Penerapan Metode Role Playing dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 3 Ulaweng

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode role playing dalam upaya
meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Ulaweng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing dan untuk
mengetahui minat belajar PAI serta mengetahui penerapan metode role playing dalam
upaya meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3
Ulaweng.
Dalam menyusun skripsi ini, penelitian yang digunakan adalah penelitian
lapangan (field research) yaitu dengan terjun langsung ke lokasi penelitian dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun
tekhnik yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik
pengolahan/analisis data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode role playing pada
siswa kelas VIII A terlaksana dengan cukup baik dan memuaskan. Hal ini dapat
ditunjukkan adanya ketertarikan siswa untuk belajar pada pembelajaran PAI setelah
metode role playing ini diterapkan, dan metode ini juga dapat memberikan
pembelajaran bekerja sama dan saling menghargai antar siswa melalui pola
percakapan dalam kelompok. 2) Minat belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP
Negeri 3 Ulaweng yaitu siswa berminat pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut dilihat
dari minat belajar siswa ada 80% yang berminat dan 20% siswa yang tidak berminat
pada pelajaran tersebut, diantara dari 30 siswa di kelas VIII A lebih banyak yang
memiliki minat tinggi. Terbukti dalam proses pembelajaran berlangsung kebanyakan
siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilihat dari kesiapannya untuk
belajar, keaktifan, keinginan, dan rasa senangnya serta pengetahuan yang dimiliki
siswa. 3) Penerapan metode role playing dalam upaya meningkatkan minat belajar
PAI, terbukti telah meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PAI, hal tersebut
dilihat dari keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran dengan melakukan role
playing, dan suasana kelas menjadi lebih kondusif dan lebih aktif karena adanya
cerita menarik yang berhubungan dengan materi dalam metode role playing tersebut.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab-bab sebelumnya tentang penerapan metode
role playing dalam upaya meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas VIII
A di SMP Negeri 3 Ulaweng, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan metode role playing pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3
Ulaweng terlaksana dengan baik dan memuaskan. Hal ini dapat
ditunjukkan adanya ketertarikan siswa untuk belajar pada pembelajaran
PAI setelah metode role playing ini diterapkan, dan metode ini juga dapat
memberikan pembelajaran bekerja sama dan saling menghargai antar
siswa melalui pola percakapan dalam kelompok.
2. Minat belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Ulaweng
yaitu siswa berminat pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut ditunjukkan
pada ketertarikan siswa ada 80% yang berminat dan 20% siswa yang tidak
berminat pada pelajaran tersebut, diantara dari 30 siswa di kelas VIII A
lebih banyak yang memiliki minat tinggi. Hal ini terbukti dalam proses
pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa antusias dalam mengikuti
pembelajaran yang dilihat dari kesiapannya untuk belajar, keaktifan,
keinginan, dan rasa senangnya serta pengetahuan yang dimiliki siswa.
3. Penerapan metode role playing dalam upaya meningkatkan minat belajar
PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Ulaweng, terbukti telah
meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PAI, hal tersebut dilihat
dari keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran dengan melakukan role
playing, dan suasana kelas menjadi lebih kondusif dan lebih aktif karena
adanya cerita menarik yang berhubungan dengan materi dalam metode
role playing tersebut.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya peneliti menyarankan:
1. Kepada guru PAI untuk dapat menggunakan metode role playing pada
materi PAI yang dianggap sesuai untuk menggunakan metode tersebut.
2. Kepada guru PAI agar dalam mengajar lebih kreatif dalam memilih dan
menggunakan metode pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan
dalam belajar juga dapat meningkatkan pengetahuannya tentang
pelajaran PAI serta dapat menciptakan suasana belajar yang lebih
menyenangkan.
3. Kepada guru PAI ketika menerapkan metode role playing maka perlu
adanya persiapan yang lebih matang, agar pelaksanaannya dapat
berjalan lancar dan siswa bisa lebih semangat dalam menerima
pelajaran sehingga siswa dapat berminat untuk belajar pada pelajaran
PAI.
Ketersediaan
ST2019004141/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

41/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top