Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI An-Nurain Lonrae Kab. Bone
Elis Astari/02.15.3165 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI An-Nurain Lonrae Kab. Bone).
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana mutu
pendidikan di MI An-Nurain Lonrae dan bagaimana penerapan fungsi-fungsi
manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara (interview), dan dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan
metode deskriptif , Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI An-Nurain Lonrae Kab. Bone).
Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa narasumber di MI An-Nurain Lonrae
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae
sudah cukup diterapkan dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-standar
mutu pendidkan mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi
lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana,
standar pengelolaan, standar pembiayaan, sampai standar penilaian begitupun
penerapan fungsi- fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan sudah
cukup berhasil meskipun keberhasilannya belum merata karena terdapat beberapa
faktor yang menghambat. Agar penerapan fungsi-fungsi manajemen dapat
meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal, maka setiap tahapan fungsi
manajemen harus di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
A. Simpulan
Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan
sudah cukup berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat mutu pendidikan yang
sudah cukup diterapkan dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-
standar mutu pendidkan yang sudah di jelaskan dari hasil wawancara.
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan di atas maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae
Mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae sudah cukup diterapkan
dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-standar mutu pendidkan
mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar
pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan, sampai standar penilaian.
2. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MI An-Nurain Lonrae
Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada dasarnya tidak terlepas dari
proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Hal ini
menunjukkan bahwa bahwa proses penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae dapat dikategorikan
sudah cukup diterapkan akan tetapi yang menjadikan standar pada mutu
pendidikan di MI An-Nurain Lonrae ini adalah faktor penghambat yaitu sarana
dan prasarana yang masih rendah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan seluruh personil madrasah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi atau kerjasama yang baik sehingga dapat
memudahkan madrasah untuk mencapai visi dan misi madrasah secara efektif
dan efisien.
2. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan
harus di terapkan sesuai dengan tahap tahapnya yaitu mulai dari perencanaanya
yang benar-benar matang, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan
yang harus di lakukan setiap saat sehingga program madrasah dapat terlaksana.
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI An-Nurain Lonrae Kab. Bone).
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana mutu
pendidikan di MI An-Nurain Lonrae dan bagaimana penerapan fungsi-fungsi
manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara (interview), dan dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan
metode deskriptif , Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MI An-Nurain Lonrae Kab. Bone).
Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa narasumber di MI An-Nurain Lonrae
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae
sudah cukup diterapkan dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-standar
mutu pendidkan mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi
lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana,
standar pengelolaan, standar pembiayaan, sampai standar penilaian begitupun
penerapan fungsi- fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan sudah
cukup berhasil meskipun keberhasilannya belum merata karena terdapat beberapa
faktor yang menghambat. Agar penerapan fungsi-fungsi manajemen dapat
meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal, maka setiap tahapan fungsi
manajemen harus di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
A. Simpulan
Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan
sudah cukup berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat mutu pendidikan yang
sudah cukup diterapkan dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-
standar mutu pendidkan yang sudah di jelaskan dari hasil wawancara.
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan di atas maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae
Mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae sudah cukup diterapkan
dengan baik dapat dilihat dari penerapan standar-standar mutu pendidkan
mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar
pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan, sampai standar penilaian.
2. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MI An-Nurain Lonrae
Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada dasarnya tidak terlepas dari
proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Hal ini
menunjukkan bahwa bahwa proses penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MI An-Nurain Lonrae dapat dikategorikan
sudah cukup diterapkan akan tetapi yang menjadikan standar pada mutu
pendidikan di MI An-Nurain Lonrae ini adalah faktor penghambat yaitu sarana
dan prasarana yang masih rendah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan seluruh personil madrasah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi atau kerjasama yang baik sehingga dapat
memudahkan madrasah untuk mencapai visi dan misi madrasah secara efektif
dan efisien.
2. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan
harus di terapkan sesuai dengan tahap tahapnya yaitu mulai dari perencanaanya
yang benar-benar matang, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan
yang harus di lakukan setiap saat sehingga program madrasah dapat terlaksana.
Ketersediaan
| ST20190039 | 39/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
