Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Etika Berkomunikasi bagi Mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone.

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan
akhlak mahasisiwa Prodi PAI di IAIN Bone, mengetahui etika berkomunikasi
mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat proses penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam etika
berkomunikasi bagi mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone. Penulis melakukan
pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis, pendekatan sosiologis dan melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap
kesimpulan.
Hasil penelitian dari peneliti terkait penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam
etika berkomunikasi bagi mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone yakni: (1) Bentuk nilai-
nilai pendidikan akhlak mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone sudah cukup baik. Hal
tersebut dapat dilihat dari akhlak terhadap Allah, nilai-nilai yang diterapkan oleh
mahasiswa yaitu nilai tauhid, takwa, bersyukur, baik sangka dan tawakkal. Kedua
akhlak terhadap keluarga, nilai nilai yang diterapkan adalah berbakti kepada orang
tua, bersikap baik kepada saudara, membina dan mendidik keluarga. Ketiga akhlak
terhadap masyarakat kampus, nilai-nilai yang diterapkan adalah tolong menolong,
merendahkan diri terhadap sesama dan silaturahmi, yang terakhir adalah akhlak
terhadap lingkungan, adapun nilai-nilai yang diterapkan adalah menjaga dan
melindungi alam.(2) Etika berkomunikasi mahasiswa Prodi PAI di IAIN Bone sudah
cukup baik. Mahasiswa PAI mampu berkomunikasi dengan menerapkan prinsip etika
berkomunikasi dari segi yang pertama qaulan sadīdān (perkataan yang benar, lurus,
jujur) kedua qaulan balīgān (perkataan yang membekas pada jiwa) ketiga qaulan
layyinān (perkataan yang lemah lembut), keempat qaulan ma‘rūfān (perkataan yang
baik), kelima qaulan maisūrā (perkataan yang ringan), keenam qaulan karīmā
(perkataan yang mulia). (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam etika berkomunikasi bagi mahasiswa Prodi PAI di IAIN
Bone yaitu faktor pendukung : kepribadian mahasiswa yaitu adanya kemauan dan
semangat yang tinggi, sarana dan prasarana kampus, organisasi yang mendukung,
kebijakan kampus, pelayanan akademik dan kemahasiswaan dan lingkungan
keluarga. Adapun faktor penghambatnya adalah: kepribadian mahasiswa yaitu masih
kurangnya kesadaran, lingkungan luar yang mendukung dan penggunaan media sosial
secara berlebihan.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan mahasiswa Prodi PAI harus lebih
meningkatkan dan memperdalam pengetahuan dan pengalaman secara langsung
tentang penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam etika berkomunikasi, sehingga
mahasiswa menjadi lebih berkualitas terutama dalam etika berkomunikasinya.
Diharapkan kepada dosen IAIN Bone terkhusus dosen PAI lebih meningkatkan
penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak kepada mahasiswa, buka
Ketersediaan
ST20190069.69/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

69/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top