Penerapan Strategi Lightening the Learning Climate dalam Upaya Menciptakan Suasana Belajar yang Efektif pada Mata Pelajajaran PAI di SMA Negeri 18 Bone
Muh. Aswar Swandi/ 02.15.1075 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai penerapan strategi Lightening the
Learning Climate dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Lightening the Learning
Climate dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone.
Untuk mengatasi masalah diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrument pedoman
obsevasi, pedoman wawancara dan alat dokumentasi berupa kamera. Data yang
diproleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan
penarikan kesimpulan (conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penerapan strategi Lightening the
Learning Climate pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA
Negeri 18 Bone telah berjalan dengan benar. Hal itu dibuktikan karena guru PAI telah
melakukan prosedur atau langkah-langkah strategi Lightening the Learning Climate
sesuai dengan teori yang ada. Pertama, melakukan kegiatan pembuka yang
menyenangkan. Kedua, pembagian siswa menjadi sub-sub kelompok dan memberi
tugas membuat suatu konsep, topik atau sebuah persoalan menarik dari materi yang
akan diajarkan. Ketiga, meminta siswa memaparkan hasil kerja sama yang dilakukan
dengan rekan kelompok tugasnya. Keempat, menanyakan apa yang siswa pelajari dari
kegiatan diskusi yang telah dilakukan. Dan strategi Lightening the Learning Climate
telah berkontribusi dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan penggunaan strategi Lightening the Learning Climate mampu
melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, mampu menarik minat dan
perhatian siswa untuk belajar, mampu membangkitkan motivasi belajar siswa,
mampu mengatasi perbedaan individual siswa dalam memahami materi yang
diajarkan sehingga siswa tidak merasa berbeda dengan siswa lainnya dan membuat
penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran menjadi lebih optimal dalam
mencapai tujuan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai
“Penerapan Strategi Lightening the Learning Climate dalam Upaya Menciptakan
Suasana Belajar yang Efektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMA Negeri 18 Bone”, dapat disimpulkan bahwa
1. Penerapan strategi Lightening the Learning Climate pada mata pelajaran
pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone telah berjalan dengan
benar. Hal itu dibuktikan karena guru PAI telah melakukan prosedur atau
langkah-langkah strategi Lightening the Learning Climate sesuai dengan teori
yang ada. Pertama, melakukan kegiatan pembuka yang menyenangkan. Kedua,
pembagian siswa menjadi sub-sub kelompok dan memberi tugas membuat
suatu konsep, topik atau sebuah persoalan menarik dari materi yang akan
diajarkan. Ketiga, meminta siswa memaparkan hasil kerja sama yang dilakukan
dengan rekan kelompok tugasnya. Keempat, menanyakan apa yang siswa
pelajari dari kegiatan diskusi yang telah dilakukan.
2. Penerapan strategi Lightening the Learning Climate telah berkontribusi dalam
upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan penggunaan strategi Lightening the Learning Climate
mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, mampu
menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar, mampu membangkitkan
motivasi belajar siswa, mampu mengatasi perbedaan individual siswa dalam
memahami materi yang diajarkan sehingga siswa tidak merasa berbeda dengan
siswa lainnya dan membuat penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran
menjadi lebih optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
1. Penulis menyarankan kepada masyarakat secara umum agar kiranya lebih
memperhatikan dan meningkatkan pendidikan dalam bidang Pendidikan Agama
Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penulis menyarankan kepada guru Pendidikan Agama Islam agar kiranya lebih
memperhatikan dan meningkatkan kinerja dalam proses belajar mengajar
pendidikan agama islam dan bimbingan ke arah yang lebih baik menggunakan
strategi yang mampu menghantarkan pencapaian hasil pembelajaran yang
diinginkan.
3. Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih sangat sederhana dan
masih jauh dari kesempurnaan. Sebagai langkah awal tentunya penulis
mengalami kesukaran dan keterbatasan kemampuan. Untuk itu penulis
berterima kasih kepada pembaca yang sempat memberikan saran untuk
perbaikannya.
Learning Climate dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Lightening the Learning
Climate dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone.
Untuk mengatasi masalah diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrument pedoman
obsevasi, pedoman wawancara dan alat dokumentasi berupa kamera. Data yang
diproleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan
penarikan kesimpulan (conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penerapan strategi Lightening the
Learning Climate pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA
Negeri 18 Bone telah berjalan dengan benar. Hal itu dibuktikan karena guru PAI telah
melakukan prosedur atau langkah-langkah strategi Lightening the Learning Climate
sesuai dengan teori yang ada. Pertama, melakukan kegiatan pembuka yang
menyenangkan. Kedua, pembagian siswa menjadi sub-sub kelompok dan memberi
tugas membuat suatu konsep, topik atau sebuah persoalan menarik dari materi yang
akan diajarkan. Ketiga, meminta siswa memaparkan hasil kerja sama yang dilakukan
dengan rekan kelompok tugasnya. Keempat, menanyakan apa yang siswa pelajari dari
kegiatan diskusi yang telah dilakukan. Dan strategi Lightening the Learning Climate
telah berkontribusi dalam upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan penggunaan strategi Lightening the Learning Climate mampu
melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, mampu menarik minat dan
perhatian siswa untuk belajar, mampu membangkitkan motivasi belajar siswa,
mampu mengatasi perbedaan individual siswa dalam memahami materi yang
diajarkan sehingga siswa tidak merasa berbeda dengan siswa lainnya dan membuat
penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran menjadi lebih optimal dalam
mencapai tujuan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai
“Penerapan Strategi Lightening the Learning Climate dalam Upaya Menciptakan
Suasana Belajar yang Efektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMA Negeri 18 Bone”, dapat disimpulkan bahwa
1. Penerapan strategi Lightening the Learning Climate pada mata pelajaran
pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone telah berjalan dengan
benar. Hal itu dibuktikan karena guru PAI telah melakukan prosedur atau
langkah-langkah strategi Lightening the Learning Climate sesuai dengan teori
yang ada. Pertama, melakukan kegiatan pembuka yang menyenangkan. Kedua,
pembagian siswa menjadi sub-sub kelompok dan memberi tugas membuat
suatu konsep, topik atau sebuah persoalan menarik dari materi yang akan
diajarkan. Ketiga, meminta siswa memaparkan hasil kerja sama yang dilakukan
dengan rekan kelompok tugasnya. Keempat, menanyakan apa yang siswa
pelajari dari kegiatan diskusi yang telah dilakukan.
2. Penerapan strategi Lightening the Learning Climate telah berkontribusi dalam
upaya menciptakan suasana belajar yang efektif pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 18 Bone. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan penggunaan strategi Lightening the Learning Climate
mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, mampu
menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar, mampu membangkitkan
motivasi belajar siswa, mampu mengatasi perbedaan individual siswa dalam
memahami materi yang diajarkan sehingga siswa tidak merasa berbeda dengan
siswa lainnya dan membuat penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran
menjadi lebih optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
1. Penulis menyarankan kepada masyarakat secara umum agar kiranya lebih
memperhatikan dan meningkatkan pendidikan dalam bidang Pendidikan Agama
Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penulis menyarankan kepada guru Pendidikan Agama Islam agar kiranya lebih
memperhatikan dan meningkatkan kinerja dalam proses belajar mengajar
pendidikan agama islam dan bimbingan ke arah yang lebih baik menggunakan
strategi yang mampu menghantarkan pencapaian hasil pembelajaran yang
diinginkan.
3. Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih sangat sederhana dan
masih jauh dari kesempurnaan. Sebagai langkah awal tentunya penulis
mengalami kesukaran dan keterbatasan kemampuan. Untuk itu penulis
berterima kasih kepada pembaca yang sempat memberikan saran untuk
perbaikannya.
Ketersediaan
| ST20190073 | 73/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
73/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
