Peran supervisi dalam Pengembangan Kerjasama Guru (Studi Di MI Syamsu Rasyidi Majang)
Darmawati/02. 13. 3214 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang“ Peran supervisi dalam Pengembangan
Kerjasama Guru”. Di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.Bone. penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tentang bagaimana pengembangan kerjasama guru dan Peran
supervise sebagai supervisor dalam pengembangan kerjasama guru di MI Syamsu
Rasyidi Majang.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peran supervisi pengembangan kerjasama
guru di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.Bone telah terlaksana dengan baik hal ini
dapat terlihat dengan Upaya Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kerjasama
Guru di MI Syamsu Rasyidi Majang. Telah terlaksana dengan baik yaitu dapat
menggerakkan para guru dalam pelaksanaan kegiatan proses kerjasama bahkan para
guru dapat menjalin hubungan kerjasama dengan harmonis sehingga bentuk-bentuk
kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat dilaksanakan dengan baik
seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan proses belajar mengajar (PBM). Para
guru mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cara efektif dan efisien. Adapun
mengenai peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dapat menjadikan
Madrasah ibtidaiyah (MI) terolah dengan baik dan berjalan sesuai kebijakan yang
berlaku. Dan dengan adanya peran kepala Madrasah dapat memberikan sumbangsih
atau arahan-arahan kepada bawahannya agar dapat melaksanakan tugasnya secara
efektif dan efisien. Kepala madrasah dalam pengembangan kerjasama guru di MI
Syamsu Rasyidi Majang bertindak sebagai individu yang merupakan format kegiatan
ekstrakurikuler yang diikuti oleh peserta didik secara perorangan baik maupun
didalam proses belajar mengajar (PBM) dan harus mampu memberikan motivasi
kepada para guru-guru yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang agar guru tersebut
dapat menciptakan hubungan kerjasama yang baik dan mampu berkomunikasi yang
baik juga kepada guru satu dengan yang lainnya agar segala bentuk kegiatan yang
dilaksanakan para guru dapat mencapai tujuan bersama.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kerjasama Guru di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Telah terlaksana dengan baik yaitu dapat
menggerakkan para guru dalam pelaksanaan kegiatan proses kerjasama
bahkan para guru dapat menjalin hubungan kerjasama dengan harmonis
sehingga bentuk-bentuk kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang
dapat dilaksanakan dengan baik seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan
proses belajar mengajar (PBM). Para guru mampu menyelesaikan tugas-
tugasnya dengan cara efektif dan efisien.
2. Dengan adanya peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dapat
menjadikan Madrasah ibtidaiyah (MI) terolah dengan baik dan berjalan sesuai
kebijakan yang berlaku. Dan dengan adanya peran kepala Madrasah dapat
memberikan sumbangsih atau arahan-arahan kepada bawahannya agar dapat
melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Kepala madrasah dalam
pengembangan kerjasama guru di MI Syamsu Rasyidi Majang bertindak
sebagai individu yang merupakan format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti
oleh peserta didik secara perorangan baik maupun didalam proses belajar
mengajar (PBM) dan juga haru mampu memberikan motivasi kepada para
guru-guru yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang agar guru tersebut dapat
menciptakan hubungan kerjasama yang baik dan mampu berkomunikasi yang
baik juga kepada guru satu dengan yang lainnya agar segala bentuk kegiatan
yang dilaksanakan para guru dapat mencapai tujuan bersama.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan hasil simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Kepala madrasah tidak hanya selalu fokus di dalam menggerakkan
bawahannya tetapi juga harus selalu tetap menghimbau segala kegiatan-
kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi majang. Agar proses pelaksanaanya
dapat berjalan sesuai dengan rencana.
2. Kepala Madrasah diharapkan tidak hanya bertanggung jawab pada peran
pengembangan kerjasama guru, tetapi juga bertanggung jawab untuk
meningkatkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan para guru. Supaya guru dapat
terfasilitasi sehingga proses pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai yang
kita harapkan bersama.
Kerjasama Guru”. Di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.Bone. penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tentang bagaimana pengembangan kerjasama guru dan Peran
supervise sebagai supervisor dalam pengembangan kerjasama guru di MI Syamsu
Rasyidi Majang.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peran supervisi pengembangan kerjasama
guru di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab.Bone telah terlaksana dengan baik hal ini
dapat terlihat dengan Upaya Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kerjasama
Guru di MI Syamsu Rasyidi Majang. Telah terlaksana dengan baik yaitu dapat
menggerakkan para guru dalam pelaksanaan kegiatan proses kerjasama bahkan para
guru dapat menjalin hubungan kerjasama dengan harmonis sehingga bentuk-bentuk
kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat dilaksanakan dengan baik
seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan proses belajar mengajar (PBM). Para
guru mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cara efektif dan efisien. Adapun
mengenai peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dapat menjadikan
Madrasah ibtidaiyah (MI) terolah dengan baik dan berjalan sesuai kebijakan yang
berlaku. Dan dengan adanya peran kepala Madrasah dapat memberikan sumbangsih
atau arahan-arahan kepada bawahannya agar dapat melaksanakan tugasnya secara
efektif dan efisien. Kepala madrasah dalam pengembangan kerjasama guru di MI
Syamsu Rasyidi Majang bertindak sebagai individu yang merupakan format kegiatan
ekstrakurikuler yang diikuti oleh peserta didik secara perorangan baik maupun
didalam proses belajar mengajar (PBM) dan harus mampu memberikan motivasi
kepada para guru-guru yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang agar guru tersebut
dapat menciptakan hubungan kerjasama yang baik dan mampu berkomunikasi yang
baik juga kepada guru satu dengan yang lainnya agar segala bentuk kegiatan yang
dilaksanakan para guru dapat mencapai tujuan bersama.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kerjasama Guru di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Telah terlaksana dengan baik yaitu dapat
menggerakkan para guru dalam pelaksanaan kegiatan proses kerjasama
bahkan para guru dapat menjalin hubungan kerjasama dengan harmonis
sehingga bentuk-bentuk kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang
dapat dilaksanakan dengan baik seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan
proses belajar mengajar (PBM). Para guru mampu menyelesaikan tugas-
tugasnya dengan cara efektif dan efisien.
2. Dengan adanya peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dapat
menjadikan Madrasah ibtidaiyah (MI) terolah dengan baik dan berjalan sesuai
kebijakan yang berlaku. Dan dengan adanya peran kepala Madrasah dapat
memberikan sumbangsih atau arahan-arahan kepada bawahannya agar dapat
melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Kepala madrasah dalam
pengembangan kerjasama guru di MI Syamsu Rasyidi Majang bertindak
sebagai individu yang merupakan format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti
oleh peserta didik secara perorangan baik maupun didalam proses belajar
mengajar (PBM) dan juga haru mampu memberikan motivasi kepada para
guru-guru yang ada di MI Syamsu Rasyidi Majang agar guru tersebut dapat
menciptakan hubungan kerjasama yang baik dan mampu berkomunikasi yang
baik juga kepada guru satu dengan yang lainnya agar segala bentuk kegiatan
yang dilaksanakan para guru dapat mencapai tujuan bersama.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan hasil simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Kepala madrasah tidak hanya selalu fokus di dalam menggerakkan
bawahannya tetapi juga harus selalu tetap menghimbau segala kegiatan-
kegiatan yang ada di MI Syamsu Rasyidi majang. Agar proses pelaksanaanya
dapat berjalan sesuai dengan rencana.
2. Kepala Madrasah diharapkan tidak hanya bertanggung jawab pada peran
pengembangan kerjasama guru, tetapi juga bertanggung jawab untuk
meningkatkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan para guru. Supaya guru dapat
terfasilitasi sehingga proses pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai yang
kita harapkan bersama.
Ketersediaan
| ST20170311 | 311/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
311/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
