Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SDN 220 Cinnong Kecematan Sibulue Kab.Bone
Rosmida/02.15.3203 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Minat
Belajar Siswa di Kelas V SDN 220 Cinnong Kecematan Sibulue Kab.Bone”. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran iklim sekolah di SDN 220
Cinnong. (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa di sekolah SDN 220
Cinnong. (3) untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap minat belajar siswa
di SDN 220 Cinnong.
Untuk memudahkan permasalahan tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kuantitatif, dengan mengunakan metode Fileld Research (Penelitian
Lapangan) dengan melakukan observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Data
yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi linear
sederhana yang di bantu dengan metode statistik. Adapun populasi dan sampel dalam
penelitian ini yakni siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Dalam
menentukan sampel penelitian mengunakan teknik sampel jenuh dengan mengambil
seluruh siswa kelas V di SDN 220 Cinnong Kec. Sibulue. Kab. Bone.
Hasil penelitian tersebut, dilihat dari hasil ujian regresi linier sederhana
bahwa variabel iklim sekolah berpengaruh nyata dari iklim sekolah terhadap minat
belajar siswa. Karena F hitung = 6,22 lebih besar dari F Tabel = 5,7861 atau P = 0,044 lebih
kecil dari nilai keritikal terdapat error alfh = 0,005 maka dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap minat belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dilakukan, di peroleh beberapa kesimpulan.
Kesimpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah.
Adapun simpulan-simpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel iklim sekolah (X) dapat diketahui
bahwa rata-rata variabel untuk iklim sekolah rata-rata untuk variabel Iklim
sekolah (X) adalah 62,5 %. Angka 62,5 % berada pada kategori baik yaitu
terletak pada interval antara 17-18. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa
Iklim Sekolah di SDN 220 Cinnong termasuk dalam kategori baik. Hal ini
membuktikan bahwa hipotesis pertama yang diajukan dapat di setujui atau
diterima atau terbukti kebenarannya.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel dapat diketahui bahwa rata-rata untuk
minat belajar siswa ( Y) adalah adalah 50 %. Angka 50 % berada pada
kategori tertinggi yaitu terletak pada interval antara 17-18. Dengan demikian,
dapat dibuktikan bahwa minat belajar siswa di SDN 220 Cinnong termasuk
kategori tinggi.
3. Berdasarkan hasil analisis persamaan regresi maka dapat di peroleh nilai a, b,
dan c maka persamaan regresi linier sederhana dapat ditemukan. Persamaan
regresi antara iklim sekolah dengan minat belajar siswa adalah: Y = -492 +
63,69 + -1,99 .Sedangkan berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan
bahwa terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap minat belajar
siswa. Karena f hitung Fh= 6,22 lebih besar dari F tabel f t = 5,7861 atau P =
0,044 lebih kecil dari nilai keritikal terdapat error alfh = 0,005 maka dapat
dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap
minat belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentangPengaruh iklim sekolah terhadap
minat belajar siswa di kelas V SDN 220 Cinnong Kec. Sibulue Kab. Bone saran
yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Belajar Siswa di Kelas V SDN 220 Cinnong Kecematan Sibulue Kab.Bone”. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran iklim sekolah di SDN 220
Cinnong. (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa di sekolah SDN 220
Cinnong. (3) untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap minat belajar siswa
di SDN 220 Cinnong.
Untuk memudahkan permasalahan tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kuantitatif, dengan mengunakan metode Fileld Research (Penelitian
Lapangan) dengan melakukan observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Data
yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi linear
sederhana yang di bantu dengan metode statistik. Adapun populasi dan sampel dalam
penelitian ini yakni siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Dalam
menentukan sampel penelitian mengunakan teknik sampel jenuh dengan mengambil
seluruh siswa kelas V di SDN 220 Cinnong Kec. Sibulue. Kab. Bone.
Hasil penelitian tersebut, dilihat dari hasil ujian regresi linier sederhana
bahwa variabel iklim sekolah berpengaruh nyata dari iklim sekolah terhadap minat
belajar siswa. Karena F hitung = 6,22 lebih besar dari F Tabel = 5,7861 atau P = 0,044 lebih
kecil dari nilai keritikal terdapat error alfh = 0,005 maka dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap minat belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dilakukan, di peroleh beberapa kesimpulan.
Kesimpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah.
Adapun simpulan-simpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel iklim sekolah (X) dapat diketahui
bahwa rata-rata variabel untuk iklim sekolah rata-rata untuk variabel Iklim
sekolah (X) adalah 62,5 %. Angka 62,5 % berada pada kategori baik yaitu
terletak pada interval antara 17-18. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa
Iklim Sekolah di SDN 220 Cinnong termasuk dalam kategori baik. Hal ini
membuktikan bahwa hipotesis pertama yang diajukan dapat di setujui atau
diterima atau terbukti kebenarannya.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel dapat diketahui bahwa rata-rata untuk
minat belajar siswa ( Y) adalah adalah 50 %. Angka 50 % berada pada
kategori tertinggi yaitu terletak pada interval antara 17-18. Dengan demikian,
dapat dibuktikan bahwa minat belajar siswa di SDN 220 Cinnong termasuk
kategori tinggi.
3. Berdasarkan hasil analisis persamaan regresi maka dapat di peroleh nilai a, b,
dan c maka persamaan regresi linier sederhana dapat ditemukan. Persamaan
regresi antara iklim sekolah dengan minat belajar siswa adalah: Y = -492 +
63,69 + -1,99 .Sedangkan berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan
bahwa terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap minat belajar
siswa. Karena f hitung Fh= 6,22 lebih besar dari F tabel f t = 5,7861 atau P =
0,044 lebih kecil dari nilai keritikal terdapat error alfh = 0,005 maka dapat
dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang nyata dari iklim sekolah terhadap
minat belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentangPengaruh iklim sekolah terhadap
minat belajar siswa di kelas V SDN 220 Cinnong Kec. Sibulue Kab. Bone saran
yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Ketersediaan
| ST20190075 | 75/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
75/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
