Strategi Guru Dalam Penerapam kurikulum 2013 Dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab kelas VII Mts Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone.
Sumartina Nasir/02.14.2010 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Strategi Guru Dalam Menerapkan kurikulum
2013 Untuk meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab” Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni Strategi apa yang digunakan Guru bahasa Arab dalam
menerapkan kurikulum 2013.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi Guru dalam penerapan
kurikulum 2013 Mts Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone mempunyai 2 langkah :
satu : penyusunan strategi, Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu
perencanaan yang dibuat oleh Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran guna
tercapainya tujuan yang diharapkan, dalam mengatur strategi Guru juga harus
menyesuaikan dengan RPP dan Silabus Kurikulum 2013. Dua : Pelaksanaan Strategi,
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, guru selalu berusaha menyesuaikan
pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat
memperoleh pengetahuan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dan pelaksanaan terlebih dahulu kita harus tahu strategi apa yang digunakan dalam
penerapan kurikulum 2013, dan Adapun strategi kurikulum 2013 : Strategi
pembelajaran CTL, strategi pembelajaran kooperatif, dan strategi pembelajaran
PAKEM. Guru bahasa Arab Mts Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone dalam
memberikan materi menggunakan juga strategi yaitu
3 strategi : Strategi
Pembelajaran Mufrodat, Strategi Pembelajaran Kitabah, Strategi Pembelajaran
Qira’ah. Kedua Faktor yang mempengaruhi Strategi tersebut, Faktor Guru, Faktor
Siswa dan Faktor Sarana dan Prasarana.
A. Kesimpulan
1. Strategi Guru dalam penerapan kurikulum 2013 Mts Ma’had Hadis Al-
Junaidiyah Biru Bone mempunyai 2 langkah :
a. penyusunan strategi, Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan
suatu perencanaan yang dibuat oleh Guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran guna tercapainya tujuan yang diharapkan, Penggunaan
strategi yang tepat akan sangat membantu keefektifan proses
pembelajaran. Strategi tertentu akan menjadikan siswa memperoleh nilai
yang baik atau buruk, dengan strategi pula akan menjadikan
pembelajaran bisa sukses atau gagal. Untuk mensukseskan proses
pembelajaran guru dituntut untuk menguasai berbagai strategi mengajar,
strategi yang diterapkan kepada siswa haruslah bermacam-macam sesuai
dengan kebutuhan siswa. Dalam mengatur strategi Guru juga harus
menyesuaikan dengan RPP dan Silabus Kurikulum 2013.
b. Pelaksanaan Strategi, Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab,
guru selalu berusaha menyesuaikan pembelajaran yang tepat dengan
materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat memperoleh
pengetahuan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dan pelaksanaan terlebih dahulu kita harus tahu strategi apa yang
digunakan dalam penerapan kurikulum 2013, dan Adapun strategi
kurikulum 2013 : Strategi pembelajaran CTL, strategi pembelajaran
kooperatif, dan strategi pembelajaran PAKEM. Guru bahasa Arab Mts
Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone dalam memberikan materi
menggunakan juga strategi yaitu 3 strategi : Strategi Pembelajaran
Mufrodat, Strategi Pembelajaran Kitabah, Strategi Pembelajaran Qira’ah.
2. Faktor Penghambat dan Pendukung Strategi tersebut :
a. Faktor Guru
b. Faktor Siswa
c. Faktor Sarana dan Prasarana.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan diatas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud sebagai berikut :
1. Bagi Guru :
a. Diharapkan agar pendidik dapat menerapkan strategi dan metode yang cocok
dan yang tepat bagi peserta didik agar mendapatkan pemahaman dengan cepat
dan mudah mengingat semua pelajaran yang diberikan oleh pendidik tanpa
mempersulit peserta didik.
b. Pendidik harus pandai-pandai menciptkan suasana belajar agar peserta didik
tidak jenuh.
c. Menciptakan suasana belajar yang kondusif agar proses belajar mengajar
lancar dan tercapainya tujuan.
2. Dalam melakukan pembelajaran Bahasa Arab siswa harus membiasakan untuk
berbicara bahasa Arab dan termotivasi untuk selalu belajar bahasa arab agar
dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke Timur tengah.
2013 Untuk meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab” Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni Strategi apa yang digunakan Guru bahasa Arab dalam
menerapkan kurikulum 2013.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi Guru dalam penerapan
kurikulum 2013 Mts Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone mempunyai 2 langkah :
satu : penyusunan strategi, Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu
perencanaan yang dibuat oleh Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran guna
tercapainya tujuan yang diharapkan, dalam mengatur strategi Guru juga harus
menyesuaikan dengan RPP dan Silabus Kurikulum 2013. Dua : Pelaksanaan Strategi,
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, guru selalu berusaha menyesuaikan
pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat
memperoleh pengetahuan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dan pelaksanaan terlebih dahulu kita harus tahu strategi apa yang digunakan dalam
penerapan kurikulum 2013, dan Adapun strategi kurikulum 2013 : Strategi
pembelajaran CTL, strategi pembelajaran kooperatif, dan strategi pembelajaran
PAKEM. Guru bahasa Arab Mts Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone dalam
memberikan materi menggunakan juga strategi yaitu
3 strategi : Strategi
Pembelajaran Mufrodat, Strategi Pembelajaran Kitabah, Strategi Pembelajaran
Qira’ah. Kedua Faktor yang mempengaruhi Strategi tersebut, Faktor Guru, Faktor
Siswa dan Faktor Sarana dan Prasarana.
A. Kesimpulan
1. Strategi Guru dalam penerapan kurikulum 2013 Mts Ma’had Hadis Al-
Junaidiyah Biru Bone mempunyai 2 langkah :
a. penyusunan strategi, Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan
suatu perencanaan yang dibuat oleh Guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran guna tercapainya tujuan yang diharapkan, Penggunaan
strategi yang tepat akan sangat membantu keefektifan proses
pembelajaran. Strategi tertentu akan menjadikan siswa memperoleh nilai
yang baik atau buruk, dengan strategi pula akan menjadikan
pembelajaran bisa sukses atau gagal. Untuk mensukseskan proses
pembelajaran guru dituntut untuk menguasai berbagai strategi mengajar,
strategi yang diterapkan kepada siswa haruslah bermacam-macam sesuai
dengan kebutuhan siswa. Dalam mengatur strategi Guru juga harus
menyesuaikan dengan RPP dan Silabus Kurikulum 2013.
b. Pelaksanaan Strategi, Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab,
guru selalu berusaha menyesuaikan pembelajaran yang tepat dengan
materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat memperoleh
pengetahuan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dan pelaksanaan terlebih dahulu kita harus tahu strategi apa yang
digunakan dalam penerapan kurikulum 2013, dan Adapun strategi
kurikulum 2013 : Strategi pembelajaran CTL, strategi pembelajaran
kooperatif, dan strategi pembelajaran PAKEM. Guru bahasa Arab Mts
Ma’had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone dalam memberikan materi
menggunakan juga strategi yaitu 3 strategi : Strategi Pembelajaran
Mufrodat, Strategi Pembelajaran Kitabah, Strategi Pembelajaran Qira’ah.
2. Faktor Penghambat dan Pendukung Strategi tersebut :
a. Faktor Guru
b. Faktor Siswa
c. Faktor Sarana dan Prasarana.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan diatas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud sebagai berikut :
1. Bagi Guru :
a. Diharapkan agar pendidik dapat menerapkan strategi dan metode yang cocok
dan yang tepat bagi peserta didik agar mendapatkan pemahaman dengan cepat
dan mudah mengingat semua pelajaran yang diberikan oleh pendidik tanpa
mempersulit peserta didik.
b. Pendidik harus pandai-pandai menciptkan suasana belajar agar peserta didik
tidak jenuh.
c. Menciptakan suasana belajar yang kondusif agar proses belajar mengajar
lancar dan tercapainya tujuan.
2. Dalam melakukan pembelajaran Bahasa Arab siswa harus membiasakan untuk
berbicara bahasa Arab dan termotivasi untuk selalu belajar bahasa arab agar
dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke Timur tengah.
Ketersediaan
| STAR20190343 | 343/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
343/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
