Urgensi Pendidikan Islam bagi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone
Sinar/02.15.1019 - Personal Name
Skripsi ini menguraikan tentang Urgensi Pendidikan Islam bagi Orang Tua
dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone. Ada pun pokok masalah yang diangkat adalah Urgensi pendidikan
Islam Bagi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong
Kacamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data dengan datang
secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research yakni pengumpulan
data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan dengan judul skripsi.
Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang diperoleh melalui
teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Penerapan Pendidikan Islam bagi
Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini yaitu dapat dikatakan kurang baik. Hal
ini dapat dilihat dari penerapan kegiatan sehari hari yang dilakukan oleh orang tua di
Desa tersebut. Orang tua di Desa tersebut banyak yang kurang Fasih membaca al-
qur’an sehingga anak mereka juga tidak terarah dalam membaca al-qur’an begitu pula
dengan pelaksanaan sholat 5 waktu. Selain itu juga karena kurangnya fasilitas yang
disediakan dalam Desa tersebut seperti tidak adanya tempat Pengajian dan Taman
Pendidikan Agama. Kontribusi Pendidikan Islam bagi Orang Tua dalam Pendidikan
Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Kab.Bone yaitu
Mendidik anak pada usia dini dalam hal pendidikan islam sangat mempunyai
pengaruh yang sangat besar terhadap anak. Baik untuk diri si anak, orang tua, bahkan
berpengaruh pula pada masyarakat di sekitarnya.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uaraian untuk
menyimpulkan hasil yang didapatkan oleh penulis:
1. Tingkat Kualitas Penerapan Pendidikan islam bagi orang tua pada
pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng
dapat dikatakan kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari penerapan kegiatan
sehari hari yang dilakukan oleh orang tua di Desa tersebut. Orang tua di Desa
Ulaweng Cinnong banyak yang kurang Fasih membaca al-Quran sehingga
anak anak mereka juga tidak terarah untuk membaca al-Quran begitu pula
dengan pelakasanaan Sholat 5 waktu. Selain itu dikarenakan kurang adanya
fasilitas yang disediakan oleh masyarakat untuk anak usia dini untuk
menambah ilmu agama seperti tidak adanya tempat pengajian atau taman
pendidikan agama.
2. Kontribusi Pendidikan Islam bagi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia
Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Mendidik anak pada Usia Dini dalam hal pendidikan islam sangat mempunyai
pengaruh yang sangat besar terhadap anak. Baik untuk diri si anak, orang tua,
bahkan berpengaruh pula pada masyarakat di sekitarnya. Dibalik pengaruh
anak yang di didik pendidikan islam pada usia dini mempunyai pengaruh
yang baik, dan ini menjadi keresahan masyarakat di Desa Ulaweng Cinnong
Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Di balik pengaruh dari kurangnya
mendidik anak pendidikan islam pada usia dini, sebagian dari orang tua ada
yang merasakan penyesalan.
B. Implikasi
. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis menyarankan
beberapa hal yaitu:
1. Mendidik anak adalah kewajiban setiap orang tua karena anak adalah fitrah
dan titipan dari Allah yang harus dijaga. Dan itu merupakan sesuatu yang
harus di syukuri. Bentuk rasa syukur selaku orang tua yaitu dengan
menanamkan nilai-nilai keislaman pada jiwa si anak.
2. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang menyangkut dan mengajarkan
kebaikan dalam semua aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu setiap
manusia seharusnya memiliki pendidikan Islam yang baik agar adanya bekal
dunia akhirat.
dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone. Ada pun pokok masalah yang diangkat adalah Urgensi pendidikan
Islam Bagi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong
Kacamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data dengan datang
secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research yakni pengumpulan
data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan dengan judul skripsi.
Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang diperoleh melalui
teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Penerapan Pendidikan Islam bagi
Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini yaitu dapat dikatakan kurang baik. Hal
ini dapat dilihat dari penerapan kegiatan sehari hari yang dilakukan oleh orang tua di
Desa tersebut. Orang tua di Desa tersebut banyak yang kurang Fasih membaca al-
qur’an sehingga anak mereka juga tidak terarah dalam membaca al-qur’an begitu pula
dengan pelaksanaan sholat 5 waktu. Selain itu juga karena kurangnya fasilitas yang
disediakan dalam Desa tersebut seperti tidak adanya tempat Pengajian dan Taman
Pendidikan Agama. Kontribusi Pendidikan Islam bagi Orang Tua dalam Pendidikan
Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Kab.Bone yaitu
Mendidik anak pada usia dini dalam hal pendidikan islam sangat mempunyai
pengaruh yang sangat besar terhadap anak. Baik untuk diri si anak, orang tua, bahkan
berpengaruh pula pada masyarakat di sekitarnya.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uaraian untuk
menyimpulkan hasil yang didapatkan oleh penulis:
1. Tingkat Kualitas Penerapan Pendidikan islam bagi orang tua pada
pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng
dapat dikatakan kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari penerapan kegiatan
sehari hari yang dilakukan oleh orang tua di Desa tersebut. Orang tua di Desa
Ulaweng Cinnong banyak yang kurang Fasih membaca al-Quran sehingga
anak anak mereka juga tidak terarah untuk membaca al-Quran begitu pula
dengan pelakasanaan Sholat 5 waktu. Selain itu dikarenakan kurang adanya
fasilitas yang disediakan oleh masyarakat untuk anak usia dini untuk
menambah ilmu agama seperti tidak adanya tempat pengajian atau taman
pendidikan agama.
2. Kontribusi Pendidikan Islam bagi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia
Dini di Desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Mendidik anak pada Usia Dini dalam hal pendidikan islam sangat mempunyai
pengaruh yang sangat besar terhadap anak. Baik untuk diri si anak, orang tua,
bahkan berpengaruh pula pada masyarakat di sekitarnya. Dibalik pengaruh
anak yang di didik pendidikan islam pada usia dini mempunyai pengaruh
yang baik, dan ini menjadi keresahan masyarakat di Desa Ulaweng Cinnong
Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Di balik pengaruh dari kurangnya
mendidik anak pendidikan islam pada usia dini, sebagian dari orang tua ada
yang merasakan penyesalan.
B. Implikasi
. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis menyarankan
beberapa hal yaitu:
1. Mendidik anak adalah kewajiban setiap orang tua karena anak adalah fitrah
dan titipan dari Allah yang harus dijaga. Dan itu merupakan sesuatu yang
harus di syukuri. Bentuk rasa syukur selaku orang tua yaitu dengan
menanamkan nilai-nilai keislaman pada jiwa si anak.
2. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang menyangkut dan mengajarkan
kebaikan dalam semua aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu setiap
manusia seharusnya memiliki pendidikan Islam yang baik agar adanya bekal
dunia akhirat.
Ketersediaan
| ST20190047 | 47/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
47/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
