Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an pada Santri TK/TPA At-Taubah Desa Lattekko Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan kualitas bacaan
al-Qur’an pada santri TK/TPA at-taubah Desa Lattekko Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam
meningkatkan bacaan al-Qur’an pada santri TK/TPA At-Taubah, untuk mengetahui
faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas
bacaan al-Qur’an bagi santri TK/TPA At-Taubah.
Penulis melakukan pendekatan sosiologis, paedagogik, psikologis dan
melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi, dan obeservasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan.
Hasil penelitian dari penelitian terkait upaya guru dalam meningkatkan bacaan
al-Qur’an pada santri TK/TPA At-Taubah yaitu upaya guru sebagai pembimbing
yaitu guru bertanggung jawab dalam meningkatkan bacaan al- Qur'an santri sehingga
membawa perubahan dari yang belum mengerti tajwid sampai lancar membaca al-
Qur'an, upaya guru sebagai demonstrator yaitu guru berusaha mengikuti
perkembangan teknologi sehingga memudahkan untuk mengajar santri dalam
membaca al-Qur'an, upaya guru sebagai fasilitator yaitu guru menyediakan ilmu dan
berbagai sumber belajar yang dapat digunakan santri ketika akan membaca al-Qur'an,
upaya guru sebagai evaluator yaitu guru melakukan penilaian dari berbagai cara
mulai dari ketepatan santri datang ke masjid, proses membaca al- Qur'an sampai
santri tiba waktu pulang.
Faktor pendukung santri dalam membaca al- Qur'an yaitu tersedia sarana dan
prasarana yang cukup kondusif dan santri mempunyai niat untuk bersungguh-
sungguh membaca al-Qur'an dan faktor penghambat yaitu kurang kesadaran guru
dan santri dalam memahami pentingnya membaca al-Qur'an sehingga terkadang ada
guru yang tidak hadir mengajar dan ada santri yang bermalas-malasan di rumah tidak
datang ke masjid membaca al-Qur'an.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Upaya guru dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an pada Santri TK/TPA At-
Taubah Desa Lattekko yaitu guru menjalankan upaya sebagai seorang guru
yang meliputi peran guru sebagai belajar-mengajar dalam membimbing,
mendemonstrator, memfasilitasi, dan mengevaluasi santri, peran guru sebagai
pembimbing yang di maksud yaitu guru mempunyai tanggung jawab dalam
mengajar santri membaca al-Qur'an mulai dari membaca iqro sampai khatam
dengan bacaan yang fasih sesuai dengan ilmu tajwid, peran guru sebagai
demonstrator yaitu guru mengikuti perkembangan zaman dalam mengajar
membaca al-Qur'an dan senantiasa mengetahui ilmu yang akan diajarkan, peran
guru dalam memfasilitasi yaitu guru menyediakan berbagai sarana yang
kondusif seperti berbagai al-Qur'an yang berbeda pengarang, buku-buku yang
dapat mendukung proses dalam membaca al-Qur'an, peran guru dalam
mengevaluasi yaitu guru melakukan penilaian mengenai kelancaran santri
dalam membaca al-Qur'an.
2. Faktor yang menjadi pendukung dalam meningkatkan kualitas bacaan al-
Qur’an bagi Santri TK/TPA At-Taubah Desa Lattekkko meliputi metode king
(kick) boxing Thailand,metode link new habbit with old habbit,metode
intellegent repetition, metode khalaqoh yang di maksud tersedia sarana dan
prasarana yang cukup kondusif sehingga santri bersungguh-sungguh dalam
membaca al-Qur’an dan faktor penghambatdalam meningkatkan kualitas
bacaan al-Qur’an bagi Santri TK/TPA At-Taubah Desa Lattekkko meliputi
metode king (kick) boxing Thailand,metode link new habbit with old
habbit,metode intellegent repetition, metode khalaqoh yaitu guru tidak hadir
semua dalam mengajar, guru yang lain kesusahan mengontrol santri dalam
membaca al-Qur’an sehingga banyaksantri tidak konsentrasi dalam membaca
al-Qur’an dan lebih banyak bermain dengan santri yang lain.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
pada santri dalam memberikan sarana dan prasarana pada santri.
2. Kepada guru TK/TPA hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan santri dalam
membaca al-Qur’an.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
ST2019005858/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

58/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top