Penerapan media pembelajaran games ular tangga dalam penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VII di MTs Mursyidul Awwam Cenrana Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan media pembelajaran games ular
tangga dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII
di MTs Mursyidul Awwam Cenrana kecamatan Cenrana kabupaten Bone. Hal yang
dikaji dalam skripsi ini yakni, peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab pada
siswa kelas VII di MTs Mursyidul Awwam cenrana, melalui penerapan media games
ular tangga dalam penguasaan kosakata bahasa arab padasiswa kelas VII di MTs
Mursyidul Awwam cenrana, kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik metode penelitian
kuantitatif ( The one Group pretest posttest Design). Dalam pengumpulan data
digunakan beberapa metode yakni melakukan tes (pretes dan posttes). Setelah data
terkumpul maka dianalisis yang menggunakan rumus statistik uji t o.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan penguasaan kosa
kata bahasa Arab telah terlaksana dengan baik sesuai dengan hasil penelitian. Hasil
penelitian pengaruh media games ular tangga mencapai 10% yang sebelumnya hanya
2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media media games
ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII efektif dalam menigkatkan
hafalan kosakata bahasa Arab MTs. Mursyidul Awwam kecematan Cenrana
Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah penulis uraikan dalam bab
III mengenai Gambaran secara umum pembelajaran bahasa Arab di MTs Mursyidul
Awwam Cenrana, bahwa peneliti menyimpulkan dari hasil observasi awal dan
wawancara secara langsung tanpa teks dengan pendidik bahwa dalam proses
pembelajaran, peserta didik dalam menerima pembelajaran bahasa Arab, dan
pendidik dalam menyalurkan ilmu hanya dengan menggunakan metode ceramah, dan
tidak terdapat media pembelajaran, karena disebabkan prasarana kurang mendukung.
Penerapan media pembelajaran games ular tangga dalam meningkatkan
pengausaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelass VII di MTs Mursyidul Awwam
Cenrana Kecemataan Cenrana Kebupaten Bone, maka dapat di tarik kesimpulan
bahwa adapun hasil dari datapretest dan posttest, yang tergambarkan pada grafik
pretest dan postetst, menunjukan bahwa kemampuan siswa sebelum penerapan
media games ular tangga dapat dilihat dari nilai pretest yang menunjukan bahwa nilai
rata-rata dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa, yaitu 20 hal ini
menggambarkan bahwa tingkatan hafalan kosa katanya sangat kurang, maka
dilakukanlah sebuah perlakuan, dengan menerapkan media games ular tangga, maka
dapat dilihat pada data posttest, menunjukan nilai mean (rata-rata) yaitu 51,8, maka
peneliti menyimpulkan, bahwa penerapan games ular tangga dalam meningkatkan
penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa MTs Mursyidul Awwam Cenrana,
Kecematan Cenrana, Kebupaten Bone, dapat dinyatakan sangat meningkat.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya penulis memberi saran semata-
mata sebagai masukan khusunyakepada guru mata pelajaran bahasa Arab hendaknya
produk media ular tangga yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan
pasca pengembangan dengan menggunakan media permaianan ular tangga dalam
pembelajarana Bahasa Arab. Bagi pengembang berikutnya, diharapkan dapat
melakukan uji coba dengan subjek yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang
lebih lama untuk mendapatkan tingkat keefektifan dan efisiensi yang lebih baik,
khusunya pengaplikasian pada hafalan kosa kata bahasa arab. Ini semua penulis
lakukan bukan berarti ingin memberi nasihat bagi pendidik, Namun hanya sebgai
wujud kecintaan dan perhatian penulis kepada semua pihak.
Untuk semua pendidik hendaknya tidak ada henti-hentinya menjalin
hubungan komunikasi dengan pendidik lainya, peserta didik, tenaga kependidikan
maupun orang tua dan masyarakat agar terjaling hubungan yang lebih efektif
sehinggah dapat bergaul dan terjalin persaudaraan serta silatuhrahmi sehingga dapat
bekerjasama dalam melakukan kegiatan di sekolah ataupun hal yang terkait dengan
siswa itu sendiri.
Untuk semua siswa diharapkan agar senantiasa terjalin hubungan dengan baik
kesesamaa pendidik, tenaga kependidikan ataupun siswa lain agar lebih mudah untuk
berkomunikasi yang baik dan memebrikan kesan yang baik, apalagi dalam wilayah
pembelajaran, disarankan supaya lebih aktif dan kreatif sehingga siswa dapat
melakukan sesuai yang diharapkan agar selalu tertanam pembelajaran tersebut dalam
diri siswa.
Ketersediaan
ST20180261261/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

261/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top