Urgensi Kreativitas Guru menggunakan Media AudioVisual dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Awangpone
:Risnawati/02.14.106 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi kreativitas guru menggunakanakan
media audio visual dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif kreativitas guru PAI
dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran di SMP
Negeri 4 Awangpone. Implikasi penggunaan media audio visual dapat membuat
siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Awangpone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (kualitatif research) dengan menggunakan pendekatan
teologis normatif, paedagogis dan psikologis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan
reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media audio visual
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Awangpone dalam
proses pembelajaran telah membuat siswa menjadi aktif, termotivasi dan lebih
memahami materi yang di samapaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Proses
belajar mengajar dengan menggunakan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan tidak bersikap pasif dalam proses pemelajaran. Oleh karena it,
penggunaan media berperan penting karena telah membantu guru dalam
menyampaikan materinya dengan singkat dan mudah di pahami oleh siswa.
sehingga tujuan pembelajaran telah tercapai sesuai dengan apa yang di inginkan.
2) Implikasi dari penggunaan media audio visual di SMP Negeri 4 Awangpone
telah membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Media audio visual
yang digunakan oleh guru pendidikan agama islam memiliki dampak positif dan
negatif. Dampak positif penggunaan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan bersikap akti dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran
dengan menggunakan media audio visual dapat menumbuhkan kreativitas siswa
sesuai dengan bakat dan potensinya selama proses pembelajaran berlangsung.
sedangkan dampak negatifnya siswa terkadang bosan dengan penayangan oleh
guru sehingga siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah di paparkan dalam babab sebelumya,
dapat di simpulkan sbagai berikut:
1. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMP Negeri 4 Awangpone dalam proses pembelajaran telah
membuat siswa menjadi aktif, termotivasi dan lebih memahami materi
yang di samapaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Proses belajar
mengajar dengan menggunakan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan tidak bersikap pasif dalam proses pemelajaran. Oleh
karena it, penggunaan media berperan penting karena telah membantu
guru dalam menyampaikan materinya dengan singkat dan mudah di
pahami oleh siswa. sehingga tujuan pembelajaran telah tercapai sesuai
dengan apa yang di inginkan.
2. Implikasi dari penggunaan media audio visual di SMP Negeri 4
Awangpone telah membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Media audio visual yang digunakan oleh guru pendidikan agama islam
memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif penggunaan media
audio visual telah membuat siswa lebih fokus dan bersikap akti dalam
proses pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan media
audio visual dapat menumbuhkan kreativitas siswa sesuai dengan bakat
dan potensinya selama proses pembelajaran berlangsung. sedangkan
dampak negatifnya siswa terkadang bosan dengan penayangan oleh guru
sehingga siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang di lakukan dan setelah memperhatikan hasilnya
menyarankan sebagai berikut:
1. Kepada guru PAI
Dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan media
audio visual dalam pembelajaran agar dapat membatu untuk mencapai hasil
yang di inginkan. Untuk itu guru harus senang tiasa memperhatikan siswa
yang kurang pokus dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.
2. Kepada siswa
Agar apa yg menjadi impian, hendaknya harus selalu bersikap aktif
dalam proses pembelajaran dan bersugguh-sunguh untuk mendapatkan
pemahaman ilmu pengetahuan yang di sampaikan oleh guru serta selalu
berprilaku terpuji untuk membentuk pribadi yang baik.
3. Kepada penelitian selanjutnya
Kepada peneliti selanjutnya di harapkan semoga dapat melakukan
penelitian lanjuan sehingga dapat membantu guru PAI dengan
memanfaatkan media pembelajaran seperti media audio visual karena
pemakaian media tersebut merupakan komponen penunjang keberhasilan
pembelajaran.
media audio visual dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif kreativitas guru PAI
dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran di SMP
Negeri 4 Awangpone. Implikasi penggunaan media audio visual dapat membuat
siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Awangpone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (kualitatif research) dengan menggunakan pendekatan
teologis normatif, paedagogis dan psikologis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan
reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media audio visual
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Awangpone dalam
proses pembelajaran telah membuat siswa menjadi aktif, termotivasi dan lebih
memahami materi yang di samapaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Proses
belajar mengajar dengan menggunakan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan tidak bersikap pasif dalam proses pemelajaran. Oleh karena it,
penggunaan media berperan penting karena telah membantu guru dalam
menyampaikan materinya dengan singkat dan mudah di pahami oleh siswa.
sehingga tujuan pembelajaran telah tercapai sesuai dengan apa yang di inginkan.
2) Implikasi dari penggunaan media audio visual di SMP Negeri 4 Awangpone
telah membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Media audio visual
yang digunakan oleh guru pendidikan agama islam memiliki dampak positif dan
negatif. Dampak positif penggunaan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan bersikap akti dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran
dengan menggunakan media audio visual dapat menumbuhkan kreativitas siswa
sesuai dengan bakat dan potensinya selama proses pembelajaran berlangsung.
sedangkan dampak negatifnya siswa terkadang bosan dengan penayangan oleh
guru sehingga siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah di paparkan dalam babab sebelumya,
dapat di simpulkan sbagai berikut:
1. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMP Negeri 4 Awangpone dalam proses pembelajaran telah
membuat siswa menjadi aktif, termotivasi dan lebih memahami materi
yang di samapaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Proses belajar
mengajar dengan menggunakan media audio visual telah membuat siswa
lebih fokus dan tidak bersikap pasif dalam proses pemelajaran. Oleh
karena it, penggunaan media berperan penting karena telah membantu
guru dalam menyampaikan materinya dengan singkat dan mudah di
pahami oleh siswa. sehingga tujuan pembelajaran telah tercapai sesuai
dengan apa yang di inginkan.
2. Implikasi dari penggunaan media audio visual di SMP Negeri 4
Awangpone telah membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Media audio visual yang digunakan oleh guru pendidikan agama islam
memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif penggunaan media
audio visual telah membuat siswa lebih fokus dan bersikap akti dalam
proses pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan media
audio visual dapat menumbuhkan kreativitas siswa sesuai dengan bakat
dan potensinya selama proses pembelajaran berlangsung. sedangkan
dampak negatifnya siswa terkadang bosan dengan penayangan oleh guru
sehingga siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang di lakukan dan setelah memperhatikan hasilnya
menyarankan sebagai berikut:
1. Kepada guru PAI
Dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan media
audio visual dalam pembelajaran agar dapat membatu untuk mencapai hasil
yang di inginkan. Untuk itu guru harus senang tiasa memperhatikan siswa
yang kurang pokus dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.
2. Kepada siswa
Agar apa yg menjadi impian, hendaknya harus selalu bersikap aktif
dalam proses pembelajaran dan bersugguh-sunguh untuk mendapatkan
pemahaman ilmu pengetahuan yang di sampaikan oleh guru serta selalu
berprilaku terpuji untuk membentuk pribadi yang baik.
3. Kepada penelitian selanjutnya
Kepada peneliti selanjutnya di harapkan semoga dapat melakukan
penelitian lanjuan sehingga dapat membantu guru PAI dengan
memanfaatkan media pembelajaran seperti media audio visual karena
pemakaian media tersebut merupakan komponen penunjang keberhasilan
pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20190063. | 63/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
63/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
