Urgensi Penerapan Metode Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII MTs Componge Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Maemuna/02.15.1008 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Penerapan Metode Belajar
Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII MTs Componge
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui tentang penerapan metode belajar kelompok dalam proses
pembelajaran di kelas VII MTs Componge, gambaran sikap sosial siswa kelas VII
MTs Componge, dan kontribusi metode belajar kelompok dalam meningkatkan sikap
sosial siswa kelas VII MTs Componge.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode belajar
kelompok telah dilaksanakan dengan baik oleh guru kelas VII MTs Componge
dengan mengetahui dasar pengelompokkan yang menyebabkan guru menggunakan
metode tersebut dan penerapannya telah sesuai dengan langkah-langkah dari metode
belajar kelompok. Kedua, sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge melalui
penilaian sikap oleh guru dan juga siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs
sudah memiliki sikap sosial yang cukup baik berdasarkan indikator-indikator dari
sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun. Ketiga, penerapan metode belajar
kelompok telah berkontribusi dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VII MTs
Componge. Hal tersebut dikarenakan dalam penerapannya sesuai dengan langkah-
langkah yang benar sehingga sikap sosial yang belum ada pada diri siswa telah
tumbuh dengan baik. Sikap sosial yang sudah ada pada diri siswa telah
dikembangkan yaitu sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya,
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode belajar kelompok telah dilaksanakan dengan baik oleh guru
kelas VII MTs Componge dengan mengetahui dasar pengelompokkan yang
menyebabkan guru menggunakan metode tersebut. Penerapan metode belajar
kelompok yang dilakukan oleh guru kelas VII MTs Componge telah sesuai
dengan langkah-langkah dari metode belajar kelompok yaitu diawali dengan
memilih materi pembelajaran yang sesuai untuk menerapkan metode tersebut,
membentuk kelompok, pemberian tugas dan penilaian.
2. Sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge melalui penilaian sikap oleh guru
dan juga siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Componge sudah
memiliki sikap sosial yang cukup baik berdasarkan indikator-indikator dari
sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun. Sikap-sikap sosial tersebut
harus selalu dibiasakan dan dikembangkan karena merupakan unsur penting
dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari.
3. Penerapan metode belajar kelompok di kelas VII MTs telah berkontribusi
dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge. Beberapa
guru di kelas VII MTs Componge menerapkan metode belajar kelompok sesuai
dengan langkah-langkah yang benar sehingga sikap sosial yang belum ada pada
diri siswa telah tumbuh dengan baik. Sikap sosial yang sudah ada pada diri
siswa telah dikembangkan yaitu sikap toleransi, gotong royong dan sopan
santun.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Kepada guru untuk mengoptimalkan penerapan metode belajar kelompok
untuk meningkatkan sikap sosial siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan sikap sosial siswa.
Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII MTs Componge
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui tentang penerapan metode belajar kelompok dalam proses
pembelajaran di kelas VII MTs Componge, gambaran sikap sosial siswa kelas VII
MTs Componge, dan kontribusi metode belajar kelompok dalam meningkatkan sikap
sosial siswa kelas VII MTs Componge.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode belajar
kelompok telah dilaksanakan dengan baik oleh guru kelas VII MTs Componge
dengan mengetahui dasar pengelompokkan yang menyebabkan guru menggunakan
metode tersebut dan penerapannya telah sesuai dengan langkah-langkah dari metode
belajar kelompok. Kedua, sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge melalui
penilaian sikap oleh guru dan juga siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs
sudah memiliki sikap sosial yang cukup baik berdasarkan indikator-indikator dari
sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun. Ketiga, penerapan metode belajar
kelompok telah berkontribusi dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VII MTs
Componge. Hal tersebut dikarenakan dalam penerapannya sesuai dengan langkah-
langkah yang benar sehingga sikap sosial yang belum ada pada diri siswa telah
tumbuh dengan baik. Sikap sosial yang sudah ada pada diri siswa telah
dikembangkan yaitu sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya,
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode belajar kelompok telah dilaksanakan dengan baik oleh guru
kelas VII MTs Componge dengan mengetahui dasar pengelompokkan yang
menyebabkan guru menggunakan metode tersebut. Penerapan metode belajar
kelompok yang dilakukan oleh guru kelas VII MTs Componge telah sesuai
dengan langkah-langkah dari metode belajar kelompok yaitu diawali dengan
memilih materi pembelajaran yang sesuai untuk menerapkan metode tersebut,
membentuk kelompok, pemberian tugas dan penilaian.
2. Sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge melalui penilaian sikap oleh guru
dan juga siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Componge sudah
memiliki sikap sosial yang cukup baik berdasarkan indikator-indikator dari
sikap toleransi, gotong royong dan sopan santun. Sikap-sikap sosial tersebut
harus selalu dibiasakan dan dikembangkan karena merupakan unsur penting
dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari.
3. Penerapan metode belajar kelompok di kelas VII MTs telah berkontribusi
dalam meningkatkan sikap sosial siswa kelas VII MTs Componge. Beberapa
guru di kelas VII MTs Componge menerapkan metode belajar kelompok sesuai
dengan langkah-langkah yang benar sehingga sikap sosial yang belum ada pada
diri siswa telah tumbuh dengan baik. Sikap sosial yang sudah ada pada diri
siswa telah dikembangkan yaitu sikap toleransi, gotong royong dan sopan
santun.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Kepada guru untuk mengoptimalkan penerapan metode belajar kelompok
untuk meningkatkan sikap sosial siswa.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan metode belajar yang baik
dan benar dalam meningkatkan sikap sosial siswa.
Ketersediaan
| ST20190064 | 64/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
64/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
