Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen dengan Metode Six Sigma (Studi Pada Grapari Telkomsel Kab.Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang analisis tingkat kepuasan konsumen
dengan metode six sigma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen Grapari Telkomsel jika di ukur dengan menggunakan metode
Six Sigma.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif pendekatan nonparametris yang
didukung dengan metode observasi, dokumentasi, metode studi pustaka dalam
mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah
dengan menggunakan analisis evaluatif untuk memastikan puas tidaknya
konsumen jika diukur dengan metode six sigma.
Hasil perhitungan melalui Six Sigma ditemukan ketidakpuasan/keluhan
yang terjadi pada proses pelayanan karena ditemukan nilai rata-rata DPMO
(Deffect per Million Oppurtinities) sebesar 602.568 dan tingkat sigma 1,24.
Dimana tingkat sigma yang telah dicapai masih jauh dari target yang diinginkan
ialah 6 sigma dan DPMO (Deffect per Million Oppurtinities) 3. Adapun atribut
yang memiliki tingkat kegagalan paling tinggi adalah “Pembelian Produk/Aktivasi
Paket” yaitu sebesar 700.000 DPMO dengan tingkat Sigma 0,98 yang artinya
bermasalah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data dengan menggunakan metode
Six Sigma yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil perhitungan melalui Six Sigma ditemukan
ketidakpuasan/keluhan yang terjadi pada proses pelayanan karena ditemukan
nilai rata-rata DPMO sebesar 604762 dan tingkat sigma 1,2. Dimana tingkat
sigma yang telah dicapai masih jauh dari target yang diinginkan ialah 6 sigma
dan DPMO 3,4. Adapun atribut yang memiliki tingkat kegagalan paling
tinggi adalah “Pembelian Produk/Aktivasi Paket” yaitu sebesar 700000
DPMO dengan tingkat Sigma 0,98 yang artinya bermasalah.
B. Saran
Pada bagian ini, peneliti sarankan kepada pihak Grapari Telkomsel dan
bagi peneliti selanjutnya, yaitu sebagai berikut :
1. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi
perusahaan Grapari Telkomsel dalam meningkatkan kinerja
layanannya khusunya pada dimensi administrasi yang memperoleh
tingkat kepuasan bermasalah. Dimensi ini merupakan prioritas utama
yang harus ditangani oleh pihak Grapari Telkomsel Kab. Bone.
2. Untuk Penelitian selanjutnya, diharapkan memperluas kajian keilmuan
dan membahas secara rinci terkait metode Six Sigma dan yang
terpenting adalah pengaplikasiannya dalam setiap organisasi
perusahaan agar dapat menjadi bukti empiris tentang tingkat kepuasan
di suatu perusahaan.
Ketersediaan
SS2019006666/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

66/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top