Peran guru akidah akhlak dalam pencegahan sifat hasad pada siswa di Mts Yapis Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peran guru akidah akhlak dalam pencegahan
sifat hasad pada siswa di Mts Yapis Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab. Bone. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif mengenai peran guru
akidah akhlak dalam pencegahan sifat hasad pada siswa di Mts Yapis Pattiro Bajo
Kec. Sibulue Kab. Bone. bagaimana pelaksanaan peran guru akidah akhlak dalam
pencegahan sifat hasad di Mts Yapis Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab. Bone.
Padapenelitianini, penulismenggunakanmetodefield research (riset lapangan),
metode yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian terhadap objek yang
diteliti dengan teknikobservasi, wawancaradandokumentasi. data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif dengan tiga tahap yaitu
tahap reduksi data, penyajian data, (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama pelaksanaan peran guru akidah akhlak
di Mts Yapis Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab. Bone. sudah dilakukan dengan baik
karena seorang pendidik harus mampu memperlakukan para siswa dengan
menghormati, menyangi dan mencintai, dan memberikan tauladan yang baik kepada
siswa dan melatih kesabaran dan kejujuran dengan mendidik dan membentuk siswa
berbudi pekerti yang mulia.Kedua upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi sifat
hasad pada siswa di Mts Yapis Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab Bone adalah dengan
memberikan diskusi, tanya jawab, ceramah tentang seputaran penyakit hasad disaat
berlangsungnya proses belajar-mengajar di dalam kelas dengan menggunakan
metode-metode yang mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh siswa.Ketiga
Kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi sifat hasad pada siswa
di Mts Yapis Pattiro Bajo kec. Sibulue Kab. Bone. karena kurangnya tenaga pengajar
yang membidangi pelajaran akidah akhlak. Meskipun masih terdapat kendala, namun
pembelajaran akidah akhlak selama ini sudah berjalan dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pelaksanaan peran guru Akidah Akhlak di MTs Yapis Pattiro Bajo sebagai
pembimbimg, sebagai penasehat, sebagai demonstrator dan menanamkan nilai-
nilai akhlak sudah dilakukan dengan baik. Mereka telah mampu memperlakukan
para siswa dengan menghormati, menyangi dan mencintai, dan memberikan
tauladan yang baik kepada siswa, dan melatih kesabaran dan kejujuran dengan
mendidik dan membentuk siswa berbudi pekerti yang mulia.
2. Upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi sifat hasad pada siswa di MTs Yapis
Pattiro Bajo Kec. Sibulue Kab. Bone. adalah dengan memberikan diskusi, tanya
jawab, ceramah tentang seputaran penyakit hasad disaat berlangsungnya proses
belajar-mengajar di dalam kelas dengan menggunakan metode-metode yang
mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh siswa, mereka telah melakukan
pembiasaan, keteladanan dan penyadaran terhadap siswanya.
3. Kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dalam mengatsi sifat hasad pada
siswa di MTs Yapis Pattiro Bajo kec. Sibulue Kab. Bone. karena kurangnya
tenaga pengajar yang membidangi pelajaran akidah akhlak. Meskipun masih
terdapat kendala, namun pembelajaran Akidah Akhlak selama ini sudah berjalan
dengan baik.
B. Implikasi
1. Bagi madrasah tetaplah memberikan yang terbaik bagi guru mata pelajaran
siswa/i. terus evaluasi pembelajaran yang khususnya pembelajaran akidah
akhlak, ciptakan suasana sekolah yang damai dan tentram. Berikan fasilitas
yang cukup agar selalu tercapai pembelajaran yang optimal, terutama untuk
guru pelajaran akidah akhlak, diharapkan kepada pihak sekolah untuk
menambahkan tenaga pengajar dibidang studi akidah akhlak.
2. Untuk guru bidang studi, ciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
bagi peserta didik, agar pembelajaran tidak kaku, serta berikan metode yang
bervariasi. Jadi hal ini peneliti menghimbau agar guru di sekolah menggunakan
berbagai macam metode untuk menunjang pembelajaran akidah akhlak yang
khususnya tentang penyakit hasad agar para siswa mengerti dan memahami
dampak dari penyakit hasad tersebut.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
ST20190135135/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

135/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top