Peranan Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Muslim bagi Siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Peranan Guru PAI dalam Pembentukan
Kepribadian Muslim bagi Siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa”. Hal yang dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana usaha guru PAI dalam
pembentukan kepribadian muslim bagi siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa, apa faktor
pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian muslim bagi siswa di
MIS Al-Ikhwan Cempa, dan bagaimana kontibusi guru PAI dalam pembentukan
kepribadian muslim bagi siwa di MIS Al-Ikhwan Cempa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: Peranan guru PAI dalam
pembentukan kepribadian muslim di MIS Al-Ikhwan Cempa sudah mengalami
perkembangan dengan baik. dilihat dari keseluruhan peranan guru PAI yakni peran
guru dalam proses belajar mengajar, secara pengadmisitrasian, secara pribadi, serta
secara psikologi. Setiap guru sudah mampu membimbing siswa untuk senantiasa
berakhlak yang baik, menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat
kecerdasan yang dimiliki oleh siswa, mampu mengelola kelas menjadi lebih hidup,
serta menumbuhkan motivasi siswa. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat
dalam pembentukan kepribadian muslim bagi siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa.
Faktor pendukungnya antara lain: guru memiliki pengetahuan agama yang memadai,
guru yang profesional dalam menerapkan pengajaran dengan baik, kegiatan membaca
al-Qur’an sekali dalam seminggu, pengajaran tentang ketuhanan dan akhlak yang
mulia, serta faktor internal yakni diri pribadi dan keluarga. Sedangkan faktor
penghambatnya antara lain: kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya dorongan
dari orang tua, tingkat kesadaran siswa yang kurang dalam membentuk pribadi-
pribadi muslim, serta faktor eksternal yakni dari lingkungan. Ketiga, Guru PAI sudah
berkontribusi dalam pembentukan kepribadian muslim bagi siswa di MIS Al-Ikhwan
Cempa yang terdiri atas kejasmanian, kejiwaan dan kerohanian. Hal tersebut dapat
dibuktikan bahwa dalam membentuk kepribadian muslim bagi siswa guru PAI
sangatlah berperan penting menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa,
menanamkan pesan-pesan moral, serta memberikan cerminan atau teladan yang baik
kepada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data hasil penelitian tentang judul
“Peranan Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Muslim bagi Siswa di MIS Al-
Ikhwan Cempa”, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan guru PAI dalam pembentukan kepribadian muslim di MIS Al-Ikhwan
Cempa sudah mengalami perkembangan dengan baik. dilihat dari keseluruhan
peranan guru PAI yakni peran guru dalam proses belajar mengajar, secara
pengadmisitrasian, secara pribadi, serta secara psikologi. Setiap guru sudah
mampu membimbing siswa untuk senantiasa berakhlak yang baik,
menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kecerdasan
yang dimiliki oleh siswa, mampu mengelolah kelas menjadi lebih hidup, serta
menumbuhkan motivasi siswa.
2. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian muslim
bagi siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa. Faktor pendukungnya antara lain: guru
memiliki pengetahuan agama yang memadai, guru yang profesional dalam
menerapkan pengajaran dengan baik, kegiatan membaca al-Qur’an sekali dalam
seminggu, pengajaran tentang ketuhanan dan akhlak yang mulia, serta faktor
internal yakni diri pribadi dan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya
antara lain: kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya dorongan dari orang
tua, tingkat kesadaran siswa yang kurang dalam membentuk pribadi-pribadi
muslim, serta faktor eksternal yakni dari lingkungan
3. Guru PAI sudah berkontribusi dalam pembentukan kepribadian muslim bagi
siswa di MIS Al-Ikhwan Cempa yang terdiri atas kejasmanian, kejiwaan, dan
kerohanian. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa dalam membentuk
kepribadian muslim guru PAI sangatlah berperan penting di mana guru tersebut
sudah menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa, selalu menanamkan
pesan-pesan moral, serta memberikan cerminan atau teladan yang baik kepada
siswa. Dengan contoh-contoh yang sudah diberikan maka siswa dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Guru PAI diharapkan terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara
memperbaiki pendekatan dan pendidikan agama di sekolah dalam rangka
membentuk kepribadian muslim siswa menjadi pribadi yang shaleh dan
shalehah.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru PAI dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang pentingnya pembentukan kepribadian
muslim siswa.
Ketersediaan
ST2019005353/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

53/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top