Peran Guru PAI dalam Pencegahan penyalahgunaan Narkoba di Sekolah s(Studi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Bone)
Jumadi/ 02.15. 1015 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru PAI dalam Pencegahan
Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah ( Studi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2
Bone ). Hal yang urgen yang dikaji dalam skripsi ini ialah bagaimana upaya Guru
PAI dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba pada Siswa Kelas XI di
SMANegeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yaitu wawancara
(interviwI), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi SMANegeri 2 Bone, menunjukkan
bahwa pertama; Guru PAI memiliki peranan penting dalam peroses belajar mengajar
yakni menggunakan metode ceramah, adapaun metode yang dimaksud yaitu metode
pengajaran dengan dengan cara berceramah atau menyampaikan informasi secara
lisan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang paling praktis dan ekonomis,
tidak membutuhkan banyak alat bantu. Metode ini mampu digunakan untuk
mengatasi kelangkaan literatur atau sumber rujukan informasi karena daya beli siswa
yang diluar jangkauan. Kedua; Menggunakan upaya Mengenai pembelajaran PAI
tentunya tidak terlepas dari hal-hal yang selalu membimbing manusia dari arah
negatif ke arah positif. Namun demikian tentunya tidak terlepas dari tingkah laku
seseorang. Seperti halnya ketika seorang siswa yang akan menyentuh namanya
Narkoba, tentu ada kalanya mereka akan menyalahgunakan barang tersebut, maka
disaat itu membutuhkan bimbingan keagamaan sehingga dapat mencegah namanya
penyalahgunaan Narkoba. Sehingga Guru PAI di SMA Negeri 2 Bone, selalu
memberikan bimbingan dan pembahasan mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba
disetiap pertemuan, dan juga menjelaskan kepada siswa mengenai tata cara dalam
memilih teman untuk bergaul, dan juga Mengadakan seminar bekerja sama dengan
BNN di SMA Negeri 2 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
1. Guru yang sangat berperang dalam pembinaan keislaman kepada peserta didik
adalah guru PAI. Seorang guru PAI selain memberikan pembinaan keislaman
juga harus ruting mengevaluasi peserta didik mengenai hasil pembinaan
tentang materi pembelajaran yang menyangkut masalah penyalahgunaan
Narkoba. Pencegahan penyalahgunaan Narkoba sangatlah penting di terapkan
di SMA Negeri 2 Bone. Hal ini terbukti dari beberapa penjelasan baik kepala
sekolah maupun para guru di SMA Negeri 2 Bone.
2. Metode pengajaran dengan cara berceramah atau menyampaikan informasi
secara lisan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang paling praktis
dan ekonomis, tidak membutuhkan banyak alat bantu. Metode ini mampu
digunakan untuk mengatasi kelangkaan literatur atau sumber rujukan
informasi karena daya beli siswa yang diluar jangkauan .
3. Metode diskusi merupakan metode pengajaran yang erat hubungannya dengan
belajar pemecahan masalah.Metode ini juga biasa dilakukan secara
berkelompok atau diskusi kelompok.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru PAI sebaiknya selalu meningkatkan mutunya dan juga kebersmaanya
yang baik sehingga mudah menjalankan perannya dalam menerapkan
pembelajaran.
2. Guru PAI sebaiknya selau mengevaluasi mengenai materi-materi yang di
terapkan dalam setiap pembelajaran, sehingga mudah mengetahui berhasil
tidaknya materi yang telah paparkan kepada peserta didiknya.
3. Guru PAI sebaiknya lebih tegas lagi dalam melakukan pembinaan atau pembelajaran
sehingga peserta didik, tidak mudah terpengaruh apabila menemukan kendala-
kendala yang akan terjadi baik dari pengaruh internal maupun eksternal.
Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah ( Studi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2
Bone ). Hal yang urgen yang dikaji dalam skripsi ini ialah bagaimana upaya Guru
PAI dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba pada Siswa Kelas XI di
SMANegeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yaitu wawancara
(interviwI), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi SMANegeri 2 Bone, menunjukkan
bahwa pertama; Guru PAI memiliki peranan penting dalam peroses belajar mengajar
yakni menggunakan metode ceramah, adapaun metode yang dimaksud yaitu metode
pengajaran dengan dengan cara berceramah atau menyampaikan informasi secara
lisan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang paling praktis dan ekonomis,
tidak membutuhkan banyak alat bantu. Metode ini mampu digunakan untuk
mengatasi kelangkaan literatur atau sumber rujukan informasi karena daya beli siswa
yang diluar jangkauan. Kedua; Menggunakan upaya Mengenai pembelajaran PAI
tentunya tidak terlepas dari hal-hal yang selalu membimbing manusia dari arah
negatif ke arah positif. Namun demikian tentunya tidak terlepas dari tingkah laku
seseorang. Seperti halnya ketika seorang siswa yang akan menyentuh namanya
Narkoba, tentu ada kalanya mereka akan menyalahgunakan barang tersebut, maka
disaat itu membutuhkan bimbingan keagamaan sehingga dapat mencegah namanya
penyalahgunaan Narkoba. Sehingga Guru PAI di SMA Negeri 2 Bone, selalu
memberikan bimbingan dan pembahasan mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba
disetiap pertemuan, dan juga menjelaskan kepada siswa mengenai tata cara dalam
memilih teman untuk bergaul, dan juga Mengadakan seminar bekerja sama dengan
BNN di SMA Negeri 2 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
1. Guru yang sangat berperang dalam pembinaan keislaman kepada peserta didik
adalah guru PAI. Seorang guru PAI selain memberikan pembinaan keislaman
juga harus ruting mengevaluasi peserta didik mengenai hasil pembinaan
tentang materi pembelajaran yang menyangkut masalah penyalahgunaan
Narkoba. Pencegahan penyalahgunaan Narkoba sangatlah penting di terapkan
di SMA Negeri 2 Bone. Hal ini terbukti dari beberapa penjelasan baik kepala
sekolah maupun para guru di SMA Negeri 2 Bone.
2. Metode pengajaran dengan cara berceramah atau menyampaikan informasi
secara lisan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang paling praktis
dan ekonomis, tidak membutuhkan banyak alat bantu. Metode ini mampu
digunakan untuk mengatasi kelangkaan literatur atau sumber rujukan
informasi karena daya beli siswa yang diluar jangkauan .
3. Metode diskusi merupakan metode pengajaran yang erat hubungannya dengan
belajar pemecahan masalah.Metode ini juga biasa dilakukan secara
berkelompok atau diskusi kelompok.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru PAI sebaiknya selalu meningkatkan mutunya dan juga kebersmaanya
yang baik sehingga mudah menjalankan perannya dalam menerapkan
pembelajaran.
2. Guru PAI sebaiknya selau mengevaluasi mengenai materi-materi yang di
terapkan dalam setiap pembelajaran, sehingga mudah mengetahui berhasil
tidaknya materi yang telah paparkan kepada peserta didiknya.
3. Guru PAI sebaiknya lebih tegas lagi dalam melakukan pembinaan atau pembelajaran
sehingga peserta didik, tidak mudah terpengaruh apabila menemukan kendala-
kendala yang akan terjadi baik dari pengaruh internal maupun eksternal.
Ketersediaan
| ST20190077 | 77/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
77/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
