Peran Manajemen Kesiswaan dalam Pengelolaan Jurusan sesuai dengan Minat dan Bakat Peserta Didik di SMK Negeri 2 Watampone
Muh. Apriandi anwar/02.15.3076 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Manajemen Kesiswaan dalam
Pengelolaan Jurusan sesuai dengan Minat dan Bakat Peserta Didik di
SMK Negeri 2 Watampone. Pokok masalah adalah Bagaimana tahap
manajemen kesiswaan di SMK Negeri 2 Watampone?, Bagaimana kiat-
kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone? Dan Bagaimana
mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2
Watampone?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitan ini adalah
penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap manajemen kesiswaan di SMK
Negeri 2 Watampone yaitu: 1) perencanaan pembinaan kesiswaan yang terdiri dari
analisis perkiraan kegiatan, dasar kegiatan yang direncanakan, dasar pemilihan
kegitan yang sudah diidentifikasi, langkah dalam pembuatan skala prioritas,
penjadwalan, perencanaan pembinaan, dan pembiayaan, 2) Pelaksanaan pembinaan
siswa yang meliputi pelaksanaan orientasi, pengelompokan siswa, strategi,
kesesuaian program, pembinaan disiplin siswa, serta pemberian reward.
Kiat-kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone yaitu: 1)
Kurikulum 1975 yang meliputi IPA, IPS dan bahasa, 2) Kurikulum 1984 meliputi
program A dan program B, dan 3) Kurikulum 2013 yang dirancang untuk
memberikan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.
Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2 Watampone
yaitu: 1) Faktor internal meliputi faktor bawaan dan faktor kepribadian dan 2) Faktor
Eksternal meliputi Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah dan Lingkungan sosial.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Tahap manajemen kesiswaan di SMK Negeri 2 Watampone yaitu: 1)
perencanaan pembinaan kesiswaan yang terdiri dari analisis perkiraan kegiatan,
dasar kegiatan yang direncanakan, dasar pemilihan kegitan yang sudah
diidentifikasi, langkah dalam pembuatan skala prioritas, penjadwalan,
perencanaan pembinaan, dan pembiayaan, 2) Pelaksanaan pembinaan siswa yang
meliputi pelaksanaan orientasi, pengelompokan siswa, strategi, kesesuaian
program, pembinaan disiplin siswa, serta pemberian reward.
2. Kiat-kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone berdasarkan pada: 1)
Kurikulum 1975 yang meliputi IPA, IPS dan bahasa, 2) Kurikulum 1984
meliputi program A dan program B, IPA, dan 3) Kurikulum 2013 yang dirancang
untuk memberikan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.
3. Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2 Watampone
yaitu: 1) Faktor internal meliputi faktor bawaan dan faktor kepribadian 2) Faktor
Eksternal meliputi Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah dan Lingkungan
sosial, 3 Evaluasi yang meliputi pemberian tes dan remidial.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kiranya setiap guru dan pegawai agar berusaha untuk mengembangkan diri
dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
2. Kiranya pihak kepala sekolah agar tetap mengembangkan mutu dan kualitas
manajemen kesiswaan agar para siswa dapat belajar dengan nyaman .
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan tugas
sebagai pendidik.
Pengelolaan Jurusan sesuai dengan Minat dan Bakat Peserta Didik di
SMK Negeri 2 Watampone. Pokok masalah adalah Bagaimana tahap
manajemen kesiswaan di SMK Negeri 2 Watampone?, Bagaimana kiat-
kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone? Dan Bagaimana
mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2
Watampone?.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitan ini adalah
penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap manajemen kesiswaan di SMK
Negeri 2 Watampone yaitu: 1) perencanaan pembinaan kesiswaan yang terdiri dari
analisis perkiraan kegiatan, dasar kegiatan yang direncanakan, dasar pemilihan
kegitan yang sudah diidentifikasi, langkah dalam pembuatan skala prioritas,
penjadwalan, perencanaan pembinaan, dan pembiayaan, 2) Pelaksanaan pembinaan
siswa yang meliputi pelaksanaan orientasi, pengelompokan siswa, strategi,
kesesuaian program, pembinaan disiplin siswa, serta pemberian reward.
Kiat-kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone yaitu: 1)
Kurikulum 1975 yang meliputi IPA, IPS dan bahasa, 2) Kurikulum 1984 meliputi
program A dan program B, dan 3) Kurikulum 2013 yang dirancang untuk
memberikan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.
Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2 Watampone
yaitu: 1) Faktor internal meliputi faktor bawaan dan faktor kepribadian dan 2) Faktor
Eksternal meliputi Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah dan Lingkungan sosial.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Tahap manajemen kesiswaan di SMK Negeri 2 Watampone yaitu: 1)
perencanaan pembinaan kesiswaan yang terdiri dari analisis perkiraan kegiatan,
dasar kegiatan yang direncanakan, dasar pemilihan kegitan yang sudah
diidentifikasi, langkah dalam pembuatan skala prioritas, penjadwalan,
perencanaan pembinaan, dan pembiayaan, 2) Pelaksanaan pembinaan siswa yang
meliputi pelaksanaan orientasi, pengelompokan siswa, strategi, kesesuaian
program, pembinaan disiplin siswa, serta pemberian reward.
2. Kiat-kiat pengelolaan jurusan di SMK Negeri 2 Watampone berdasarkan pada: 1)
Kurikulum 1975 yang meliputi IPA, IPS dan bahasa, 2) Kurikulum 1984
meliputi program A dan program B, IPA, dan 3) Kurikulum 2013 yang dirancang
untuk memberikan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.
3. Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik di SMK Negeri 2 Watampone
yaitu: 1) Faktor internal meliputi faktor bawaan dan faktor kepribadian 2) Faktor
Eksternal meliputi Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah dan Lingkungan
sosial, 3 Evaluasi yang meliputi pemberian tes dan remidial.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kiranya setiap guru dan pegawai agar berusaha untuk mengembangkan diri
dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
2. Kiranya pihak kepala sekolah agar tetap mengembangkan mutu dan kualitas
manajemen kesiswaan agar para siswa dapat belajar dengan nyaman .
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan tugas
sebagai pendidik.
Ketersediaan
| ST20190080 | 80/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
80/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
