Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) perspektif Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentng Sistem Pendidikan Nasional (studi SMP Amir Islam Panyula)
Sargita/01.14.4174 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi dana bantuan operasional
sekolah (BOS) perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Studi SMP Amir Islam Panyula). Masalah ini dianalisis dengan
pendekatan yuridis empiris yang dibahas dengan teknik analisis data secara kualitatif.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research).Dan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi pengelolaan dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai program pembiayaan gratis untuk siswa
tidak mampu di SMP Amir Islam Panyula. efektivitas penyaluran dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) sebagai program pembiayaan gratis untuk siswa tidak
mampu di SMP Amir Islam Panyula.
Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai pengelolaan dan penyaluran
BOS dilaksanakan dengan baik tetapi belum cukup optimal sehingga masih perlu
pengelolaan dana yang efektif. Menjadi kendala dalam melakukan pengelolaan dana
dari segi mekanisme pencairan dana BOS, dan dari segi penggunaan dana BOS, tidak
semua rencana anggaran sesuai dengan yang diharapkan karena adanya petunjuk
teknis yang berbeda tiap tahun. Oleh karena itu, kepala sekolah serta bendahara harus
lebih meningkatkan lagi upaya pengelolaan pembiayaan dana pendidikan khususnya
bagi siswa tidak mampu agar tujuan dana Bantuan Operasional Sekolah dapat
terlakasana sesuai dengan peraturang perundang-undangan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pengelolaan di SMP Amir Islam Panyula berdasarkan fungsi dana
Bantuan Operasional dalam pengelolaan pendanaan pada dasarnya diutamakan
bagi siswa kurang mampu serta membantu peserta didik untuk mendapatkan
pendidikan yang bebas biaya dan bermutu khsususnya bagi siswa tidak
mampumasih belum efisien dikarenakan masih ada pembayaran buku yang
bersifat nonpersonalia yang sudah didanai oleh dana BOS dikarenakan sekolah
tersebut adalah sekolah swasta yang sifatnya independen serta tunduk pada aturan
yayasan.
2. Penyaluran pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP Amir Islam
Panyula pada dasarnya diutamakan bagi siswa kurang mampu berdasarkan dari
ketersediaan dana serta membantu peserta didik untuk mendapatkan pendidikan
yang bebas biaya dan bermutu khsususnya bagi siswa tidak mampu. Tahap awal
dan penerapan program ini adalah dengan membebaskan biaya operasional bagi
peserta didik yang kurang mampu. Penyaluran pengelolaan dana Bantuan
Operasional Sekolah di SMP Amir Islam Panyula belum efektif dikarenakan pihak
sekolah masih memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki ekonomi keatas
tetapi siswa yang memiliki ekonomi menengah kebawah tidak mendapatkan
dikarenakan data yang diambil mengikuti data yang berasal dari sekolah asal siswa
yang sebelumnya mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan memperhatikan hasil-
hasilnya, maka implikasi penelitian dari penulis adalah sebagai berikut:
a. Kepala sekolah dalam melakukan tugasnya terkait pengelolaan penyaluran
Bantuan Operasional Sekolah harus lebih teliti dalam mengelola keuangan agar
penyalurannya dapat lebih efektif dan efisien.
b. Diharapkan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah diberikan bagi siswa
yang tidak mampu dapat menerima bantuan agar dapat mencapai tujuan wajib
belajar 9 tahun.
c. Diharapkan tidak ada lagi pungutan pembayaran yang sudah didanai oleh dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
sekolah (BOS) perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Studi SMP Amir Islam Panyula). Masalah ini dianalisis dengan
pendekatan yuridis empiris yang dibahas dengan teknik analisis data secara kualitatif.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research).Dan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impelementasi pengelolaan dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai program pembiayaan gratis untuk siswa
tidak mampu di SMP Amir Islam Panyula. efektivitas penyaluran dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) sebagai program pembiayaan gratis untuk siswa tidak
mampu di SMP Amir Islam Panyula.
Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai pengelolaan dan penyaluran
BOS dilaksanakan dengan baik tetapi belum cukup optimal sehingga masih perlu
pengelolaan dana yang efektif. Menjadi kendala dalam melakukan pengelolaan dana
dari segi mekanisme pencairan dana BOS, dan dari segi penggunaan dana BOS, tidak
semua rencana anggaran sesuai dengan yang diharapkan karena adanya petunjuk
teknis yang berbeda tiap tahun. Oleh karena itu, kepala sekolah serta bendahara harus
lebih meningkatkan lagi upaya pengelolaan pembiayaan dana pendidikan khususnya
bagi siswa tidak mampu agar tujuan dana Bantuan Operasional Sekolah dapat
terlakasana sesuai dengan peraturang perundang-undangan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pengelolaan di SMP Amir Islam Panyula berdasarkan fungsi dana
Bantuan Operasional dalam pengelolaan pendanaan pada dasarnya diutamakan
bagi siswa kurang mampu serta membantu peserta didik untuk mendapatkan
pendidikan yang bebas biaya dan bermutu khsususnya bagi siswa tidak
mampumasih belum efisien dikarenakan masih ada pembayaran buku yang
bersifat nonpersonalia yang sudah didanai oleh dana BOS dikarenakan sekolah
tersebut adalah sekolah swasta yang sifatnya independen serta tunduk pada aturan
yayasan.
2. Penyaluran pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP Amir Islam
Panyula pada dasarnya diutamakan bagi siswa kurang mampu berdasarkan dari
ketersediaan dana serta membantu peserta didik untuk mendapatkan pendidikan
yang bebas biaya dan bermutu khsususnya bagi siswa tidak mampu. Tahap awal
dan penerapan program ini adalah dengan membebaskan biaya operasional bagi
peserta didik yang kurang mampu. Penyaluran pengelolaan dana Bantuan
Operasional Sekolah di SMP Amir Islam Panyula belum efektif dikarenakan pihak
sekolah masih memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki ekonomi keatas
tetapi siswa yang memiliki ekonomi menengah kebawah tidak mendapatkan
dikarenakan data yang diambil mengikuti data yang berasal dari sekolah asal siswa
yang sebelumnya mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan memperhatikan hasil-
hasilnya, maka implikasi penelitian dari penulis adalah sebagai berikut:
a. Kepala sekolah dalam melakukan tugasnya terkait pengelolaan penyaluran
Bantuan Operasional Sekolah harus lebih teliti dalam mengelola keuangan agar
penyalurannya dapat lebih efektif dan efisien.
b. Diharapkan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah diberikan bagi siswa
yang tidak mampu dapat menerima bantuan agar dapat mencapai tujuan wajib
belajar 9 tahun.
c. Diharapkan tidak ada lagi pungutan pembayaran yang sudah didanai oleh dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Ketersediaan
| SS20190094 | 94/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
94/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
