Urgensi Desentralisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
Nur Santi/02.15.3136 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Desentralisasi Pendidikan dalam
Meningkatkan Mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi desentralisasi pendidikan di MTs
Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dan bagaimana konstribusi desentralisasi
pendididkan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru.
Hal ini penting dikaji untuk mengetahui implementasi desentralisasi pendidikan di
MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dan konstribusi desentralisasi pendidikan
dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, peneliti menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan manajemen,
psikologis dan sosiologis dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Urgensi Desentralisasi Pendidikan dalam
Meningkatkan Mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh
dianalisis dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap
kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi desentralisasi
pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
dilaksanakan dengan cukup baik. Karena dalam pelaksanaanya ada beberapa elemen-
elemen yang didesentralisasikan atau kewenangan yang dikelola oleh madrasah yaitu
perencanaan dan evaluasi, pengelolaan kurikulum, pengelolaan ketenagaan,
pelayanan peserta didik, pengelolaan proses belajar mengajar, pengelolaan fasilitas
atau sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, hubungan madrasah dengan
masyarakat, pengelolaan iklim madrasah dimana madrasah berwenang untuk
menciptakan iklim madrasah yang efektif aman dan tertib. 2) Kontribusi
desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-
Junaidiyah Biru dapat menciptakan sumber daya yang profesional, adanya relevansi
antara kurikulum dengan kebutuhan peserta didik, serta dapat meningkatkan jaringan
kerjasama dengan masyarakat
A. Simpulan
1. Implementasi desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs
Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dilaksanakan dengan cukup baik. Karena
dalam pelaksanaanya ada beberapa elemen-elemen yang didesentralisasikan
atau kewenangan yang dikelola oleh madrasah yaitu perencanaan dan evaluasi
yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan madrasah, pengelolaan kurikulum
dimana madrasah dapat mengembangkan dan memperdalam, pengelolaan
ketenagaan, pelayanan peserta didik madrasah mempunyai kewenangan dalam
pengelolaan mulai dari penerimaan peserta didik baru hingga pengurusan
alumni, pengelolaan proses belajar mengajar dimana madrasah bebas
menentukan strategi, metode dan teknik pengajaran yang efektif, pengelolaan
fasilitas dilakukan oleh madrasah mulai dari pengadaan, pemeliharaan,
perbaikan, hingga pengembanganya, pengelolaan keuangan dimana madrasah
mempunyai kewenangan untuk mengalokasikan dan menggunaan dana sesuai
dengan kebutuhan madrasah, hubungan madrasah dengan masyarakat dan
dukungan dari masyarakat, pengelolaan iklim madrasah dimana madrasah
berwenang untuk menciptakan iklim madrasah yang efektif aman dan tertib.
2. Kontribusi desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad
Hadits Al-Junaidiyah Biru dapat menciptakan sumber daya yang profesional
SDM yang dimaksud disini adalah menciptakan manusia yang inovatif
dandapat bersaing, adanya relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan
peserta didik, dengan adanya desentralisasi pendidikan maka berkoreasi positif
terhadap relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan peserta didik, serta
dapat meningkatkan jaringan kerjasama dengan masyarakat.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
untuk melakukan pengelolaan pendidikan dengan baik agar berjalan sesuai
dengan apa yang diharapkan serta dapat mencapai tujuan secara efektif dan
efisien.
2. Diharapkan kepada setiap personalia madrasah untuk selalu berpatisipasi dan
menjalin kerja sama yang baik dengan setiap rekan kerja dalam penlaksanaan
program kegiatan madrasah untuk mencapai ekspektasi. Serta, membantu
peserta didik dalam mengembangkan potensinya agar menjadi lulusan yang
berkualitas.
Meningkatkan Mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi desentralisasi pendidikan di MTs
Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dan bagaimana konstribusi desentralisasi
pendididkan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru.
Hal ini penting dikaji untuk mengetahui implementasi desentralisasi pendidikan di
MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dan konstribusi desentralisasi pendidikan
dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, peneliti menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan manajemen,
psikologis dan sosiologis dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Urgensi Desentralisasi Pendidikan dalam
Meningkatkan Mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh
dianalisis dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap
kesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi desentralisasi
pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
dilaksanakan dengan cukup baik. Karena dalam pelaksanaanya ada beberapa elemen-
elemen yang didesentralisasikan atau kewenangan yang dikelola oleh madrasah yaitu
perencanaan dan evaluasi, pengelolaan kurikulum, pengelolaan ketenagaan,
pelayanan peserta didik, pengelolaan proses belajar mengajar, pengelolaan fasilitas
atau sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, hubungan madrasah dengan
masyarakat, pengelolaan iklim madrasah dimana madrasah berwenang untuk
menciptakan iklim madrasah yang efektif aman dan tertib. 2) Kontribusi
desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad Hadits Al-
Junaidiyah Biru dapat menciptakan sumber daya yang profesional, adanya relevansi
antara kurikulum dengan kebutuhan peserta didik, serta dapat meningkatkan jaringan
kerjasama dengan masyarakat
A. Simpulan
1. Implementasi desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs
Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru dilaksanakan dengan cukup baik. Karena
dalam pelaksanaanya ada beberapa elemen-elemen yang didesentralisasikan
atau kewenangan yang dikelola oleh madrasah yaitu perencanaan dan evaluasi
yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan madrasah, pengelolaan kurikulum
dimana madrasah dapat mengembangkan dan memperdalam, pengelolaan
ketenagaan, pelayanan peserta didik madrasah mempunyai kewenangan dalam
pengelolaan mulai dari penerimaan peserta didik baru hingga pengurusan
alumni, pengelolaan proses belajar mengajar dimana madrasah bebas
menentukan strategi, metode dan teknik pengajaran yang efektif, pengelolaan
fasilitas dilakukan oleh madrasah mulai dari pengadaan, pemeliharaan,
perbaikan, hingga pengembanganya, pengelolaan keuangan dimana madrasah
mempunyai kewenangan untuk mengalokasikan dan menggunaan dana sesuai
dengan kebutuhan madrasah, hubungan madrasah dengan masyarakat dan
dukungan dari masyarakat, pengelolaan iklim madrasah dimana madrasah
berwenang untuk menciptakan iklim madrasah yang efektif aman dan tertib.
2. Kontribusi desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan mutu di MTs Mahad
Hadits Al-Junaidiyah Biru dapat menciptakan sumber daya yang profesional
SDM yang dimaksud disini adalah menciptakan manusia yang inovatif
dandapat bersaing, adanya relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan
peserta didik, dengan adanya desentralisasi pendidikan maka berkoreasi positif
terhadap relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan peserta didik, serta
dapat meningkatkan jaringan kerjasama dengan masyarakat.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
untuk melakukan pengelolaan pendidikan dengan baik agar berjalan sesuai
dengan apa yang diharapkan serta dapat mencapai tujuan secara efektif dan
efisien.
2. Diharapkan kepada setiap personalia madrasah untuk selalu berpatisipasi dan
menjalin kerja sama yang baik dengan setiap rekan kerja dalam penlaksanaan
program kegiatan madrasah untuk mencapai ekspektasi. Serta, membantu
peserta didik dalam mengembangkan potensinya agar menjadi lulusan yang
berkualitas.
Ketersediaan
| ST20190082 | 82/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
82/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
