Penerapan Metode Main Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Sisa Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah As’adiyah no 5 Uloe Kab. Bone
Ambo Asse/ 02.14.2021 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Penerapan Metode Main Peran Dalam
Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di Madrasah
Tsanawiya As’adiyah No 5 Uloe. Hal yang penting dikaji dalam skripsi adalah
Bagaiman Bentuk Penerapan Metode Main Peran Di Mts As’adiyah Uloe, Bagaimana
Tingkat Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Dan Bagaimana
Kontribusi Penerapan Main Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa
Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiya As’adiyah Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, bentuk penerapan main peran
yaitu dengan kooperatif atau berkelompok. Kedua tingkat kemampuan muhadatsa
bahasa arab siswa kelas IX,dengan adahnya metode main peran ini mampu
meningkatkan kemampuan muhadatsa bahasa arab siswa dimana sebelumnya
memiliki rata-rata 20 persen dari hasil pengamatan peneliti dengan melakukan
percakapan langsung dengan siswa,dan akhir nya meningkat menjadi 50 persen dari
hasil peraktik main peran dan yang ketiga kontibusi siswa dalam penerapan metode
main peran dalam meningkatkan kemampuan muhadatsa bahasa arab siswa kelas IX
di MTs as’adiyah no 5 uloe, dimana siswa kelas IX sangat antusias dalam belajar dan
siswa berkontribusi dalam penerapan metode main peran ini.
A . simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk Penerapan metode main peran di madrasah tsanawiyah
as’adiyah no 5 uloe yaitu dengan gaya kooperatif atau
berkelompok,dimana dalam satu kelompok terdiri atas 5 siswa untuk
memarankan suatu adegan yang disusun oleh peulis dan penerapan
metode main peran dapat memberikan suatu kesenangan siswa dalam
belajar, memudahkan siswa memahami pelajaran dan dapat memberikan
suatu perubahan dan mampu meningkatkan kemampuan muhadatsa
bahasa arab.
metode ini mampu membantu siswa mudah memahami pelajaran
dan mudah untuk mengaplikasikan atau berbicara bahasa arab , serta
metode ini membuat siswa aktif dalam berkomunikasi bahasa arab.
Karena melalui metode ini , siswa berbicara langsung kepada lawan
bicara, atau metode ini langsung memberikan suatu percakapan bahasa
arab yang meliputi kegiatan sehari-hari atau percakapan harian.
2. penerapan metode main peran meningkatkan kemampuan muhadatsa
bahasa arab pada siswa kelas IX Mts as’adiyah no 5 uloe,karena metode
ini memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi ajar,
dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, dan metode ini juga
membuat siswa semangat dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa
arab dan menyenangkan siswa untuk berpartisipasi dalam meningkatkan
kemampuan muhadatsa bahasa arab.
3. Dalam meningkatkan kemampuan muhadtsa bahasa arab siswa kelas IX,
ini tak lepas dari kotribusi siswa selama peneulis menerapkan metode
main peran. Siswa sangat antusias dalam mengikuti pelajaran
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian yang berjudul Penerapan Metode Main Peran
Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di
Madratsa Tsanawiya As’adiyah No 5 Uloe maka saran yang akan penliti sampaikan
sebagai berikut:
1. Hendaknya seorang pengajar memberikan suatu metode yang mudah dan
menyenangkan
2. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
belajar kepada siswa serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya seorang pengajar mengontrol siswa dalam proses pembelajaran.
Dan hendaknya siswa berkontribusi dalam proses pembelajaran
Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di Madrasah
Tsanawiya As’adiyah No 5 Uloe. Hal yang penting dikaji dalam skripsi adalah
Bagaiman Bentuk Penerapan Metode Main Peran Di Mts As’adiyah Uloe, Bagaimana
Tingkat Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Dan Bagaimana
Kontribusi Penerapan Main Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa
Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiya As’adiyah Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, bentuk penerapan main peran
yaitu dengan kooperatif atau berkelompok. Kedua tingkat kemampuan muhadatsa
bahasa arab siswa kelas IX,dengan adahnya metode main peran ini mampu
meningkatkan kemampuan muhadatsa bahasa arab siswa dimana sebelumnya
memiliki rata-rata 20 persen dari hasil pengamatan peneliti dengan melakukan
percakapan langsung dengan siswa,dan akhir nya meningkat menjadi 50 persen dari
hasil peraktik main peran dan yang ketiga kontibusi siswa dalam penerapan metode
main peran dalam meningkatkan kemampuan muhadatsa bahasa arab siswa kelas IX
di MTs as’adiyah no 5 uloe, dimana siswa kelas IX sangat antusias dalam belajar dan
siswa berkontribusi dalam penerapan metode main peran ini.
A . simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk Penerapan metode main peran di madrasah tsanawiyah
as’adiyah no 5 uloe yaitu dengan gaya kooperatif atau
berkelompok,dimana dalam satu kelompok terdiri atas 5 siswa untuk
memarankan suatu adegan yang disusun oleh peulis dan penerapan
metode main peran dapat memberikan suatu kesenangan siswa dalam
belajar, memudahkan siswa memahami pelajaran dan dapat memberikan
suatu perubahan dan mampu meningkatkan kemampuan muhadatsa
bahasa arab.
metode ini mampu membantu siswa mudah memahami pelajaran
dan mudah untuk mengaplikasikan atau berbicara bahasa arab , serta
metode ini membuat siswa aktif dalam berkomunikasi bahasa arab.
Karena melalui metode ini , siswa berbicara langsung kepada lawan
bicara, atau metode ini langsung memberikan suatu percakapan bahasa
arab yang meliputi kegiatan sehari-hari atau percakapan harian.
2. penerapan metode main peran meningkatkan kemampuan muhadatsa
bahasa arab pada siswa kelas IX Mts as’adiyah no 5 uloe,karena metode
ini memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi ajar,
dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, dan metode ini juga
membuat siswa semangat dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa
arab dan menyenangkan siswa untuk berpartisipasi dalam meningkatkan
kemampuan muhadatsa bahasa arab.
3. Dalam meningkatkan kemampuan muhadtsa bahasa arab siswa kelas IX,
ini tak lepas dari kotribusi siswa selama peneulis menerapkan metode
main peran. Siswa sangat antusias dalam mengikuti pelajaran
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian yang berjudul Penerapan Metode Main Peran
Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsa Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di
Madratsa Tsanawiya As’adiyah No 5 Uloe maka saran yang akan penliti sampaikan
sebagai berikut:
1. Hendaknya seorang pengajar memberikan suatu metode yang mudah dan
menyenangkan
2. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
belajar kepada siswa serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
3. Hendaknya seorang pengajar mengontrol siswa dalam proses pembelajaran.
Dan hendaknya siswa berkontribusi dalam proses pembelajaran
Ketersediaan
| ST20180263 | 263/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
263/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
