Strategi Pembina Dalam Mengembangkan Organisasi Pramuka di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone
Irma Suryani/02.15.3056 - Personal Name
Skripsi ini merupakan pembahasan mengenai Strategi Pembina Dalam
Mengembangkan Organisasi Pramuka di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone. Hal ini
penting untuk dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka serta taraf keunggulan dari organisasi pramuka tersebut
yang ada di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian evaluatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview)dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone yaitu
dapat dikatakan baik dan cukup unggul, itu dapat dilihat dari beberapa piala serta
penghargaan yang didapatkan, serta lomba-lomba yang pernah diikuti, dapat pula dilihat dari
tingkat kedisiplinannya dalam hal mematuhi aturan serta kode etik yang ada di pramuka,
selain itu sisitem kepemimpinannya juga baik. Dalam menentukan keunggulan suatu
organisasi bukan hanya melihat dari prestasi-prestasi yang di dapatkan akan tetapi harus pula
melihat dari berbagai sudut pandang. Adapun strategi pembina dalam mengembangkan
organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer cukup besar dalam hal mengembangan lembaga
organisasi pramukannya, itu dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang didapatkan. Kemudian
pembina tidak hanya fokus dengan satu strategi saja akan tetapi pembina menyiapkan
beberapa strategi cadangan dalam hal mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs
Miftahul Khaer, di samping itu bukan hanya pembina yang sepenuhnya memikirkan tentang
cara mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs tersebut akan tetapi hampir
semua pihak terlibat di dalamnya.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai Strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer maka simpulan
yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1. Taraf keunggulan organisasi pramuka yang ada di Mts Miftahul Khaer dapat
dikatakan baik dan cukup unggul, itu dapat dilihat dari beberapa piala serta
penghargaan yang didapatkan, serta lomba-lomba yang pernah diikuti, dapat
pula dilihat dari tingkat kedisiplinannya dalam hal mematuhi aturan serta kode
etik yang ada di pramuka, selain itu sistem kepemimpinannya juga baik.
Dalam menentukan keunggulan suatu organisasi bukan hanya melihat dari
prestasi-prestasi yang di dapatkan akan tetapi harus pula melihat dari berbagai
sudut pandang.
2. Adapun strategi pembina organisasi dalam mengembangkan organisasi
pramuka di MTs Miftahul Khaer cukup besar dalam hal mengembangkan
lembaga organisasi pramukanya, itu dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang
didapatkan. Kemudian pembina tidak hanya fokus dengan satu strategi saja
akan tetapi pembina menyiapkan beberapa strategi cadangan dalam hal
mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs Miftahul Khaer, di
samping itu bukan hanya pembina yang sepenuhnya memikirkan tentang
merkembangan organisasi pramuka yang ada di MTs tersebut akan tetapi
hampir semua pihak terlibat di dalamnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut :
1. Kepada dewan pembina dan guru MTs Miftahul Khaer Mare, tetap dapat
memelihara strategi dalam mengembangkan organisasi pramuka agar tetap
memiliki keunggulan dan sebaiknya lebih mempertahankan atau lebih
meningkatkan lagi agar organisasi pramuka akan lebih berkembangkan
lagi di masa kini dan masa yang akan datang.
2. Kepada siswa di MTs Miftahul Khaer Mare, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari pembina maupun kepala
sekolah, serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak
melanggar kode etik pramuka, selain itu harus turut terlibat dalam hal
mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs Miftahul Khaer
Mare ini agar organisasi pramuka ke depannya dapat lebih berkembang
dan berkualitas.
Mengembangkan Organisasi Pramuka di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone. Hal ini
penting untuk dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka serta taraf keunggulan dari organisasi pramuka tersebut
yang ada di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian evaluatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview)dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis
dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone yaitu
dapat dikatakan baik dan cukup unggul, itu dapat dilihat dari beberapa piala serta
penghargaan yang didapatkan, serta lomba-lomba yang pernah diikuti, dapat pula dilihat dari
tingkat kedisiplinannya dalam hal mematuhi aturan serta kode etik yang ada di pramuka,
selain itu sisitem kepemimpinannya juga baik. Dalam menentukan keunggulan suatu
organisasi bukan hanya melihat dari prestasi-prestasi yang di dapatkan akan tetapi harus pula
melihat dari berbagai sudut pandang. Adapun strategi pembina dalam mengembangkan
organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer cukup besar dalam hal mengembangan lembaga
organisasi pramukannya, itu dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang didapatkan. Kemudian
pembina tidak hanya fokus dengan satu strategi saja akan tetapi pembina menyiapkan
beberapa strategi cadangan dalam hal mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs
Miftahul Khaer, di samping itu bukan hanya pembina yang sepenuhnya memikirkan tentang
cara mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs tersebut akan tetapi hampir
semua pihak terlibat di dalamnya.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai Strategi pembina dalam
mengembangkan organisasi pramuka di MTs Miftahul Khaer maka simpulan
yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1. Taraf keunggulan organisasi pramuka yang ada di Mts Miftahul Khaer dapat
dikatakan baik dan cukup unggul, itu dapat dilihat dari beberapa piala serta
penghargaan yang didapatkan, serta lomba-lomba yang pernah diikuti, dapat
pula dilihat dari tingkat kedisiplinannya dalam hal mematuhi aturan serta kode
etik yang ada di pramuka, selain itu sistem kepemimpinannya juga baik.
Dalam menentukan keunggulan suatu organisasi bukan hanya melihat dari
prestasi-prestasi yang di dapatkan akan tetapi harus pula melihat dari berbagai
sudut pandang.
2. Adapun strategi pembina organisasi dalam mengembangkan organisasi
pramuka di MTs Miftahul Khaer cukup besar dalam hal mengembangkan
lembaga organisasi pramukanya, itu dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang
didapatkan. Kemudian pembina tidak hanya fokus dengan satu strategi saja
akan tetapi pembina menyiapkan beberapa strategi cadangan dalam hal
mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs Miftahul Khaer, di
samping itu bukan hanya pembina yang sepenuhnya memikirkan tentang
merkembangan organisasi pramuka yang ada di MTs tersebut akan tetapi
hampir semua pihak terlibat di dalamnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut :
1. Kepada dewan pembina dan guru MTs Miftahul Khaer Mare, tetap dapat
memelihara strategi dalam mengembangkan organisasi pramuka agar tetap
memiliki keunggulan dan sebaiknya lebih mempertahankan atau lebih
meningkatkan lagi agar organisasi pramuka akan lebih berkembangkan
lagi di masa kini dan masa yang akan datang.
2. Kepada siswa di MTs Miftahul Khaer Mare, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari pembina maupun kepala
sekolah, serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak
melanggar kode etik pramuka, selain itu harus turut terlibat dalam hal
mengembangkan organisasi pramuka yang ada di MTs Miftahul Khaer
Mare ini agar organisasi pramuka ke depannya dapat lebih berkembang
dan berkualitas.
Ketersediaan
| ST20190042 | 42/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
42/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
