Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penggunaan Produk Indihome Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pt. Telkom Cabang Bone)
Rasmila Ayu/01.15.3118 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang bagaimana mengetahui strategi pemasaran
yang di terapkan oleh PT.Telkom dalam perspektif Ekonomi Islam. Pokok
permasalahannya adalah manfaat dari produk ini yang belum dirasakan di
masyarakat luas khususnya pada segmen menengah ke bawah. Karena akan sangat
baik bila manfaat dari indihome bisa dirasakan oleh setiap orang. Oleh karena itu
disinilah peran strategi pemasaran harus dilakukan dengan baik dan disesuaikan
dengan prinsip-prinsip syariah agar memberikan kemaslahatan yang lebih besar dan
meminimalisir dampak negatif dari produk indihome tersebut.
Produk indihome ini sebenarnya sangat berpotensi memajukan Indonesia ke
arah yang lebih baik. Indihome harus berperan dalam membantu perekonomian
masyarakat melalui pemasaran produknya dengan strategi yang efektif dan efisien.
Zaman telah berubah menjadi era digital, maka hal inilah yang seharusnya juga
diterapkan di Indonesia dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Islam di dalamnya,
baik itu ditinjau dari produk, harga, distribusi hingga pada aspek pemasarnya itu
sendiri.
A. Kesimpulan
Dari materi yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. PT. Telkom memiliki produk yang dinamakan indihome atau tripleplay.
Dalam pemasaran produk tersebut PT. Telkom melakukan pemetaan pasar
mulai dari kelompok menengah ke atas hingga hingga masyarakat pada
umumnya. Daya tarik pasar yang ada jugmempengaruhi perusahaan dalam
melakukan pelayananan. Selain itu akan disesuaikan pula dengan
kemampuan perusahaan dalam melayani segmen tersebut. Sehingga akan
terjadi penyaringan terhadap pasar yang berpotensi baik dan kurang baik
untuk dijadikan target market. Adapun bauran pemasaran yang digunakan
adalah 7P karena PT. Telkom ini bergerak dalam bidang jasa sehingga
dibutuhkan adanya proses, orang dan physical evidence.
2. Dalam ekonomi Islam terdapat karakteristik dan prinsip-prinsip
pemasaran syariah. Karakteristiknya mencakup pentauhidan Allah sebagai
bentuk spiritualitas dengan cara mematuhi hukum-hukum-Nya, ikhlas
dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Namun juga
ditekankan untuk bersikap etis dalam melakukan setiap pelayanan
terhadap konsumen. Jika semua unsur-unsur strategi tersebut dilakukan
dengan baik maka akan meningkatkan penggunaan produk yang secara
otomatis menambah profit bagi perusahaan.
B. Saran
Setelah menyelesaikan penelitian dan melakukan studi pustaka terhadap
penelitian ini, penyusun dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Perusahaan perlu melakukan promosi dengan target kalangan menengah
ke bawah, sehingga produk indihome dapat dikenal lebih luas lagi serta
mendapat respon positif terhadap masyarakat umum.
2. Dalam ajaran Islam tentu setiap muamalah adalah termasuk pula ibadah
maka sebaiknya selalu diingatkan agar senantiasa meluruskan niat-niat
dalam menjalankan setiap operasional perusahaan khususnya dalam hal
pemasaran. Dan diperlukan kesabaran untuk melakukan setiap strategi-
strategi perusahaan agar bisa tercapai apa yang menjadi tujuannya.
yang di terapkan oleh PT.Telkom dalam perspektif Ekonomi Islam. Pokok
permasalahannya adalah manfaat dari produk ini yang belum dirasakan di
masyarakat luas khususnya pada segmen menengah ke bawah. Karena akan sangat
baik bila manfaat dari indihome bisa dirasakan oleh setiap orang. Oleh karena itu
disinilah peran strategi pemasaran harus dilakukan dengan baik dan disesuaikan
dengan prinsip-prinsip syariah agar memberikan kemaslahatan yang lebih besar dan
meminimalisir dampak negatif dari produk indihome tersebut.
Produk indihome ini sebenarnya sangat berpotensi memajukan Indonesia ke
arah yang lebih baik. Indihome harus berperan dalam membantu perekonomian
masyarakat melalui pemasaran produknya dengan strategi yang efektif dan efisien.
Zaman telah berubah menjadi era digital, maka hal inilah yang seharusnya juga
diterapkan di Indonesia dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Islam di dalamnya,
baik itu ditinjau dari produk, harga, distribusi hingga pada aspek pemasarnya itu
sendiri.
A. Kesimpulan
Dari materi yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. PT. Telkom memiliki produk yang dinamakan indihome atau tripleplay.
Dalam pemasaran produk tersebut PT. Telkom melakukan pemetaan pasar
mulai dari kelompok menengah ke atas hingga hingga masyarakat pada
umumnya. Daya tarik pasar yang ada jugmempengaruhi perusahaan dalam
melakukan pelayananan. Selain itu akan disesuaikan pula dengan
kemampuan perusahaan dalam melayani segmen tersebut. Sehingga akan
terjadi penyaringan terhadap pasar yang berpotensi baik dan kurang baik
untuk dijadikan target market. Adapun bauran pemasaran yang digunakan
adalah 7P karena PT. Telkom ini bergerak dalam bidang jasa sehingga
dibutuhkan adanya proses, orang dan physical evidence.
2. Dalam ekonomi Islam terdapat karakteristik dan prinsip-prinsip
pemasaran syariah. Karakteristiknya mencakup pentauhidan Allah sebagai
bentuk spiritualitas dengan cara mematuhi hukum-hukum-Nya, ikhlas
dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Namun juga
ditekankan untuk bersikap etis dalam melakukan setiap pelayanan
terhadap konsumen. Jika semua unsur-unsur strategi tersebut dilakukan
dengan baik maka akan meningkatkan penggunaan produk yang secara
otomatis menambah profit bagi perusahaan.
B. Saran
Setelah menyelesaikan penelitian dan melakukan studi pustaka terhadap
penelitian ini, penyusun dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Perusahaan perlu melakukan promosi dengan target kalangan menengah
ke bawah, sehingga produk indihome dapat dikenal lebih luas lagi serta
mendapat respon positif terhadap masyarakat umum.
2. Dalam ajaran Islam tentu setiap muamalah adalah termasuk pula ibadah
maka sebaiknya selalu diingatkan agar senantiasa meluruskan niat-niat
dalam menjalankan setiap operasional perusahaan khususnya dalam hal
pemasaran. Dan diperlukan kesabaran untuk melakukan setiap strategi-
strategi perusahaan agar bisa tercapai apa yang menjadi tujuannya.
Ketersediaan
| SFEBI20200242 | 242/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
242/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
