Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sifat Istiqamah dalam Kebaikan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Barebbo Kab. Bone
Satriani/02.14.1061 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peranan Pendidikan Agama Islam dalam
Pembinaan Sifat istiqamah dalam kebaikan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I
Barebbo Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu pertama,
gambaran pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa. kedua, pembinaan
sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa, dan ketiga, kontribusi Pendidikan Agama
Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif (qualitatif
research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan,
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa
fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang
bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pembinaan sifat istiqamah
dalam kebaikan menujukan bahwa sebagian besar siswa dapat melakukan hal-hal
yang baik dengan adanya pembinaan sifat istiqamah dan sebagian siswa yang lain
disebabkan oleh pengaruh yang ada dilingkungkan serta kurangnya kerja sama antara
guru dan orang tua siswa. Sedangkan pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan guru
menggunakan metode nasihat, keteladanan dan pembiasaan terhadap siswa. Dan
kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam
kebaikan pada siswa SMP Negeri I Barebbo yaitu dengan berupa penghargaan seperti
memberikan pujian, sanjungan dan penilaian yang tinggi dalam laporan hasil belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam bab
III mengenai peranan Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah
berperilaku baik pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Barebbo Kabupaten Bone, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Gambaran pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo yaitu membina atau membiasakan siswa untuk melakukan salat duhur
dan ashar berjamaah di mushallah tepat waktu, berpakaian rapi serta menjaga
sopan santun dan disiplin. Sedangkan sebab-sebab yang dialami yaitu
kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru serta karakter siswa yang
berbeda-beda membuat siswa susah untuk istiqamah dalam kebaikan.
2. Metode pembinaaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo yaitu melalui dengan cara menasehati siswa , menjadi teladan atau
contoh yang baik untuk siswa dan membiasakan siswa untuk selalu melakukan
hal-hal yang baik. dengan hal tersebut siswa mampu istiqamah dalam kebaikan,
baik untuk dirinya sendiri maupun kepada orang lain.
3. Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam
kebaikan pada siswa SMP Negeri I Barebbo yaitu bentuk kontribusi yang
diberikan guru terhadap siswa berupa penghargaan seperti pujian, sanjungan,
dan nilai plus dari guru-guru yang memberikan materi kepada siswa yang
berperilaku baik, baik itu dalam proses pembelajaran atau di luar pembelajaran
serta penilaian yang tinggi terhadap sikap siswa yang dapat istiqamah dalam
kebaikan.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan Pendidikan Agama Islam
dalam pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
I Barebbo Kabupaten Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai
berikut:
1. Kepada pihak kepala sekolah diharapkan untuk selalu mengontrol atau
menyampaikan kepada guru-guru untuk menerapkan pembinaan sifat istiqamah
dalam kebaikan terhadap siswa bukan hanya mentransfer ilmunya kepada siswa
saja.
2. Diharapkan kepada para guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam bukan
hanya memberikan materi pembelajaran saja kepada siswa namun sangat
penting untuk menanamkan pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan
terhadap siswa.
3. Kepada orangtua diharapkan tidak lepas tangan dari anak. Karena orangtua
harus tetap memperhatikan perilaku anak dilingkungan keluarga dan
lingkungan masyarakat, serta tetap menjaga kerja sama dengan para guru.
4. Diharapkan kepada para siswa untuk selalu istiqamah dalam kebaikan, baik itu
di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah atau dimana pun berada.
Pembinaan Sifat istiqamah dalam kebaikan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I
Barebbo Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu pertama,
gambaran pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa. kedua, pembinaan
sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa, dan ketiga, kontribusi Pendidikan Agama
Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif (qualitatif
research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan,
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa
fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang
bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pembinaan sifat istiqamah
dalam kebaikan menujukan bahwa sebagian besar siswa dapat melakukan hal-hal
yang baik dengan adanya pembinaan sifat istiqamah dan sebagian siswa yang lain
disebabkan oleh pengaruh yang ada dilingkungkan serta kurangnya kerja sama antara
guru dan orang tua siswa. Sedangkan pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan guru
menggunakan metode nasihat, keteladanan dan pembiasaan terhadap siswa. Dan
kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam
kebaikan pada siswa SMP Negeri I Barebbo yaitu dengan berupa penghargaan seperti
memberikan pujian, sanjungan dan penilaian yang tinggi dalam laporan hasil belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam bab
III mengenai peranan Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah
berperilaku baik pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Barebbo Kabupaten Bone, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Gambaran pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo yaitu membina atau membiasakan siswa untuk melakukan salat duhur
dan ashar berjamaah di mushallah tepat waktu, berpakaian rapi serta menjaga
sopan santun dan disiplin. Sedangkan sebab-sebab yang dialami yaitu
kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru serta karakter siswa yang
berbeda-beda membuat siswa susah untuk istiqamah dalam kebaikan.
2. Metode pembinaaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa SMP Negeri I
Barebbo yaitu melalui dengan cara menasehati siswa , menjadi teladan atau
contoh yang baik untuk siswa dan membiasakan siswa untuk selalu melakukan
hal-hal yang baik. dengan hal tersebut siswa mampu istiqamah dalam kebaikan,
baik untuk dirinya sendiri maupun kepada orang lain.
3. Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sifat istiqamah dalam
kebaikan pada siswa SMP Negeri I Barebbo yaitu bentuk kontribusi yang
diberikan guru terhadap siswa berupa penghargaan seperti pujian, sanjungan,
dan nilai plus dari guru-guru yang memberikan materi kepada siswa yang
berperilaku baik, baik itu dalam proses pembelajaran atau di luar pembelajaran
serta penilaian yang tinggi terhadap sikap siswa yang dapat istiqamah dalam
kebaikan.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan Pendidikan Agama Islam
dalam pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan pada siswa kelas VIII SMP Negeri
I Barebbo Kabupaten Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai
berikut:
1. Kepada pihak kepala sekolah diharapkan untuk selalu mengontrol atau
menyampaikan kepada guru-guru untuk menerapkan pembinaan sifat istiqamah
dalam kebaikan terhadap siswa bukan hanya mentransfer ilmunya kepada siswa
saja.
2. Diharapkan kepada para guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam bukan
hanya memberikan materi pembelajaran saja kepada siswa namun sangat
penting untuk menanamkan pembinaan sifat istiqamah dalam kebaikan
terhadap siswa.
3. Kepada orangtua diharapkan tidak lepas tangan dari anak. Karena orangtua
harus tetap memperhatikan perilaku anak dilingkungan keluarga dan
lingkungan masyarakat, serta tetap menjaga kerja sama dengan para guru.
4. Diharapkan kepada para siswa untuk selalu istiqamah dalam kebaikan, baik itu
di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah atau dimana pun berada.
Ketersediaan
| ST20190074 | 74/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
74/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
