagaimana yang diharapkan dengan aturan
yang telah ditetapkan. Melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MTs
Darussalam Patalassang.PadaPelayananTerpaduSatuPintu(PTSP) Di Madrasah
Tsanawiyah (MTS) Darussalam Patalassang.Namun demikian juga faktor
penghambat dari segi sarana dan prasarana penunjang dalam memberikan
pelayanan.Ketiga: kualitas pelayanan yang terdapat pada MTS Darussalam
Patalassang sudah baik dan sudah sesuai prosedur. Terdapat faktor sukses yang
melatarbelakangi perwujudan pelayanan prima yang baik diantaranya pelaksanaan
pelayanan yang berbasis teknologi informasi, tidak adanya pungutan biaya,
pegawai PTSP di MTS Darussalam Patalassang yang berani bertindak tegas
menolak kecurangan, dan pengadaan sistem perizinan Di MTs Darussalam
Patalassang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis yang telah peneliti uraikan
dalam bab III Mengenai Urgensi Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam
Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Administrasi Di Mts Darussalam
Patalassang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi sumber daya manusia dalam mendukung pelayanan
prima terbagi menjadi dua yaitu pembinaan dan peraturan di sekolah,
pemanfaatan oleh pihak warga sekolah dan luar sekolah (Dinas
Pendidikan dan masyarakat sekitar) dan system informasi yang
digunakan berbasis Information Tekchnology (IT); implementasi
sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan prima terbagi
menjadi tiga aspek yaitu sarana dan prasarana yang mendukung
pelayanan di sekolah, pemanfaatan oleh pihak warga sekolah dan luar
sekolah (Dinas Pendidikan dan masyarakat sekitar) dan system
informasi yang digunakan berbasis Information Tekchnology (IT).
. 2. Proses pelaksanaan pelayanan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP) di MTs Darussalam Patalassang Kecamatan Sinjai Timur pada
dasarnya berjalan sebagaimana yang diharapkan dengan aturan yang
telah ditetapkan. Melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MTs
Darussalam Patalassang Kecamatan Sinjai Timur, tidak memiliki
masalah yang dapat mengakibatkan terhambatnya pemberian layanan
kepada masyarakat. Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Di
Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darussalam Patalassang Kecamatan
Sinjai Timur. Disamping itu juga faktor penghambat adalah dari segi
sarana dan prasarana penunjang dalam memberikan pelayanan.
3. kualitas pelayanan yang terdapat pada MTS Darussalam Patalassang
sudah baik dan sudah sesuai prosedur. Terdapat faktor sukses yang
melatarbelakangi perwujudan pelayanan prima yang baik diantaranya
pelaksanaan pelayanan yang berbasis teknologi informasi, tidak adanya
pungutan biaya, pegawai PTSP di MTS Darussalam Patalassang yang
berani bertindak tegas menolak kecurangan, dan pengadaan system
perizinan Di MTs Darussalam Patalassang. Selain itu terdapat juga
kendala-kendala yang dihadapi diantaranya penyelesaian perizinan yang
tidak tepat waktu, kurangnya ketersediaan pegawai, kerumitan dalam
mengakses layanan secara online, dan kurangnya pengamanan atau
back up untuk pegawai front office.
B. implikasi
Setelah kesimpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi-I mplikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan
dalam pembahasan penelitian ini adalah:
1. Kepada kepala sekolah di MTs Darussalam patalassang hendaknya
tetap memperhatikn perananya sebagai motivator guna meningkatkan
motivasi guru dan siswa dalam menunjang tercapainya suatu tujuan
pendidikan khususnya di bidang pelayanan prima pada Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (PTSP), dibidang proses belajar mengajar maupun
di bidang ekstrakurikuler.
2. Kepada staf TU maupun tenaga kependidikan di MTs Darussalam
Patalassang dalam proses pelayanan prima pada Pelayanan Terpadu
Satu Pintu (PTSP) agar kiranya tetap selalu berpartisipasi dan berperan
aktif dalam proses pelayanan yang baik dengan mematuhi aturan-
aturan yang telah ditetapkan.
Diharapkan juga kepada tenaga pendidik agar dapat memberikan
contoh yang baik dalam pemberian pelayanan dan diterapkan dalam
proses belajar-mengajar di lingkungan sekolah dan juga
keramahtamahan kepada pelanggan seperti kepada wali murid dan
orang tua murid.
Diharapkan juga adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah
dengan pelanggan , agar tujuan dan pendidikan karakter dapat tercapai
sesuai tujuan, dan mendapatkan dukungan dari semua pihak.
Ketersediaan
STAR20220117117/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

117/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top